Modus Penipuan Online Yang Harus Diwaspadai

Modus penipuan online saat ini sudah semakin banyak yang menjadi korban. Selain lebih praktis, keuntungan yang didapat oleh si pencuri akan jauh lebih besar. Supaya anda tidak menjadi korban penipuan online, di bawah ini ada beberapa modus penipuan online yang harus diwaspadai.

Penipuan lewat undian berhadiah

Di dunia online, penipuan seperti ini tentunya sudah sangat sering ditemukan. Munculnya informasi tentang undian berhadiah sering terlihat di layar gadget ketika anda sedang melakukan aktivitas tertentu di dunia maya. Tahukah anda bahwa modus penipuan seperti ini dilakukan secara sederhana. Pertama-tama yang dilakukan oleh pihak penipu adalah mengajak para korban untuk bergabung di situs undian online yang tentunya menawarkan hadiah sangat besar.

Selanjutnya para korban disuruh untuk mengisi identitas diri seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, usia, dan sebagainya. Nantinya, para korban akan disuruh untuk melakukan transfer sejumlah uang yang dimaksudkan sebagai biaya pendaftaran sebelum nantinya para korban akan mengikuti undian tersebut.

Menunda pengiriman resi pengiriman

Biasanya barang yang telah dikirim melalui ekspedisi tertentu akan disertai nomor resi yang bermanfaat untuk melacak status pengiriman barang. Tetapi, penjual yang tidak reliable akan sering beralasan jika “nomor resi baru bisa dicetak keesokan harinya oleh pihak ekspedisi, sehingga saya tidak dapat mengirimkannya”. Padahal, ketika barang sudah masuk ke bagian ekspedisi, tentunya nomor resi langsung dicetak secara bersamaan.

Metode phising

Biasanya, modus penipuan ini ditawarkan pada website yang tidak terpercaya, dan nantinya para korban disuruh mengisi data diri secara lengkap sebelum para korban melanjutkannya kepada metode phising. Biasanya, para pelaku yang memakai metode ini sudah sangat profesional dan ahli di bidang teknologi. Maka dari itu, agar anda bisa terhindar dari hal-hal seperti ini, tentunya anda harus berhati-hati ketika membuka konten pada website yang tidak terpercaya. Ketika penjual berusaha untuk mengelak mengirimkan nomor resi, maka sudah sepatutnya anda curiga kepada penjual tersebut.

Menunjukkan bukti transfer palsu

Rasanya sudah biasa ketika penjual menipu pembeli. Namun, bagaimana jika penjual yang ditipu oleh pembeli? Biasanya, para penjual tertipu lewat bukti transfer yang telah dilakukan oleh pembeli terhadap barang yang dipesannya. Namun, bukti transfer tersebut merupakan bukti palsu yang diperoleh dari hasil editan komputer.

LIHAT Juga :  7 Fakta Panama Papers, Kasus Penggelapan yang Menggemparkan Dunia Pajak

Jika dilihat sekilas, bukti transfer yang palsu dengan yang asli memang terlihat mirip. Padahal, keduanya dapat dibedakan dengan melihat logo bank yang terdapat pada bukti pembayaran. Biasanya bukti pembayaran palsu tidak memiliki logo bank. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan bukti pembayaran yang asli. Untuk anda yang merupakan pebisnis online, maka anda harus lebih teliti dan berhati-hati saat melihat dan mengamati bukti transfer yang dikirimkan oleh pembeli.

Penjualan produk dengan harga miring

Untuk anda yang sangat suka berbelanja secara online, maka anda juga perlu berhati-hati. Mengapa demikian? Karena belakangan ini sudah ada modus penipuan baru bernama e-bay scam. Modus yang satu ini berbeda dengan modus lainnya, karena modus ini bermain pada sektor harga jual produknya. Produk tersebut dijual dengan harga yang sangat miring. Hal ini berarti jauh di bawah harga rata-rata. Hal ini dilakukan supaya pengunjung tertarik membeli produk yang dijual pada website tersebut.

Pastinya siapapun akan langsung tergiur dengan penawaran harga produk yang lebih murah. Tetapi, anda juga harus lebih bijak sebelum membelinya. Ada baiknya anda bisa membandingkan harga produk tersebut di situs online lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa kisaran harga yang ditawarkan pasar yang sebenarnya.

Penipuan skema ponzi

Penipuan yang satu ini mirip sekali dengan MLM. Ketika anda berhasil mendapatkan anggota baru, tentunya anda akan langsung memperoleh bonus dari perusahaan. Namun, bonus yang ditawarkan dengan skema ponzi ini tidak sembarangan bonus. Tetapi mereka akan menawarkan bonus gila-gilaan, bahkan bonusnya bisa berupa apartemen gratis. Anda tentunya tidak boleh terkecoh karena hal ini hanyalah taktik supaya anda bisa bergabung ke dalam bisnis tersebut.

Semoga bermanfaat! Demikianlah berbagai pembahasan mengenai modus penipuan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *