Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak

A d v e r t i s e m e n t

Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak sebagian dikerjakan oleh tukang yaitu kerangka bagian bawah yang bentuknya segi empat, kemudian saya mengerjakan untuk stek kolom tiang. Stek kolom tiang yang saya maksud adalah sebuah kerangka besi untuk tiang kolom cor beton yang panjangnya hanya sekitar 150 cm atau jika pondasi tapak sudah di cor dan dipasang pondasi batu belah diatasnya, jarak sisa besi stek dari permukaan pondasi batu belah minimal 60 cm. Kegunaan besi stek kolom adalah jika pembangunan rumahnya dilakukan bertahap.

Baca juga:  Proses membuat Pondasi Rumah 2 Lantai 

A d v e r t i s e m e n t

Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak atau sering juga disebut oleh orang awam sebagai kerangka pondasi cakar ayam sebenarnya bisa dibuatkan oleh tukang secara penuh, namun otomatis biayanya bertambah atau beli yang sudah jadi di toko bangunan juga ada.

Jika anda ingin membangun rumah  secara bertahap dapat mengikuti jejak saya, ketika anda sudah mempunyai rencana yang matang dan gambar kerja. Untuk dapat melakukan hal ini kita selalu berpatokan pada desain gambar yang sudah dibuat.

Dari gambar detail pondasi cakar ayam yang telah dibuat, saya membutuhkan 16 buah kerangka pondasi tapak dengan 2 model dan ukuran yang berbeda guna menopang bangunan 2 lantai. Luas bangunan lantai dasar 125,5 m2 dan lantai 2 seluas 118 m2 jadi total luas ruangan yang akan saya buat menjadi 243,5 m2. Untuk 8 kerangka besi pondasi yang letaknya didalam bangunan berukuran 100cm x 100cm dan 8 titik sisanya terpasang berbatasan dengan tanah kavlingan orang lain berukuran 75cm x 75cm.

Tahapan Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak yang saya lakukan berdasarkan gambar kerja, yang pertama adalah membeli besi sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Waktu itu saya mebeli 35 batang besi diameter 10 mm untuk membuat kerangka bagian bawah dan langsung saya kirim ketempat pak tukangnya.

Baca juga:  Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam 

Untuk pembuatan tulangan besi stek kolom yang saya buat sendiri, saya membeli secara bertahap pertama besi untuk cincin atau sengkang. Besi bersiameter 6 mm saya potong-potong sesuai ukuran kolom yang akan saya buat, kemudian baru saya bentuk segi empat sesuai dengan ukurannya. Setelah besi cincin cukup baru kemudian saya membeli besi diameter 10 mm serta kawat beton dan merangkainya.

Dengan gambar kerja yang ada  Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak dapat kita hitung dan perkirakan kebuhan materialnya, karena betuk dan ukurannya jelas. Hanya kebutuhan kawat beton saja yang tidak dapat dihitung karena dalam satu gulung atau satu kg kawat beton saya belum tahu berapa panjangnya.

Selain gambar kerja sebagai panduan Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak kita juga harus menyiapkan peralatanya, seperti meteran, kunci besi 10 mm dan 6 mm, tang gegep, sarung tangan, palu dan bantalan kayu untuk membuat cetakan besi cincin atau besi sengkang.

Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak
Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak, Alat yang saya gunakan

Berapa lama waktu yang saya butuhkan dalam Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak, saya juga lupa karena memang cukup lama rentang waktu setelah setelah selesai dibuat sampai terpasang. Setelah selesai antara kerangka bagian bawah dan stek kolomnya saya tumpuk dan ditutup terpal sampai menjelang penutupnya hancur dimakan cuaca baru terkumpul biaya untuk memasangnya.

Jika anda sudah mempunyai rencana membangun rumah 2 lantai, sebaiknya anda mulai mengumpulkan material dan perlahan-lahan membuat serta mengerjakanya atau anda menabung guna membeli kerangka pondasi tapak yang siap dipasang, semua disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Baca juga:  Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam 

Semoga tulisan sederhana ini tentang Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak dapat menambah wawasan dan referensi anda, jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan semampunya saya akan berbagi dengan anda.

Komentar Anda :

9 thoughts on “Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak

  1. terima kasih pak atas ilmu yang disampaikan, jazakalloh khoir
    saya ingin bertanya, apa ada ketentuan minimal diameter besi yang digunakan untuk membuat pondasi tapak dan kolom praktis jika ingin membuat rumah 2 lantai?
    agar bangunan kokoh

    1. Terimaksih atas kunjungannya, Benar sebenarnya ada ketentuan besi yang digunakan untuk pondasi tapak, tentunya disesuaikan denagan ukuran dan fungsi bangunan.

      Namun pengalaman saya kalau hanya untuk rumah tinggal pribadi kiata bisa gunakan besi minimal diameter 10 mm aman. Kalau kondisi kemampuan finansial lebih..besi diameter 12 mm tentunya lebih bagus.

    1. Benar pondasi tapak berfungsi menyanggah beban bangunan supanya pondasi dan sloof tetap kokoh dan tidak amblas. Untuk jarak setiap pondasi tapak biasa saya gunakan maksimal 6 meter dan minimal 3 meter. jika bangunan ukuran 4×6 m saya hanya gunakan 4 titik saja dan jika 10×6 m saya gunakan 6 titik saja. lebih nyaman nya coba konsultasikan dengan tukang atau arsitek anda. trims.

      1. bos jika untuk bangunan dengan pj 12m dan lebar 5meter butuh berapa titik pondasi tapak? dan letaknya dimana saja ya bagusnya?
        berikut contoh denah saya.

        htt*://www.kaskus.co.id/show_post/51adeeca6212439309000009/8809/

        terima kasih

  2. ijin share gan,,,,

    Atap dengan bahan dasar galvalume atau lebih dikenal dengan sebutan zincalum yaitu campuran zinc dengan aluminium. Terdapat beberapa varian ketebalan yang kami jual yaitu 0.25, 0.3, 0.35, dan 0.4. Harga jual atap spandeck dengan lebar 680mm adalah
    Atap spandeck tebal 0.25 : Rp.25.000/meter
    Atap spandeck tebal 0.30 : Rp.30.000/meter
    pesan sekarang di 0361-7470700.

    thanks

    1. Wah pertanyaan yg sederhana namun rada panjang jawaban nya, dulu aku coba buat gambar oret-oretan dulu gan, setelah ada gambar baru bisa ditentukan berapa jenis potongan besi yg dibutuhkan baru membuat cetakan untuk membengkokan besinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *