Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam

65
34358

Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam sangat dibutuhkan apabila kita ingin membuat bangunan yang memiliki beban tetap yang berat. Ketika kita ingin membuat sebuah rumah yang memiliki lebih dari dua lantai, tentunya kita akan menggunakan pondasi yang kokoh untuk menopang beban bangunan diatasnya. Dan biasanya type pondasi tapak atau pondasi cakar ayam juga digunakan pada bangunan lantai satu tetapi dibangun didaerah yang kondisi tanahnya labil atau lembek.

Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam akan membatu proses pembuatan besi tulangan pondasi dan juga menjelaskan kebutuhan material besi yang dibutuhkan. Jika kita sudah memiliki Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam kita bisa segera memesan kerangka besinya atau membuatnya sendiri.

Ini adalah contoh Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam yang dibuat oleh konsultan teknik yang menggambar dan mendesain rumah minimalis modern impian saya.

Lihat Gambar dibawah, ini adalah gambar denah pondasi, perhatikan tanda huruf yang dilingkari A-B-C-D, simbol tersebut menerangkan potongan pondasi yang akan dibuatkan Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam dengan skala 1 : 20 artinya gambarnya akan lebih besar dan lebih detail. Dan

Gambar-Detail-Pondasi-Tapak-atau-Pondasi-Cakar-Ayam
Denah Pondasi Rumah Minimalis Modern

Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam yang saya maksud adalah :

Gambar-Detail-Pondasi-Cakar-Ayam
Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam

Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam diatas menerangkan potongan gambar detai :

  • Gambar Pondasi Detail A adalah Pondasi Batu kali yang dipasang dibelakang berfungsi sebagai penahan dinding pagar beton.
  • Gambar Pondasi Detail B adalah Kerangka Besi pondasi tapak atau pondasi cakar ayam yang dipasang ditengah bangunan dengan ukuran 120 cm x 120 cm tetapi realitanya saya buat cuma 1 m x 1 m.
  • Gambar Pondasi Detail C adalah Pondasi Batu kali yang terletak didalam bangunan diantara pondasi tapak atau pondasi cakar ayam.
  • Gambar Pondasi Detail D adalah kerangka besi untuk pondasi tapak atau pondasi cakar ayam yang terletak disebelah kanan dan kiri bangunan artinya dipasang pada perbatasan kedua belah sisi tanah kavlingan.

Gambar Detail Pondasi Tapak atau Pondasi Cakar Ayam diatas adalah gambar rencana pembangunan rumah saya.

Komentar Anda :

65 COMMENTS

  1. Rumah saya type 29/60.ada kelebihan dibelakang dgn ukuran 2m x 6m dan berencana akan menutupnya utk dapur dan kamar mandi yg ada sekarang dipindah kebelakang.rencana cuma 1 lantai saja,namun ada kemungkinan nantinya ditambah jadi 2 lantai.yang ingin saya tanyakan:
    1.apa jenis pondasi yg cocok dgn biaya murah tapi kuat.berapa ukuran pondasinya dan pakai besi diameter brp?10 atau 12 mm?
    2.tolong buatkan desain utk pondasinya.
    3.karena nantinya akan difungsikan sbg dapur,bagaimanakah dgn sirkulasi udaranya?padahal sekelilingnya sudah tertutup?
    Mohon penjelasannya.terimakasih

  2. bagaimana sistem dan struktur pondasi untuk ruang (keluarga) ukuran (p x l x t) 15x12x5 meter tanpa tiang penyangga di tengah dan atap dak beton? perlukah pondasi di tengah jika suatu saat saya berniat menyekat ruang dengan dinding bata? terima kasih

  3. saya ingin membangun dapur 2,5 x 6 mtr, dan berlantai dua
    dari depan sampai belakang dg ukuran 9 x 6 mtr.Untuk tahap I saya akan mulai membuat pondasi cakar ayam dari
    dapur,untuk ukuran cakar ayam jika mengunakan besi 10mm dan cakarayam ukuran 60 x 60 cm apakah sudah cukup?Untuk sloof nya besi brapa yg digunakan? trims mas….

    • Masbro Untuk ukuran besinya saya rasa cukup kuat, karena saya juga menggunakan nya, namun besarnya tapak cakar ayam yg saya gunakan minimal 75 x 75 cm, besi sloof saya ukuran 15 x 20 cm menggunakan besi 10 mm 6 batang..:)

  4. Saya ingin merenovasi rmh dengan luas tanah 5×11 yg akan dibangun 2 lantai dengan pondasi cakar ayam,besi&mm brp yg cocok?mohon dibuatkan sketsa rmh dgn (kmr tidur 1,kmr mandi,dapur,ruang tamu,taman)?dan tata pencahayaan yg bgs gmn,mengingat rmh sy diapit tembok?oya bhubung rmh sy bekas kontrakan(ada 3 sekat ruangan)apakah sy bs menggunakan pondasi yg udh ada/membuat pondasi baru,krn rmh sy akan dibangun 2lantai?

  5. Selamat malam,
    Saya ingin menanyakan rumah dengan ukuran luas tanah 5 x 11, 2 1/2 lantai. Setengah lantai (lantai 3) dengan ukuran sekitar 5.4m x 5m, dibuat kamar utama.

    Berapa mili besi yang dibutuhkan untuk menopang rumah ini? Rumah ini menggunakan pondasi cakar ayam dengan besi 12mm. Apakah 12mm ini cukup dan aman untuk menopang rumah 3 lantai (2 1/2 lantai)?

    Terima kasih atas jawabannya 🙂

    • Berdasarkan yang saya ketahui, untuk bangunan lebih dari dua lantai minimal besi yang digunakan adalah 12 mm, labih baik lagi kalau pada bangunan lantai dasar anda gunakan besi 16 mm kemudian lantai 2 12 mm dan lantai 3 10 mm. Trims.

  6. saya berencana membangun rumah 2 lantai ukuran 6mx10m dengan jarak tiap kolom 3m.yang saya tanyakan ukuran slup jika tanpa pondasi batu kali,bera untuk kolom dan baloknya dan bisa ga jika pembesian untuk lt 2 pakde besi 10 mm hanya 1 lapis aja. Terimakasih

    • Untuk sloof tanpa pondasi setahu saya ukuranya minimal 30 cm x 30 cm itu yang paling kecil dan sebaiknya untuk lantai menggunakan 2 lapis besi tulangan walaupun pake besi 8 mm karena kalu hanya 1 lapis biasanya lentur dan rawan melengkung. Trims.

      • Rencana yang bagus masbro, namun perlu di pertimbangkan Bangunan bawah tanah, biayanya bisa 2x lipat dengan bangunan normal, karena konstruksi kedap air tentunya lebih memakan banyak material dan proses pengerjaan yang lumayan lebih lama. Bayangkan anda membuat sebuah kolam namun harus dalam keadaaan kering di dalam nya..kalau musim kemarau aman..namun ketika musim hujan? hanya berbagi saran ..:)

  7. saya ingin membangun dapur sengan luas 2×4 M, bagaimana pondasinya juga terkaiat tiang-tiangnya mohon bantuannya, kalau bisa sekalian gambarnya. terima kasih

  8. Assalamualaikum wr wb,

    nama saya hadi, jika tidak keberatan saya ingin bertanya tentang pondasi ..

    bismillahirrahmanirrahim,
    saya ada rencana membangun rumah Uk.7×7 dengan pondasi cakar ayam sebanyak 9 buah Uk. @ 60×60 cm dengan besi 12mm

    saya berencana menggunakan bata merah (susun doublebata) sebagai pondasi yang menghubungi konstruksi pondasi antar cakar ayam dan diatas bata merah saya gunakan besi cor sloop 12mm.

    trus dinding bata juga ,dengan dinding bata merah lalu dikasi cor sloop atas juga

    1. bagaimana kekuatan kontruksinya utk bangunan nantinya?
    2. dan mohon diberikan masukan dan arahannya yg sebaiknya harus saya lakukan utk rencana saya ini

    terima kasih

    hadi

    wasaalamua’alaikum wr wb

  9. Selamat sore…
    saya rencana ingin membangun rumah, akan tetapi jenis tanah yang akan saya bangun itu Basah/sdkit Rawa.. ketika cuaca tdk penghujan tanah kering/tapi ga kering banget.. jenis pondasi untuk tanah seperti itu.. biar kuat pondasi yg sperti apa yg cocok pada jenis tanah tersebut?? tlong infonya mas.. trus ukuran baja brapa mm kah yang sesuai?? trims

  10. Alangkah baiknya bangunan yang megah di topang oleh pondasi yang kuat dan kokoh, supaya di kemudian hari tidak terjadi banyak masalah seperti dinding retak bahkan yang lebih parah bangunan bisa miring.

  11. permisi gan….
    sy sebagai pengawas konsultan…sy punya masalah dilapangan tentang sambungan kolom.kondisi dilapangan kolom itu berdiri diatas sloof,dan mengikat disambungan kolom cakar ayam, sambungan tiang tinggi 60cm
    ..apakah diperbolehkan…besi yg digunakan 16D, cincin 8D..berlantai 2 bentangan 350cm…

  12. Ass pak Ferry, saya mempunyai tanah lebih dibelakang rencana akan dibuat dapur bagian bawah dan 2 kamar bagian atas serta tempat mencuci dan jemuran.luas tanah 4 x 24 m2,berbentuk persegi panjang berapa tiang jumlah pondasi cakar ayam dan berjarak brp tiang ketiangnya ? Terima Ksh atas bantuannya.

  13. Dimensi sloof, kolom, ringbalk Lt.1 & Lt.2 dan pondasi cakar ayam untuk rumah 2lantai dengan atap baja ringan,standarnya itu berapa?
    Terimakasih..

  14. Maaf yang saya tahu, pondasi cakar ayam itu kombinasi antara pondasi telapak dengan buis beton yang dicor monolit. Buis beton yang bertugas menyalurkan beban ke tanah dengan spesifikasi sangat jelek.
    Pondasi yang biasa digunakan dirumah tinggal adalah pondasi telapak.

  15. Saya mau buat plat lantai.., buat jemuran tapi rencana kedepan mau dibuat kamar di palt lantai tersebut…,
    untuk pembesian plat lantai tersebut pakae tulanagan berapa yg aman ???
    berapa lapis (1 atau 2)

    terimakasih
    salam

  16. Detail gambar pondasi TAPAk tersebut, lebih pas di sebut pondasi “TELAPAK BEBEK” menahan beban dari atas, sedang Pondasi CAKAR AYAM – yang biasa di pakai buat landasan pesawat terbang /lantai yang luas pada kondisi tanah yang tidak baik seperti RAWA, fungsi Cakar berguna sebagai “kuat Geser”
    Contoh : Seekor Ayam jika berjalan di tanah berlumpur akan terperosok, tapi seekor Bebek tidak terperosok, karena mempunyai telapak cukup lebar / terima kasih

  17. rumah saya tipe 23/60 (1 kamar) dan ada kelebihan lahan kosong 5×4 m (lxp)..saya berencana ngedak seluruh sisa tanah tersebut dan di mana di bangun kamar juga (1 kamar) dan kamar mandi pindah belakang…model kamar berhadapan..
    mohon bantuannya berapa jumlah cakar ayam yg saya butuhkan dan yg lainnya..
    terimakasih

      • mohon pencerahannya… kalau 2 lantai ukuran 5X4 bisa pakai 4 buah pondasi tapak kira kira pondasi tapak ukuran berapa(maksud saya lebar berapa panjang berapa tingginya berapa?) terus kalau dicor kira kira lebar nya jadi berapa panjangnya jadi berapa dan tingginya jadi berapa? terus slopnya pakai besi diameter 10mm 4 buah begel 8mm ukuran 15X20 apa aman? terus kolomnya pakai besi diameter 10mm 4 buah begel 6 ukuran 20X20 apa aman juga? terus baloknya pakai besi diameter 10mm 6 buah dan begel besi 6mm ukuran 15 20 apa aman juga? untuk plat lantai pakai besi diameter 10mm dan besi diameter 8 dengan jarak 15cm apa kira kira masih bisa tidak ? makasih aatas petunjuk dan pencerahannya

      • dari luas lahan kosong yg semula 4(p)x5(l) di rencanakan bangun kamar mandi (pindah ke belakang), sehingga luas area menjadi 5.5×5..dari area tsb ada rencana di dag, (tahap II) akan bangun 2 kamar anak di lantai 2..jika pondasi tapak rencana 60×60,berapa jumlah pondasi tapaknya?, atau harus 75×75..untuk sloof ukuran 15×20 apakah besi diam 10 mm 4 bh,dan diam 8 mm 2 bh, dgn besi sengkang 6 mm cukup aman? untuk kolom 20×30 besi diam 10 mm 6 btng sengkang 6 mm cukupkah? dan utk ring balok 15×30, mengikuti ukuran sloof atau kolom (yg sy denger katanya ikuti aturan sloof), apakah cukup ideal..

        terimakasih atas infonya..

  18. salam bapak..
    apakah pondasi ruko bisa hanya menggunakan sloof beton tinggi 60×30 cm dan berada di atas permukaan tanah ?

  19. mas saya mau menanyakan.. kalau untuk tipe rumah ada basement dan 2 tingkat memakai dimensi berapa ya kebetulan memakai baja untuk kolom2nya.. terimakasih sebelumnya

  20. selamat pagi semuanya,sy mau berkonsultasi..utk posisi bangunan dipinggir sungai,mana yg lebih kuat utk menahan tanah.pondasi senderan ato pondasi cor,..?luas tanah 8×6 dgn kedalaman 5-6 M.

  21. sbg tambahan pertnyaan sy,sdh 2kali dibuat pondasi senderan dn sdh diurug dn kmrin brus az ambrol..mohon pencerahanny utk tanah yg curam apa yg lebih kuat,pondasi sender dgn tanah urug ato

  22. rumah saya tipe 23/60 dengan 1 kamar dan ada kelebihan 4×5 meter..ada rencana pindahin kamar mandi k belakang (sebelumnya di belakang kamar tidur)dan buat dapur..karena kamar madi pindah, ukuran lahan di perluas jadi 5.5 x 5 m dan di atas lahan tsb di buat tingkat (lantai 2) dengan 2 kamar (kamar tidur untuk anak) di atas..pertanyaanya :
    -berapa jumlah pondasi tapak yg di butuhkan (termasuk ukuran, ukuran sloof, diam besi kolom dll?
    terimaksih

  23. permisi numpang tanya gan kebetulan sy mau membangun dapur dan kamar.(2 lantai) dikelebihan tanah d belakang dengan ukrn 6×6 mtr.utuk Cakar ayam ukuran 40x40cm (besi 10) sebanyak 12 titik untuk pondasi menggunakan bata kapur ukuran 100x50x50cm untuk dinding setinggi 4mtr.slop dan tiang menggunakan besi10. plat lantai setebal 15cm.apkah ukran ckar ayam dan ukurn besi sdah cukup ideal.oya bata menggunakan bata hebel

  24. Mau tanya bang, sy mau bangun rumah uk lbr 11.43 x pjng 17.80 cm tanahx bagian blkng kemiringan stlh di ukur rencana pondasix tinggi 3 mtr dan rencana bagian belkangx sy buat lntai 2 makax agak. Jd sy mohon petunjuk desain dan kontruksi biar kuat bangunan fondasix. Trima ksh.

  25. salam kenal pak. rencananya saya mau buat pondasi di tanah agak berpasir dan curam.. rencananya ukuran pondasi 8 x 14, stelah dihitung 3 meter dari belakang bangunannya ngantung (harus pakai tiang krn tanah tidak rata/bertebing). dan dari hasil survey saya rumah disekitar banyak yang retak. yang ingin saya tanyakan apakah retak rumah tersebut karna tanh yang labil atau kesalahan pada pondasi? pondasi jenis apa yang cocok untuk daerah tersebut dan brp kedalanannya? mohon pencerahannya pak. terim kasih

  26. Mas bro , klu aku punya lahan yg sempit 5 x15kebelakang
    Bagusnya gi mana ya mas ,tuk bisa manfaatkanya
    Apa dibuat 2 lantai tanpa atap ,atau gimana

  27. Selamat Siang Mas,

    Artikel yang sanagt membantu bagi khalayak umum, semoga menjadi berkah juga buat pembuat blog.

    Mohon pencerahannya mas.
    Utk Bangunan Rumah pribadi di atas tanah yang cukup keras, dan desain 1 lantai ; lebar 9 m x panjang 22 m, berapa sebaiknya jumlah tapak gajah? Apakah cukup dengan besi dia 8mm? Saat ini ukuran tapak gajah yang akan dirakit 60cm, dan rencana tapak gajah 14 unit (5 kamar tidur, 4 wc, 1 dapur)
    Mohon sumbangan saran.

    Terima kasih, sukses selalu

  28. Mau bangun rumah dan ruko.siap tukang dan kuli
    Sy izul pelaksana bangunan
    Hp 081333613622 -pin bb 521B6527
    Khusus daerha malang bali sidoarjo surabaya
    Alamat kantor jln kalijate 17 no 79 sepanjang sidoarjo

  29. Salam kenal Mas. Mohon petunjuknya. Saya ingin membangun rumah seperti ruko lt.3 persis disamping bangunan rumah induk. luas tanah 14mx4m. rencana lt.1 garasi + gudang, lt.2 studio + kamar tidur + km mandi, lt 3 taman dan jemuran. berapa titik pondasi tapaknya? mohon info untuk ukuran tapak, slop tanpa pondasi, kolom dan masing2 pakai besi berapa? untuk daknya 2 lapis pakai besi berapa dengan jarak berapa? Berapa minimal kelebihan besi yg bakal jadi sambungan besi kolom lt 2? apakah cukup aman jika 50cm?Terimakasih untuk balasannya. Semoga sukses selalu.

  30. slmt pg mas. mau knsultasi. sy mau membgun rumah dgn ukuran 5 x 6. sy sngt snang dgn artkel ini dan skiranya dapt membri solusi.
    jenis tanah di daerh yg akn sy bgun adalah jenis tanah dgn warna hitam, pd saat musim hujan tanah ini sngat lengket serta kemampuan menyerap air sngat lama. sdgkn pd msing kering tanah ini terbelah. slma ini bnyk bgunan di sini mgalami retak pada pondasi serta retak pada lante rumah pd musim kering. yg mau sy tanya, apa pndasi ckar ayam cocok utk jenis tnah trsbt? brapa ukran pondsi yg ideal pd jenis tanah ini? apa solusi mengatasi retaknya pondsi dan lante? apa ada hbgn dgn jenis tanah di daerah kmi? trmks, slm sukss mas

  31. Ass. Wr Wb.
    Pak mau nanya mengenai penulangan pada pondasi menara masjid, ketinggian menara 20 mt, besi dengan diamenter berapa yang ideal untuk plat sepatu dengan kedalaman 3 meter dan 5 meter keatas ( duk )

    • Walaikumsalam mas ali, untuk menahan beban bangunan menara setinggi 20 meter sebaiknya gunakan besi minimal diameter 12″ dikombinasikan dengan besi diameter 16″, ada baiknya konsultasikan dengan perancang dan tukang yang lebih berpengalaman dilapangan, itu saja terimakasih.

  32. assalamualaikum..
    saya ada rencana untuk membangun pagar uk 12×12 tinggi 140 cm, dipotong luas pintu garasi 3 meter dan pintu kecil 1 meter. berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun pagar tersebut.
    rencananya buatnya sampe kerangkanya saja dulu nanti besinya menyusul. Atas bantuannya kami ucapkan terima kasih.

  33. Selamat malam pak.
    Saya mau nanya nih, saya punya bgunan 7×9 lantai 2 tanpa memakai cakar ayam, dan sekarang saya mau menambah 1 lantai lagi. Menurut bpk solusinya bagaimana agar bisa menambah lantai berikut tanpa cakar ayam. Apakah berbahaya??

  34. Selamat malam pak
    Saya punya luas tanah 8×12 dan luas bgunan 7×9 2lantai tanpa memakai cakar ayam, dan sekarang saya mau menambah 1 lantai lagi, menurut bapak gimana tuh solusinya apakah berbahaya krn tidak memakai cakar ayam dan bgmna agar saya bisa membangun 1 lantai lagi pak.
    Trims

  35. Ass.mau tnya dong pak..ukurn baja utk cakar ayam lt3 luas 16x9m2 dan brp buah cakr ayam yg dpakai & brp kdalaman utk pondasi trimksh

  36. Slamat siang Mas. Mohon tanggapannya, lagi bingung ni! Salahkah jika saya membuat pondasi rumah 1 lantai aja n di tanah yg bukan rawa, tapi saya ingin pondasi nya pakai cakar ayam biar lebih kokoh tahan lama dan tahan gempa. Meskipun sy dengar pendapat banyak orang bahwa pondasi cakar ayam itu cocoknya untuk tanah yang lembek/rawa? Terima kasih sebelumnya.

    • Tidak ada salahnya, rencana membuat 1 lantai bisa berubah seiring waktu… jadi kalau nantinya mau menambah jadi 2 lantai…tidak kerja 2x. Pendapat orang mungkin soal saran efesiensi dan penghematan…lanjut saja.

  37. salam kenal,saya aan, mau bangun rumah ukuran 8m x 5.5m 2 lantai.besi yang digunakan 10mm untuk tiang & 8mm untuk lantai 2(cor).jumlah tiang 11 .
    minta saran kuat apa tdk, kalo tdk sebaiknya pake besi ukuran berapa

    • Untuk kuat dan tidaknya saya juga pake besi ukuran segitu untuk pekerjaan yg sampeyan jelaskan, untuk jumlah tiang bangunan tentunya disesuaikan dengan denah rumah yang akan dibangun masbro.

  38. pak saya mau nanya.nama saya wesli.saya mau bangun rumah di bekas parit .rencana saya buat cakar ayamnya ukuran 60×60.dalamnya galian 1 meter.besi yang saya gunakan 12mm.memakai batu padas.dgn jumlah tiang 8 bh.mohon penjelasan bapak apa yg kurang.trimakasih pak

LEAVE A REPLY