Kumpulan Masalah Pendaftaran SNMPTN Tahun 2016

Posted on

Pendaftaran SNMPTN tahun 2016 sudah berakhir pada tanggal 12 Maret 2016 pukul 23.59 Wib. Pada rentang dimulainya pendaftaran SNMPTN 2016 pada 29 Februari sampai dengan 12 Maret tersebut ada beberapa laporan permasalahan yang dialami oleh pendaftar.

Masalah pendaftaran SNMPTN 2016 sebenarnya bisa diminimalisir jika pihak sekolah, wali murid dan siswa pro aktif menggali informasi dilaman www.snmptn.ac.id atau pihak sekolah dengan jelas menginformasikan ke siswa hasil dari Sosialisasi SNMPTN 2016 yang diadakan oleh tiap-tiap panitia lokal SNMPTN di provinsi masing-masing.

A d v e r t i s e m e n t

Masalah SNMPTN 2016 yang paling sering ditanyakan :

Pemilihan program studi atau jurusan.

Metode seleksi SNMPTN 2016 adalah seleksi akademik jadi nilai rapot yang akan di rangking kemudian diambil yang terbaik, calon pendaftar sering sekali menanyakan bagaimana kalau ingin mengambil lintas jurusan sebagai contoh siswa dari jurusan IPA ingin memilih jurusan/program studi IPS (Soshum) atau sebaliknya dari SMA IPS mengambil jurusan IPA (Saintek) di PTN pilihan apakah boleh?

Jawabannya jika di sistem dapat dipilih tentunya diperbolehkan, namun sebaiknya linier dengan jurusan di SMA/MA/SMK-nya karena jika mengambil lintas jurusan di SNMPTN peserta akan dirugikan saat nilai di rangking.

Namun kalau kita jeli melihat dalam sistem saat akan mendaftar kita bisa melihat prasyarat jurusan yang akan kita pilih.

Contoh
Contoh kelompok IPS program studi ‘Hukum’ daftar jurusan yang dapat memilih program ini adalah siswa SMA/MA/SMK IPA-IPS-BAHASA dan SMK yang relevan.

Anak Kami tidak dapat mendaftar SNMPTN 2016, padahal ada siswa yang nilainya dibawah anak kami bisa daftar.

Memang pada tahun ini ada perbedaan dengan tahun sebelumnya 2015 tentang SNMPTN, tahun ini ada kuota bagi calon peserta SNMPTN lebih jelasnya bisa anda baca disini Mengenal Program SNMPTN.

Pada masalah ini setelah ditelusuri ternyata ada kesalahan sekolah saat pengisian nilai siswa di laman PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa), kesalahan pengisian nilai yang cenderung kecil dari nilai yang sebenarnya. Hal ini diketahui saat siswa akan melakukan verifikasi nilai, laporan siswa yang terlambat ditangani menyebabkan kerugian siswa tidak lolos pemeringkatan awal SNMPTN 2016.

Masih banyak sekali masalah pendaftaran SNMPTN 2016 yang tercatat, akan saya lanjutkan dalam tulisan berikutnya atau kita bisa berdiskusi dalam kolom komentar.

 

 

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

permasalahan sbmptn

One thought on “Kumpulan Masalah Pendaftaran SNMPTN Tahun 2016

  1. assalamualaikum.
    baru baru ini sya sudah melaksanakan pengisian pendaftaran SNMPTN Dan saya sudah memferifikasi data sn sya
    tetapi Ada data yang salah yakni dI situ tercantum pengisian NIS tetapi saya tulis di Kolom Itu NISN yang seharusnya di isi NIS.
    Mhon responnya kak.
    wassalamualaikim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *