Mengenal Program SNMPTN?

Posted on

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi informasi untuk mengenal lebih dekat dan lebih sederhana apa itu SNMPTN. SNMPTN tahun 2015 adalah program penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (daftar perguruan tinggi).

Melanjutkan tulisan yang mangkrak setahun lebih, sekarang tahun 2016 dan tentunya awal proses SNMPTN 2016 sedang dimulai.

A d v e r t i s e m e n t

Pada tanggal 18 Januari 2016 kemaren sesuai jadwal panitia SNMPTN pusat pengisian nilai di laman http://pdss.snmptn.ac.id dinyatakan dimulai, namun laporan dari panitia pusat hari pertama dan hari kedua belum ada satu sekolahpun di se-antero indonesia yang mendaftar.

Hal ini dimungkinkan sekolah baru saja berkoordinasi dan mencoba akses kembali ke laman pdss untuk mengunduh template pengisian nilai siswa.

SNMPTN adalah salah satu pintu masuk untuk dapat kuliah diperguruan tinggi negeri (PTN), karena untuk dapat kuliah di PTN sekurang-kurangnya ada 3 jalur masuk yaitu, SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri.

  • SNMPTN (Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah seleksi akademik berdasarkan raport sekolah semester 1-2-3-4-5 yang telah diunggah oleh sekolah dilaman PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa), daftar SNMPTN gratis.
  • SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah seleksi berdasarkan ujian tulis dan keterampilan (untuk program studi tertentu), yang dilaksanakan secara CBT (Computer-Based Testing) menggunakan komputer atau PBT (Paper-Based Testing) menggunakan LJK (Lembar Jawaban Komputer) seperti biasa.
  • Jalur Mandiri adalah seleksi sesuai ketentuan PTN masing-masing.

Ada sedikit berbeda proses pendaftaran SNMPTN Tahun 2016 ini, yaitu tidak semua siswa kelas XII dapat mendaftar SNMPTN seperti Tahun lalu. Aturan pendaftaran SNMPTN 2016 adalah jika :

Siswa memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:

  • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
  • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
  • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
  • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.

Itulah pengenalan singkat tentang SNMPTN, pada kesempatan lain saya akan berbagi informasi lainnya seputar SNMPTN – SBMPTN – Bidikmisi – Jalur Mandiri.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

mengenal snmptn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *