Teknik Mengajukan Pertanyaan saat Wawancara

Posted on

Mengajukan Pertanyaan Saat  wawancara adalah hal penting. Disini, wartawan akan memperoleh berbagai informasi yang akan ditulis sebagai berita, baik untuk media koran, televisi, radio atau koran online. Mengajukan Pertanyaan Saat  wawancara haruslah tepat. Hal ini dilakukan agar jawaban yang yang diperoleh lebih akurat, memuaskan, dan bernilai. Oleh karena itu wartawan harus mengetahui langkah-langkah mengajukan pertanyaan yang tepat. Berikut ini adalah Cara mengajukan pertanyaan yang tepat saat wawancara.

  • Mengajukan Pertanyaan  yang relevan  dengan masalah pokok. Jangan bertanya yang terlalu jauh dengan pokok bahasan alias nggak nyambung.
  • Mengajukan Pertanyaan Saat  wawancara dengan menggunakan acuan pada saat bertanya. Saat inilah data-data pendukung diperlukan. Karenanya, melakukan persiapan wawancara sangatlah penting. Narasumber akan menghargai pewawancara yang telah mengetahui dan menggeluti latar belakang permasalahan.
  • Mengajukan Pertanyaan yang menekankan satu pokok saja. Jangan merangkum berbagai pertanyaan dalam satu kalimat. Tanyalah narasumber dengan pertanyaan yang dirancang secara beruruta. Sehingga, jawaban yang diberikan oleh narasumber berkaitan antara satu dengan yang lain. Dengan demikian, jawaban yang dilontarkan narasumber juga, mudah untuk dicerna.
  • Mengajukan Pertanyaan yang singkat, padat, dan langsung pada titik permasalahan. Pertanyaan harus dapat dipahami oleh narasumber.
  • Sebuah pertanyaan yang baik adalah pernyataan yang membuat narasumber memberi jawaban yang pasti.
  • Mengajukan Pertanyaan yang meminta narasumber berfikir untuk menjawab pertanyaan. Misalnya dilakukan dengan menggunakan kata tanya”apa?” dan “mengapa?”
  • Mengajukan Pertanyaan konseptual. Atinya pertanyaan-pertanyaan yang digunakan, berkaitan dengan gagasan sentral. Dengan demikian akan langsung mengarah pada inti persoalan.  Misalnya; untuk dokter, tanyakan masalah kesehata. Sementara untuk anggota dewan, tanyakan tentang kebijakan-kebijakan pemerintan.
  • Mengajukan Pertanyaan yang berorientasi kepada masa depan. Misalnya tentang harapan narasumber yang berkaitan dengan topik yang sedang ditanyakan.
  • Pakailah kutipan kata dari narasumber yang dianggap menarik. Biasanya muncul kalimat yang singkat, padat dan menarik dari narasumber saat diwawancara. Kutipan yang layak pakai akan membuat tulisan lebih hidup.

Demikianlah beberapa poin tentang Mengajukan pertanyaan saat  wawancara. Dari semua hal diatas, hal terpenting adalah dengan mencoba untuk wawancara. Semain terbiasa, maka akan semakin mudah bagi wartawan dalam Mengajukan pertanyaan saat  wawancara.

A d v e r t i s e m e n t

Penulis : Hisna Cahaya

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

cara membuat pertanyaan wawancara, pertanyaan wartawan, cara membuat pertanyaan, cara mengajukan pertanyaan, teknik wawancara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *