Proses Pembuatan Septictank hingga Selesai

Posted on

Ini adalah cerita saya tentang Proses Pembuatan Septictank hingga Selesai, yang baik boleh ditiru dan yang gak bener boleh diprotes, satu lagi yang paham boleh ditanyakan lewat komentar.

A d v e r t i s e m e n t

Dibawah ini saya tampilkan dokunmentasi Proses Pembuatan Septictank hingga Selesai agar sobat dapat berimajinasi bagaimana bentuk septictank, suasana pengerjaan dan tahapan memiliki fasilitas bangunan penunjang yang sangat vital.

Sesuai urutan gambar Proses Pembuatan Septictank hingga Selesai antara lain :

  • Membuat lubang galian septictank, cerita lainya dapat dibaca dalam artikel  Membuat Galian Lubang Septic Tank dan Cara Gali Lubang Septictank Sendiri.
  • Saat galian lubang septictank sudah siap, sobat dapat mulai membeli material bangunan septictanknya, yang antara lain dapat detailnya di artikel Biaya Membuat Septic Tank.
  • Pekerja memulai pekerjaan septictank diawali dengan membersihkan lubang galian yang sudah terbengkalai lama kemudian memasang bowplang/benang untuk acuan kesikuan dan tegak lurus dinding bangunan septictank.
  • Dilanjutkan dengan pemasangan dinding bata dan pemlesteran sampai bentuk kotak sesuai ukuran yang diinginkan dengan sekat dinding ditengahnya, ingat ada lobang penghubung dibagian bawah dimaksudkan untuk transfer kotoran/tinja yang sudah hancur atau cair ke bilik kedua.
  • Pada dinding bata selain ada lobang transfer dibagian sekat dinding bawah, septictank yang saya buat juga masih ada 4 lubang lagi. Satu lubang masuk tinja, satu lubang kecil pembuang gas, satu lubang besar diatas untuk penyedotan/pengurasan septicktank jika penuh dan terakhir lubang pembuangan lelehan air jika septictank penuh air (jika air sudah meleleh lewat lubang ini, septictank saatnya di sedot) segera datangi tiang listrik terdekat karena disana sobat akan menemukan solusinya..he..he..he..
  • Terkakhir adalah membuat penutup septictank dengan di cor beton, sebelum proses penutupan septictank hal yang paling penting adalah membuat filter resapan air tinja atau kotoran dengan beberapa lapis batuan dan ijuk dari pohon aren, bahan – bahan tersebut dapat dengan mudah kita temukan di toko bangunan.

Bangunan septictank yang saya buat ini sudah saya gunakan 5 tahun lebih dan tidak ada kendala. Saran yang paling akhir buatlah septictank dengan permukaan tutupnya lebih rendah minimal 20 cm dibawah permukaan tanah halaman rumah anda. Hal ini akan mempermudah finising tataruang halaman kita dengan tanaman hias. Jika lapisan tanah terlalu tipis tanaman diatas bangunan septictank akan mudah layu, kering dan kurang subur.

Kiasah Proses Pembuatan Septictank hingga Selesai ini semoga dapat menginspirasi anda.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

macam macam nama nama jenis bibit jagung manis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *