Mengamplas Kusen Rumah

A d v e r t i s e m e n t

Mengamplas Kusen Rumah tentunya adalah salah satu langkah yang tidak boleh tertinggal, proses Mengamplas Kusen Rumah kita lakukan jika kusen rumah sudah jadi dibuat dan akan dilanjutkan dengan proses pengecatan dasar. Agar permukaan kayu kusen menghasilkan tampilan yang bagus setelah di cat, maka kita wajib Mengamplas Kusen Rumah terlebih dahulu untuk menghaluskan sekaligus merataan permukaan kayu kusen.

Mengamplas-Kusen-Rumah-agar-rata
Target Mengamplas Kusen Rumah adalah Permukaan Kusen yang belum Rata

Beberapa bulan yang lalu saya pulang kampung, dan sekaligus menyempatkan melihat pesanan kusen rumah yang dibuat oleh pak lek yang rumahnya berdampingan dengan rumah orang tua saya, melihat kusen-kusen pintu dan kusen jendela sudah selesai dikerjakan dari pada tidak ada kegiatan saya berinisiatif Mengamplas Kusen Rumah itu sebelum diberi cat dasar. Alat-alat yang dibutuhkan dalam proses Mengamplas Kusen Rumah adalah :

A d v e r t i s e m e n t
  1. Amplas Kasar  –>  Harga Rp 9000 /1 m²
  2. Amplas Halus  –> Harga Rp 6000 /1 m²
  3. Bantalan Amplas menggunakan bekas Sandal Jepit dengan bentuk segi empat, besarnya disesuaikan dengan kenyamanan genggaman tangan kita.

Untuk membeli Amplas kita bisa mendapatkannya di toko besi atau toko bangunan terdekat dari rumah kita, sedangkan bantalan amplas yaitu sandal jepit bekas kita bisa mencarinya disekitaran rumah.

Mengamplas-Kusen-Rumah
Alat yang saya gunakan untuk Mengamplas Kusen Rumah

Kusen yang saya Amplas meliputi 5 buah kusen pintu, 4buah kusen jendela (5 plong) dan kusen fentilasi 27 buah. Saya menghabiskan waktu sekitar setengah hari untuk menyelesaikan proses Mengamplas Kusen Rumah tersebut. Pekerjaan Mengamplas Kusen Rumah sebenernya adalah pekerjaan ringan cuman sangat membutuhkan kesabaran dan ketelitian, bisa dibayangkan jika ada permukaan kusen yang sudah jadi seperti gambar pertama diatas. Kayu yang saya gunakan untuk kusen termasuk kayu yang keras yaitu kayu Alkasia yang sudah berumur tua dan sudah direndam dilumpur lebih dari 2 tahun lamanya. Selisih 3 mm permukaan yang tidak rata pada kayu kusen, maka waktu yang kita butuhkan untuk meratakannya dengan proses Mengamplas Kusen Rumah secara manual membutuhkan lebih dari 15 menit.

Kelebihan proses Mengamplas Kusen Rumah secara manual adalah kita bisa lebih detail dan teliti. Jika kita menggunakan mesin amplas pekerjaan mengamplas jadi lebih mudah dan cepat, tetapi jika kita kurang ahli menggunakan mesin tersebut bukan hasil rata yang kita dapatkan malah permukaan kusen menjadi tidak rata walupun kelihatannya halus.

Inilah dokumentasi video proses Mengamplas Kusen Rumah :

Mengamplas Kusen Rumah sendiri adalah pekerjaan yang menyenangkan selaras dengan akan terwujudnya impian kita.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

3 thoughts on “Mengamplas Kusen Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *