Pemilihan Lokasi Kandang Kelinci

A d v e r t i s e m e n t

Pemilihan lokasi kandang Kelinci. Mengawali usaha dalam mengembangkan usaha beternak kelinci harus memperhatikan lingkungan yang akan dibuat sebagai rumah atau kandangnya.Usaha sampingan beternak kelinci tidak akan ter kendala apabila lingkungan kandang bersih dan sehat.

Mengapa lingkungan kandang juga menjadi pengaruh keberhasilan usaha sampingan beternak kelinci, karena apabila ternak sehat maka peningkatan hasil usaha pun sehat. Kelinci akan berkembang baik karena lingkungan tempat tinggalnya bersih dan terjaga jauh dari penyakit. Adapun Pemilihan lokasi kandang Kelinci harus sesuai dengan keadaan tempatnya.

A d v e r t i s e m e n t

Persyaratan Lokasi menjadi factor utama untuk memulai usaha ternak kalinci. Berikut persyaratan lokasi tempat pemeliharaan kelinci. Berikut syarat yang bisa dijadikan contoh pemeliharaan kelinci apabila kita awal memulainya.

1. Dekat dengan sumber air
2. Jauh dari tempat kediaman
3. Bebas dari asap, bau-bauan, dan gangguan suara bising
4. Terhindar dari predator atau pemangsa pastinya

Fungsi kandang adalah sebagai tempat berkembang biak kelinci yang bagunya dengan suhu ideal 21˚ C, untuk sirkulasi udara yang lancar tidak tertutup dengan pencahayaan yang cukup yaitu 12 jam, melindungi dari predator. Yang pasti ketika kita mau membuat kandang untuk berternak kelinci maka kita harus menyesuaikan benar tempatnya supaya kelinci yang kita ternak merasa nyaman dan aman sehingga dalam perkembang biakan nya bagus.

Untuk menjaga kenyamanan ternak kelinci sebaiknya kita membedakan kandang antara indukan dan anakan nya. Kandang untuk indukan jantan biasanya lebih besar ukuran nya.
Berikut beberapa model kandang :

1. Kandang model Postal, kandang modelini tidak memiliki halaman untuk pengumbaran ditempat dalam ruangan dan cocok untuk kelinci muda.
2. Kandang model Ranch, yaitu dilengkapi dengan ruang halaman pengumbaran.
3. Kandang battery, mirip dengan sangkar berderet dimana satu ruang nya untuk satu ekor kelinci saja dengan konteruksi berjajar, bertingkat, dan seperti pyramid.
Penggunaan model kandang ini sangat efektif karena tidak memerlukan banyak tempat karena bertingkat andaikan ditempat yang akan di pakai untuk kandang itu sempit, namun juga tetap harus diperhatikan tingkat kebersihan nya.

Pemilihan kandang ternak kelinci sebagai mulus dan lancar nya suatu usaha kita!!

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *