Papan Cor untuk Sloof

A d v e r t i s e m e n t

Papan Cor untuk Sloof digunakan saat kita akan membuat Sloof Pondasi yang berfungsi sebagai pengikat bangunan dan pembagi rata beban bangunan diatasnya. Pagi kemaren minggu 26 November 2011 saya dan saudara-saudara kembali lagi ke lokasi dimana pondasi rumah sudah selesai dikerjakan sejak bulan Juli 2011. Rencana hari itu adalah membersihkan lubang septic tank yang sudah digali sejak akhir tahun 2010 dan sekelilingnya tanahnya longsor sehingga membuat lubang calon septic tank terisi tanah kembali. Proses membersihkan lubang ternyata tidak terlalu lama karena dikerjakan oleh 4 orang tenaga super, dari pada pulang kepagian saya memutuskan untuk memanfaatkan papan kayu mahoni yang ukurannya tidak terlalu lebar tetapi jumlahnya banyak untuk membuat Papan Cor untuk Sloof.

Papan Cor untuk Sloof yang saya butuhkan adalah ukuran  tinggi minimal 20 cm karena ukuran Sloof yang saya buat berdasarkan Gambar Bestek adalah berupa ukuran balok dengan lebar 15 cm dan tinggi 20 cm kalau panjangnya tentu saja sepanjang pondasi yang sudah dibangun. Papan Cor untuk Sloof bisa menggunakan kayu apa saja yang penting bentuk papannya lurus tidak bengkok atau melengkung dari segi kualitas dinomor duakan yang penting bentuknya sesuai syarat diatas.

A d v e r t i s e m e n t

Jenis kayu Papan Cor untuk Sloof yang biasa digunakan anatara lain papan kayu kelapa, papan kayu randu, papan kayu kelas II dan sebagainya. Tetapi, jika yang menggunakan adalah sebuah proyek besar mereka biasanya mempunyai cetakan khusus atau menggunakan papan lapis sehingga hasil pengecoran sloof akan maksimal bentuknya.

Jika kita membeli Papan Cor untuk Sloof ditoko bangunan atau di panglong (tempat pusatnya penjualan kayu jadi) kita akan mendapatkan ukuran yang sesuai yang kita butuhkan, sebagai contoh jika kita akan membuat Sloof Pondasi dengan ukuran 15 cm x 20 cm maka kita bisa membeli Papan Cor untuk Sloof dengan ukuran lebar 21-22 cm dan 16-17 cm, kalau panjangnya biasanya 4 m.

papan-cor-untuk-sloof
Papan Cor untuk Sloof Kayu Mahoni

Nah, kebetulan saya mempunyai banyak papan kayu mahoni yang panjangnya rata-rata 2 m tetapi lebar dan bentuk pinggirannya tidak rata biasa juga disebut kayu palet (Kayu yang bentuknya tidak persegi karena hasil sisaan gergajian atau pinggiran dari sebuah pohon besar), dari pada tidak dimanfaatkan secara maksimal akhirnya saya punya ide untuk menyambungkan papan – papan tersebut sehingga menjadi Papan Cor untuk Sloof yang saya butuhkan dikemudian hari.

Untuk melakukan penyambungan Papan Cor untuk Sloof tentunya ada cara dan alat yang kita gunakan. Alat yang saya gunakan merakit Papan Cor untuk Sloof antara lain :

  • Palu atau martil untuk memukul paku.
  • paku papan
  • Gergaji Potong
  • Meteran
Langkah yang harus dilakukan dalam penyambungan Papan Cor untuk Sloof antara lain :
  • Langkah Pertama, mencari papan pertama yang kedua sisinya rata, sisi rata yang pertama untuk menempelkan pada dasar pondasi dan sisi rata yang kedua untuk tempelan sambungan papan kedua.
  • Langkah Kedua, mencari papan kedua yang mempunyai salah satu sisinya rata untuk ditempelkan pada sisi rata papan pertama.
  • Langkah Ketiga, mebuat potongan papan selebar reng kira-kira 6-7 cm dengan panjang 20 cm sebagai media penyatu antara papan pertama dan papan kedua.
  • Langkah Keempat, pasangkan dan satukan papan yang sudah kita pilih cari sisi yang paling rata terus posisi kedua papan dibalik dan kemudian kita tempelin dengan reng (lihat langkah ketiga) yang sudah kita siapkan kemudian kita paku.

Dokumentasi Proses perakitan Papan Cor untuk Sloof :

papan-cor-untuk-sloof-papan
Proses memilah atau menyelesksi papan
papan-cor-untuk-sloof-papan-penyatu
Kayu reng untuk menyatukan dua Papan
proses-penyatuan-papan-cor-untuk-sloof
Proses Penyatuan Papan Cor Untuk Sloof
papan-cor-untuk-sloof-final
Hasil Rakitan Papan Cor untuk Sloof
Papan Cor untuk Sloof  sudah siap tinggal mencarikan isiannya.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

One thought on “Papan Cor untuk Sloof

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *