Menyiapkan Kebutuhan Besi untuk Pekerjaan Sloof, Kolom Tiang dan Cor Dak

Posted on

Langkah Menyiapkan Kebutuhan Besi untuk Pekerjaan Sloof, Kolom Tiang dan Cor Dak bisa dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan yang utama secara berurutan dan apabila bisa menyediakan lengkap diawal itu tentunya lebih baik.

Proses Menyiapkan Kebutuhan Besi untuk Pekerjaan Sloof, Kolom Tiang dan Cor Dak yang saya maksudkan adalah kebutuhan besi untuk seluruh kerangka besi yang akan dipasang pada pekerjaan sloof, kolom tiang dan cor dak.

A d v e r t i s e m e n t

Anda bisa menghitung semua kebutuhan besi untuk setiap pekerjaan disesuaikan dengan jenis pekerjaannya berdasarkan gambar denah pondasi yang telah dibuat. Sebagai contoh cara Menyiapkan Kebutuhan Besi untuk Pekerjaan Sloof, Kolom Tiang dan Cor Dak antara lain :

  • Untuk Pekerjaan sloof, yang perlu anda ketahui adalah ukuran sloof, panjang pondasi yang akan di sloof, diameter besi pokok (bisa 4 – 6 batang minimal besi diameter 10 mm), besi cincin/sengakang dan jarak pemasangan besi cincin/sengkang.
  • Untuk Pekerjaan Kolom Tiang, yang perlu anda ketahui adalah ukuran kolom tiang, tinggi tiang, diameter besi pokok (biasanya 6 batang minimal besi diameter 10 mm), besi cincin/sengkang dan jarak pemasangan besi cincin atau sengkang.
  • Untuk Pekerjaan Cor Dak, yang perlu anda ketahui luas lantai bangunan yang akan di cor, konstruksi/gambar pembesian yang akan dibuat dan ukuran diameter besi yang akan digunakan (biasanya minimal diameter 8 mm).

Tiga uraian poin diatas adalah gambaran umum saja, jika anda sudah mempunyai semua informasi kebutuhan diatas, anda bisa menghitungnya per satuan meter saja kemudian nanti dikalikan dengan total kebutuhan atau secara keseluruhan sesui dengan volume pekerjaan yang dibutuhkan, tetapi hanya berlaku pada satu jenis pekerjaan saja.

Menyiapkan Kebutuhan Besi untuk Pekerjaan Sloof, Kolom Tiang dan Cor Dak
Menyiapkan Kebutuhan Besi untuk Pekerjaan Sloof, Kolom Tiang dan Cor Dak
Menyiapkan Kebutuhan Besi untuk Pekerjaan Sloof, Kolom Tiang dan Cor Dak
Pembelian Besi sebagian proses Menyiapkan Kebutuhan Besi untuk Pekerjaan Sloof, Kolom Tiang dan Cor Dak
Menyiapkan Kebutuhan Besi untuk Pekerjaan Sloof, Kolom Tiang dan Cor Dak
Rangkain besi yang sudah dianyam sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

Contoh jika anda ingin menghitung kebutuhan besi pekerjaan sloof dalam panjang total 100 m, jika ukuran sloof 15 cm x 20 cm, besi pokok 6 buah diameter 10 mm, jarak besi sengkang 15 cm menggunakan besi 6 mm. Maka kebutuhan besi yang harus kita beli dari toko bangunan adalah :

  • Besi pokok diamter 10 mm yang dibutuhkan = 100 m x 6 buah : 12 m (ukuran perbatang di toko) = 50 Batang, maka belilah 55 batang karena dalam setiap sambungan ada stek penguat sambungan.
  • Besi Cincin/sengkang diametr 6 mm yang dibutuhkan = 100 m : 0,15 m =666,6 (dibulatkan menjadi 667) buah besi cincin/sengkang. Satu buah besi cincin/sengkang jika dibentangkan panjangnya adalah : Rangkaian besi Balok Sloof akan diselimuti beton cor disemua sisinya setebal 2 cm, jika ukuran sloof 15×20 cm maka 2 sisi lebar 15 cm = 15 – 4 = 11 cm dan 20 – 4 = 16 cm, jadi panjang besi cincin/sengkang jika dibentangkan adalah = (11×2)+(16×2)+4 (2 cm untuk dibengkokan sebagai pengunci disetiap ujung besi cincin/sengkang) = 58 cm. Besi cincin/sengkang ukuran diameter 6 mm yang harus dibeli adalah : 58  cm x 667 = 38686 cm –> 386,86 m : 12 (ukuran perbatang di toko) = 32,23 batang, maka belilah 33 – 35 batang.
  • Untuk kawat beton sebagai pengikat sepertinya beli 2 kg cukup / 2 gulung.

Itulah contoh hitung – hitungan sederhana dalam Menyiapkan Kebutuhan Besi untuk Pekerjaan Sloof, Kolom Tiang dan Cor Dak, saran saya jika anda awam dalam hal ini anda bisa berkonsultasi dengan orang yang mengerti tentang kajian ilmu teknik sipil atau dengan tukang kepercayaan anda.

Tidak semua tukang mengerti tentang hitung – hitungan proses Menyiapkan Kebutuhan Besi untuk Pekerjaan Sloof, Kolom Tiang dan Cor Dak, semuanya di dasari oleh jam terbang dan pengalaman masing – masing.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

ukuran cincin besi cor, harga besi tiang pondasi, cara menghitung kebutuhan besi untuk membangun rumah, anyaman besi cor dak, ukuran besi untuk cor dak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *