Cara Pemberian Makan Ternak Kelinci

Posted on

Cara Pemberian makan ternak kelinci. Jenis makanan yang lazim diberikan untuk makanan kelinci biasanya meliputi hijau-hijauan sebagai makanan pokok kelinci yang lazim di berikan oleh peternak kelinci tradisional. Pakan hijauan yang di berikan antara lain rumput lapangan, limbah sayuran (kangkung, wortel, sawi, lobak, kol, pepaya, talas dan lain nya). Hijauan untuk pakan kelinci jangan diberikan dalam bentuk segar namun di layukan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air nya.

Proses pelayuan ini selain untuk mengurangi kadar air juga untuk mempertinggi kadar serat kasar dan menghilang kan getah atau racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang atau diare. Pemberian pakan kubis atau limbah sayur juga akan membuat kencing kelinci berlebihan, disebabkan limbah memiliki kandungan air tinggi.

A d v e r t i s e m e n t

HAY adalah jenis pakan kelinci yang berupa pakan rumput awetan yang dipotong menjelang berbunga. Rumput tersebut di keringkan dengan bertahap sehingga kandungan gizi pada pakan tersebut tidak rusak. Bahan dalam bentuk HAY diantaranya rumput gajah, pucuk tebu, atau rumput lapangan yang menjelang berbunga.

Daun kacang-kacangan yang telah dilayukan lalu dikeringkan seperti HAY juga disukai kelinci. Ketika kelinci sakit terserang diare, maka hentikan untuk memberi pakan hijau-hijau an. Sebagai penggantinya diberikan pakan IHAY secara terus menerus sampai sembuh dari diare nya.

Bagus juga untuk pemberian pakan biji-biji an yang berfungsi sebagai makanan penguat. Pakan ini diberikan terutama pada kelinci yang sedang hamil atu sedang menyusui.  Jenis pakan nya bisa jagung, padi, gandum, keledai, kacang tanah dan kacang hijau yang itu baiknya sudah digiling atau di trumbuk terlebih dahulu. Jika pemberian pakan tersebut dikira mahal maka dapat diberi pakan bekatul, bungkil tahu, bungkil kelapa, atau bungkil kacang tanah.

Kelinci muda yang dibesarkan dengan pakan hijauan sampai umur 4 bulan maka bobot nya hanya sekitar 1,5 kg. Kalau pakan di tambah bekatul dan biji-biji an maka bobotnya bisa mencapai rata-rata 4 kg untuk jenis kelinci New Zealand White, Californian, dan kelinci potong lain nya. Konsentrat juga bisa menjadi pakan peningkat gizi.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *