Berlangganan Video
Di Tulis Oleh Harno, S.I.Kom. Rabu, 2 November, 2011

Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam sangat dibutuhkan apabila kita ingin membuat bangunan yang memiliki beban tetap yang berat. Ketika kita ingin membuat sebuah rumah yang memiliki lebih dari dua lantai, tentunya kita akan menggunakan pondasi yang kokoh untuk menopang beban bangunan diatasnya. Dan biasanya type pondasi tapak atau pondasi cakar ayam juga digunakan pada bangunan lantai satu tetapi dibangun didaerah yang kondisi tanahnya labil atau lembek.

Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam akan membatu proses pembuatan besi tulangan pondasi dan juga menjelaskan kebutuhan material besi yang dibutuhkan. Jika kita sudah memiliki Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam kita bisa segera memesan kerangka besinya atau membuatnya sendiri.

Ini adalah contoh Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam yang dibuat oleh konsultan teknik yang menggambar dan mendesain rumah minimalis modern impian saya.

Lihat Gambar dibawah, ini adalah gambar denah pondasi, perhatikan tanda huruf yang dilingkari A-B-C-D, simbol tersebut menerangkan potongan pondasi yang akan dibuatkan Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam dengan skala 1 : 20 artinya gambarnya akan lebih besar dan lebih detail. Dan



Gambar-Detail-Pondasi-Tapak-atau-Pondasi-Cakar-Ayam



Denah Pondasi Rumah Minimalis Modern

Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam yang saya maksud adalah :



Gambar-Detail-Pondasi-Cakar-Ayam



Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam

Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam diatas menerangkan potongan gambar detai :

  • Gambar Pondasi Detail A adalah Pondasi Batu kali yang dipasang dibelakang berfungsi sebagai penahan dinding pagar beton.
  • Gambar Pondasi Detail B adalah Kerangka Besi pondasi tapak atau pondasi cakar ayam yang dipasang ditengah bangunan dengan ukuran 120 cm x 120 cm tetapi realitanya saya buat cuma 1 m x 1 m.
  • Gambar Pondasi Detail C adalah Pondasi Batu kali yang terletak didalam bangunan diantara pondasi tapak atau pondasi cakar ayam.
  • Gambar Pondasi Detail D adalah kerangka besi untuk pondasi tapak atau pondasi cakar ayam yang terletak disebelah kanan dan kiri bangunan artinya dipasang pada perbatasan kedua belah sisi tanah kavlingan.

Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam diatas adalah gambar rencana pembangunan rumah saya.

A d v e r t i s e m e n t s



Search Engine Keyword:

detail pondasi tapak, gambar detail pondasi, gambar pondasi rumah minimalis, pondasi cakar ayam untuk rumah tinggal, gambar detail pondasi cakar ayam

35 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. fery irwansyah mengatakan:

    Rumah saya type 29/60.ada kelebihan dibelakang dgn ukuran 2m x 6m dan berencana akan menutupnya utk dapur dan kamar mandi yg ada sekarang dipindah kebelakang.rencana cuma 1 lantai saja,namun ada kemungkinan nantinya ditambah jadi 2 lantai.yang ingin saya tanyakan:
    1.apa jenis pondasi yg cocok dgn biaya murah tapi kuat.berapa ukuran pondasinya dan pakai besi diameter brp?10 atau 12 mm?
    2.tolong buatkan desain utk pondasinya.
    3.karena nantinya akan difungsikan sbg dapur,bagaimanakah dgn sirkulasi udaranya?padahal sekelilingnya sudah tertutup?
    Mohon penjelasannya.terimakasih

    • NewsMaker mengatakan:

      Mas Ferry saya coba berbagi info dari pengalaman saya:

      1. Sebaiknya menggunakan pondasi tapak/ pondasi cakar ayam, ukuran minimal 60 cm x 60 cm karena pertimbangan luas diatasnya, bisa menggunakan besi 10 mm aja.
      2. Mas ferry bisa lihat di artikel ini http://satriamadangkara.com/gambar-detail-pondasi-tapak-atau-pondasi-cakar-ayam/
      3. Jika ruangannya tertutup untuk sirkulasi udara bisa dipasang kipas/baling2 penghisap udara seperti fasilitas di kamar mandi hotel dan untuk pencahayaan bisa menggunakan glassblock.

      Terimaksih semoga membantu.

  2. Ratnagus Sansu mengatakan:

    bagaimana sistem dan struktur pondasi untuk ruang (keluarga) ukuran (p x l x t) 15x12x5 meter tanpa tiang penyangga di tengah dan atap dak beton? perlukah pondasi di tengah jika suatu saat saya berniat menyekat ruang dengan dinding bata? terima kasih

  3. ulla gnr mengatakan:

    berapa ukuran tapak cakar ayam apabila kita mau mendirikan sebuah wc berlantai dua dengan luas 3×2,

  4. frengky mengatakan:

    apa bs membuat rmh dngan tanah yg sempit
    tp nampak rmh sperti minimalis ..

  5. Rizal mengatakan:

    saya ingin membangun dapur 2,5 x 6 mtr, dan berlantai dua
    dari depan sampai belakang dg ukuran 9 x 6 mtr.Untuk tahap I saya akan mulai membuat pondasi cakar ayam dari
    dapur,untuk ukuran cakar ayam jika mengunakan besi 10mm dan cakarayam ukuran 60 x 60 cm apakah sudah cukup?Untuk sloof nya besi brapa yg digunakan? trims mas….

    • NewsMaker mengatakan:

      Masbro Untuk ukuran besinya saya rasa cukup kuat, karena saya juga menggunakan nya, namun besarnya tapak cakar ayam yg saya gunakan minimal 75 x 75 cm, besi sloof saya ukuran 15 x 20 cm menggunakan besi 10 mm 6 batang..:)

  6. lisa mengatakan:

    Saya ingin merenovasi rmh dengan luas tanah 5×11 yg akan dibangun 2 lantai dengan pondasi cakar ayam,besi&mm brp yg cocok?mohon dibuatkan sketsa rmh dgn (kmr tidur 1,kmr mandi,dapur,ruang tamu,taman)?dan tata pencahayaan yg bgs gmn,mengingat rmh sy diapit tembok?oya bhubung rmh sy bekas kontrakan(ada 3 sekat ruangan)apakah sy bs menggunakan pondasi yg udh ada/membuat pondasi baru,krn rmh sy akan dibangun 2lantai?

  7. Kris Ardianto mengatakan:

    Selamat malam,
    Saya ingin menanyakan rumah dengan ukuran luas tanah 5 x 11, 2 1/2 lantai. Setengah lantai (lantai 3) dengan ukuran sekitar 5.4m x 5m, dibuat kamar utama.

    Berapa mili besi yang dibutuhkan untuk menopang rumah ini? Rumah ini menggunakan pondasi cakar ayam dengan besi 12mm. Apakah 12mm ini cukup dan aman untuk menopang rumah 3 lantai (2 1/2 lantai)?

    Terima kasih atas jawabannya :)

    • NewsMaker mengatakan:

      Berdasarkan yang saya ketahui, untuk bangunan lebih dari dua lantai minimal besi yang digunakan adalah 12 mm, labih baik lagi kalau pada bangunan lantai dasar anda gunakan besi 16 mm kemudian lantai 2 12 mm dan lantai 3 10 mm. Trims.

  8. aditia mengatakan:

    saya berencana membangun rumah 2 lantai ukuran 6mx10m dengan jarak tiap kolom 3m.yang saya tanyakan ukuran slup jika tanpa pondasi batu kali,bera untuk kolom dan baloknya dan bisa ga jika pembesian untuk lt 2 pakde besi 10 mm hanya 1 lapis aja. Terimakasih

    • NewsMaker mengatakan:

      Untuk sloof tanpa pondasi setahu saya ukuranya minimal 30 cm x 30 cm itu yang paling kecil dan sebaiknya untuk lantai menggunakan 2 lapis besi tulangan walaupun pake besi 8 mm karena kalu hanya 1 lapis biasanya lentur dan rawan melengkung. Trims.

  9. uchyn mengatakan:

    saya punya rencana untuk bangun rumah lantaimdasarnya di dlam tanah.dan lantai duanya di ats tanah,apakah anda punya saran tentang rencanaku ini..?

    • uchyn mengatakan:

      saya punya rencana untuk bangun rumah ni,tapi lantai 1 [dasarnya] di bawah tanah,apakah anda punya saran untuk rencanaku ini

      • NewsMaker mengatakan:

        Rencana yang bagus masbro, namun perlu di pertimbangkan Bangunan bawah tanah, biayanya bisa 2x lipat dengan bangunan normal, karena konstruksi kedap air tentunya lebih memakan banyak material dan proses pengerjaan yang lumayan lebih lama. Bayangkan anda membuat sebuah kolam namun harus dalam keadaaan kering di dalam nya..kalau musim kemarau aman..namun ketika musim hujan? hanya berbagi saran ..:)

  10. Rahap Budianto mengatakan:

    saya ingin membangun dapur sengan luas 2×4 M, bagaimana pondasinya juga terkaiat tiang-tiangnya mohon bantuannya, kalau bisa sekalian gambarnya. terima kasih

  11. hadi mengatakan:

    Assalamualaikum wr wb,

    nama saya hadi, jika tidak keberatan saya ingin bertanya tentang pondasi ..

    bismillahirrahmanirrahim,
    saya ada rencana membangun rumah Uk.7×7 dengan pondasi cakar ayam sebanyak 9 buah Uk. @ 60×60 cm dengan besi 12mm

    saya berencana menggunakan bata merah (susun doublebata) sebagai pondasi yang menghubungi konstruksi pondasi antar cakar ayam dan diatas bata merah saya gunakan besi cor sloop 12mm.

    trus dinding bata juga ,dengan dinding bata merah lalu dikasi cor sloop atas juga

    1. bagaimana kekuatan kontruksinya utk bangunan nantinya?
    2. dan mohon diberikan masukan dan arahannya yg sebaiknya harus saya lakukan utk rencana saya ini

    terima kasih

    hadi

    wasaalamua’alaikum wr wb

  12. wulan mengatakan:

    Selamat sore…
    saya rencana ingin membangun rumah, akan tetapi jenis tanah yang akan saya bangun itu Basah/sdkit Rawa.. ketika cuaca tdk penghujan tanah kering/tapi ga kering banget.. jenis pondasi untuk tanah seperti itu.. biar kuat pondasi yg sperti apa yg cocok pada jenis tanah tersebut?? tlong infonya mas.. trus ukuran baja brapa mm kah yang sesuai?? trims

  13. supriyadi mengatakan:

    Alangkah baiknya bangunan yang megah di topang oleh pondasi yang kuat dan kokoh, supaya di kemudian hari tidak terjadi banyak masalah seperti dinding retak bahkan yang lebih parah bangunan bisa miring.

  14. iqbal mengatakan:

    permisi gan….
    sy sebagai pengawas konsultan…sy punya masalah dilapangan tentang sambungan kolom.kondisi dilapangan kolom itu berdiri diatas sloof,dan mengikat disambungan kolom cakar ayam, sambungan tiang tinggi 60cm
    ..apakah diperbolehkan…besi yg digunakan 16D, cincin 8D..berlantai 2 bentangan 350cm…

  15. MUHAMMAD TOMMY mengatakan:

    Ass pak Ferry, saya mempunyai tanah lebih dibelakang rencana akan dibuat dapur bagian bawah dan 2 kamar bagian atas serta tempat mencuci dan jemuran.luas tanah 4 x 24 m2,berbentuk persegi panjang berapa tiang jumlah pondasi cakar ayam dan berjarak brp tiang ketiangnya ? Terima Ksh atas bantuannya.

  16. marsella mengatakan:

    pondasi tapak mampu memikul beban minimal dan maksimal berapa?

  17. TATANG SUHARTA mengatakan:

    Dimensi sloof, kolom, ringbalk Lt.1 & Lt.2 dan pondasi cakar ayam untuk rumah 2lantai dengan atap baja ringan,standarnya itu berapa?
    Terimakasih..

  18. Harizal mengatakan:

    pondasi setapak dan cakar ayam itu berbeda bro …

  19. suspada mengatakan:

    Maaf yang saya tahu, pondasi cakar ayam itu kombinasi antara pondasi telapak dengan buis beton yang dicor monolit. Buis beton yang bertugas menyalurkan beban ke tanah dengan spesifikasi sangat jelek.
    Pondasi yang biasa digunakan dirumah tinggal adalah pondasi telapak.

  20. Zulkarnain mengatakan:

    Saya mau buat plat lantai.., buat jemuran tapi rencana kedepan mau dibuat kamar di palt lantai tersebut…,
    untuk pembesian plat lantai tersebut pakae tulanagan berapa yg aman ???
    berapa lapis (1 atau 2)

    terimakasih
    salam

  21. punto mengatakan:

    pondasi cakar ayam bukan seperti itu,,,itu pondasi setapak,,beda dg cakar ayam,,,cba cek lgi

  22. gunarto mengatakan:

    Detail gambar pondasi TAPAk tersebut, lebih pas di sebut pondasi “TELAPAK BEBEK” menahan beban dari atas, sedang Pondasi CAKAR AYAM – yang biasa di pakai buat landasan pesawat terbang /lantai yang luas pada kondisi tanah yang tidak baik seperti RAWA, fungsi Cakar berguna sebagai “kuat Geser”
    Contoh : Seekor Ayam jika berjalan di tanah berlumpur akan terperosok, tapi seekor Bebek tidak terperosok, karena mempunyai telapak cukup lebar / terima kasih

  23. fahmi mengatakan:

    rumah saya tipe 23/60 (1 kamar) dan ada kelebihan lahan kosong 5×4 m (lxp)..saya berencana ngedak seluruh sisa tanah tersebut dan di mana di bangun kamar juga (1 kamar) dan kamar mandi pindah belakang…model kamar berhadapan..
    mohon bantuannya berapa jumlah cakar ayam yg saya butuhkan dan yg lainnya..
    terimakasih

  24. hendro mengatakan:

    salam bapak..
    apakah pondasi ruko bisa hanya menggunakan sloof beton tinggi 60×30 cm dan berada di atas permukaan tanah ?

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


Fokus Kegiatan Satriamadangkara

Dalam metode pembuatan pakan hay ialah dengan cara memotong rumput yang masih muda dan belum berbunga, potonglah rumput dilapangan atau tempat lain yang jauh dari   Read More ...

Cara pengembangbiakan kelinci. Untuk Syarat tergantung dari tujuan utama pemeliharaan kelinci adalah menentukan apa yang akan menjadi hasil nya, misal untuk tujuan jenis bulu maka   Read More ...

Pemilihan lokasi kandang Kelinci. Mengawali usaha dalam mengembangkan usaha beternak kelinci harus memperhatikan lingkungan yang akan dibuat sebagai rumah atau kandangnya.Usaha sampingan beternak kelinci tidak   Read More ...

Kelinci pedaging sebagai Usaha sampingan. Hal apa sih yang menguntungkan dari beternak kelinci pedaging, dan yang seperti apa kelinci pedaging itu, padahal kan semua kelinci   Read More ...

Peluang Bisnis menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru, apakah anda tertarik untuk mencobanya? pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi seputar Peluang Bisnis menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru   Read More ...

Beternak Belut atau Budidaya Belut merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi atas daging belut yang enak dan bergizi karena terbatasnya belut   Read More ...

Pada kesempatan ini saya akan membahas Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman berdasarkan pengamatan prilaku dari dua indukan ayam yang saya pelihara. Jika kita memelihara ayam   Read More ...

Jika kita memutuskan untuk beternak atau memelihara unggas apa pun jenisnya, kita wajib menyiapkan tempat tinggal atau kandang senyaman mungkin bagi ternak peliharaan kita dan   Read More ...

Buah Labu Kuning mungking anda pernah mendengarnya, atau bagi pembaca yang belum ada gambaran tentang Labu Kuning pasti anda pernah mendengar istilah barat dengan “Halloween   Read More ...

Apa sebenarnya perbedaan antara Budidaya dan Pelihara kenapa saya mengambil judul artikel “Pengalaman Budidaya dan Pelihara Ayam”. Menurut saya budidaya ayam adalah suatu proses kegiatan   Read More ...

Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Biasa.  Setiap produk benih jagung masis yang   Read More ...

Harga Bibit Jagung Manis Bonanza F1 dan Hibrida Jambore lumayan mahal dibandingkan dengan bibit jagung biasa atau non-manis. Seperti kita ketahui bahwa jagung manis selalu   Read More ...

Bisnis Budidaya Jagung Manis menjadi incaran saya menjelang pergantian tahun 2013 ke tahun 2014. Sekarang adalah tanggal 12 Oktober hampir mendekati pertengahan bulan, ini adalah   Read More ...

Bisnis Ayam Kampung Pedaging seperti apa bentuknya masih menjadi bayangan samar-samar memenuhi pikiran dan hayalan setiap saya merenung. Tidak tahu kenapa saya sangat tertarik ingin   Read More ...

Pengalaman Hidup lainnya

Cara Berternak Ayam Kampung...

Posted on Jun - 3 - 2014

0 Comment

Membuat Bunga dari Plastik...

Posted on Jun - 4 - 2014

0 Comment

Menanam Bibit Kayu Jati...

Posted on Mei - 8 - 2012

1 Comment

Proses Cor Sloof Pondasi...

Posted on Apr - 10 - 2012

18 Comments

A d v e r t i s e m e n t s

Silahkan masukan email anda dan aktifkan, untuk mendapatkan info terbaru via email: