Pemilihan Bibit dan Calon Indukan Kelinci

A d v e r t i s e m e n t

Pemilihani  bibit dan calon Indukan kelinci. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat memilih kelinci. Pemilihan  bibit dan calon Indukan kelinci    bertujuan untuk mengetahui secara spesifik kelinci yang akan dibeli, supaya nantinya peranakan yang akan dihasil kan bagus. Untuk itu kita harus tahu jenis, bibit, bobot nya dengan cara sebagai berikut :

  • Bagian wajah. Pilihlah bagian wajah kelinci yang mempunyai sorot mata yang tajam dan tidak sayu. hal tersebut menunjukan bahwa kelinci dalam keadaan sehat. Perlu di lihat juga hidung kelinci, jika bagian hidung kelinci terdapat ingus/air, kemungkinan kelinci itu sedang terkena flu.
  • Bagian kaki. Kaki kelinci yang baik adalah kaki yang tegak seperti pada kaki kuda atau sapi. Oleh karena itu, saat memilih untuk di beli perhatikan dahulu keadaan kelinci ketika berdiri, karena sulit untuk melihat bentuk kaki kelinci ketika kelinci dalam posisi sedang tidur. Bentuk kaki yang kurang bagus adalah yang berbentuk huruf “O” dan keadaan nya yang melebar keluar.
  • Bentuk badan. Kelinci yang baik mempunyai bentuk badan yang gumpal dan berisi. Untuk melihat bentuk badan yang baik coba tidur kan kelinci yang akan kita beli lalu lihat dari belakang ekor. Bentuk yang bagus adalah badan kelinci yang menyerupai huruf “O” atau berbentuk lingkaran. Hal yang menunjukan bahwa badan kelinci tersebut penuh dengan daging. Sedangkan bentuk badan yang kurang baik berbentuk segitiga apabila dilihat dari belakang. Hal ini menunjukan bahwa badan kelinci kurang berisi.
  • Bentuk ekor. Bentuk ekor yang baik adalah yang lurus sejajar dengan tulang belakang dan tegak keatas.
  • Aktif namun tidak hiperaktif. Pilihlah kelinci yang aktif namun tidak hiperaktif. Kelinci yang aktif dapat kita lihat dari pola tingkah nya yang sering loncat kesana kemari yang senang dengan benda atau mainan yang kita berikan. Dan untuk kelinci hiperaktif berhati-hati lah karena kelinci seperti itu bisa saja menyerang kelinci yang lain. Kelinci seperti ini sering kita jumpai pada kelinci pejantan.
  • Kelinci penakut/ramah. Kelinci yang baik dan mudah di pelihara oleh penjual klinci adalah kelinci yang tidak penakut, terutama dengan manusia atau yang lain. Untuk membedakan kelinci yang jinak atau tidak sangat mudah biasa nya pada saat kita mendekat atau memegang nya sudah ketahuan.
  • Berat badan kelinci pada saat usia dewasa berkisar  2-2,5 kg, dengan rentang masa hidup 5-8 tahun.
  • Masa kehamilan adalah 30-33 hari.
  • Masa sapih yang optimum bagi anak-anak nya adalah sekitar usia 4-6 minggu.
  • Rata-rata konsumsi makan kelinci adalah 160 gram per kg berat badan nya.
  • Rata-rata konsumsi minum air adalah 100-200 ml per kg berat badan, tetapi hal ini tergantung dengan tempratur kondisi lingkungan.
  • Kotoran yang di hasil kan adalah sekitar 5-6 gumpalan.

Itulah beberapa point untuk pemilihan jenis bibit dan indukan kelinci.

A d v e r t i s e m e n t

Semoga bermanfaat!!!!!

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *