Komputer Tertua di Lampung

Posted on

Komputer Tertua di Lampung ternyata bermerk Wang sebuah perusahaan terkenal pada masa nya Wang Laboratories Inc. Sekilas mendengar namanya perusahaan pembuat komputer ini adalah perusahaan China, namun Wang adalah Industry  Computer hardware yang juga memproduksi Word Processors, Minicomputers, Microcomputers yang di dirikan oleh Dr. An Wang di Cambridge, Massachusetts, USA pada tahun 1951.

Dimasa sekarang tahun 2013 yang serba canggih “multi tasking” saya mendapat kesempatan untuk bertemu langsung dengan Komputer Tertua yang pernah ada di Lampung dan berbicara dengan penggunanya waktu itu beliau adalah mang Dudung staf karyawan UPT Pusat Komputer Universitas Lampung.

A d v e r t i s e m e n t

Komputer Wang Masuk di Lampung

Komputer Wang masuk di Lampung kisaran tahun 1980-an dan hanya ada 3 unit pada masa itu digunakan oleh Perusahaan  PTPN-7, Universitas Lampung, dan satunya saya rada lupa kalau tidak salah Pemerintah Provinsi atau Bank Indonesia di Lampung. Harga per Unit Komputer Wang pada masa itu sudah menjacapai belasan juta rupiah kira-kira 11-13 juta, bisa di bayangkan uang jutaan pada masa itu jika dibandingkan dengan sekarang.

Komputer Wang pada masa itu hanya digunakan untuk mengolah data karyawan pada lembaga atau perusahaan dimana komputer itu bersada.

Bentuk Komputer Wang

Ketika saya melihat barang tersebut sempat tercengang, alangkah beratnya komputer ini, kebetulan saat itu saya sedang memindahkan gudang barang-barang yang sudah tidak terpakai dan diataranya adalah Komputer Tertua Wang. Komputer Wang terdiri dari 3 bagian, diatas ada sebuah monitor yang digabungkan dengan keyboar (seperti Laptop yang sedang terbuka), dibagian tengah ada tempat disket (room disket) dan dipaling bawah sepertinya CPU (centra prosesing unit).

Disetiap bagian dipastikan anda tidak akan kuat mengangkatnya sendiri, bahkan pada bagian badwah atau CPU tiga orang pun belum kuat mengangkatnya dan terpaksa hanya di dorong untuk memindahkan nya.

Saat mencoba memasukan disket pada komputer Wang
Saat mencoba memasukan disket pada komputer Wang

Yang paling unik dari komputer ini adalah bagian disket yang sangat besar, pada kesempatan lain saya akan ceritakan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *