Cara Gali Lubang Septictank Sendiri

A d v e r t i s e m e n t

Pada umumnya lubang septictank digali menggunakan alat tradisional yakni cangkul. Selama hidup saya, saya belum pernah melihat pengalian lubang septictank menggunakan alat berat semacam excavator,┬ámenurut pendapat saya karena alat berat tidak dapat menghasilkan lubang septictank yang presisi ukurannya dan yang paling utama adalah hukum efektif dan efesien. Masak sih, mau buat lubang ukuran 1,5 m x 2 m dan kedalaman 2 meter harus sewa alat berat ­čÖé

Dasar alasan saya mengali lubang septictank sendiri adalah ingin irit biaya saja, karena jika kita meminta pekerja dan tukang bangunan ngak enak rasanya kalau pekerjaan pembuatan septictank tidak langsung sampai selesai, pikir saya membuat lubang saja kan gratis hanya perlu tenaga, alat seadanya dan air minum yang banyak dengan mengerahkan kawan dan saudara.

A d v e r t i s e m e n t

Proses pengalian lubang septictank┬átidak jauh beda seperti mengali liang kubur, setelah titik lokasi ditentukan, ukuran ditetapkan pengalianpun dimulai dengan cangkulan pertama diiringi doa pada yang kuasa, meminta keselamatan dan kesuksesan membuat lubang. Berhari-hari, bermingu-minggu dan bergonta-ganti pasangan kerja, kadang teman – kadang saudara saya ajak mereka yang kebetulan pada hari itu sedang sangat sehat dan bersemangat untuk mengali 1 jam dan paling lama 2 jam sampai selesai dititik kedalaman yang kita inginkan.

Apa saja yang harus kita siapkan untuk melakukan pekerjaan ini sendiri:

  • Semangat
  • Semangat
  • Semangat

Jika kita punya semangat segala bentuk pertanyaan “akan kita cari sendiri jawabanya” sampai ketemu dan tak akan pernah bosan mencari, menunggu jawaban.

Apa saja yang saya dapatkan dalam proses ini? sangat banyak sekali. Yang pertama dan yang saya suka adalah tercatat dalam sejarah, ini adalah komponen rumah tinggal kita dan kita tahu dan paham apa yang ada di dalam tanah dibawah rumah kita.

Pengalian lubang septictank sudah selesai, tinggal menyiapkan material dan memanggil tukang bangunan untuk menyelesaikan pembangunan septictank minimalis modern.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *