Cara Mudah Mengatasi Rayap Yang ada di Kusen Pintu

A d v e r t i s e m e n t

Kemarin kita sudah membahas mengenai cara menghilangkan rayap yang ada di dinding rumah, nah di artikel berikut ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi rayap yang ada di kusen pintu, banyak orang yang mengeluh karena semua perabotan rumah atau pintu mereka sudah tidak kokoh seperti pertama kali pemasangan, hal tersebut bukan karena usia kayu yang sudah tua kemudian menjadi tidak kokoh kembali, namun dikarenakan serangga satu ini yaitu Rayap, jenis serangga ini sangat merugikan banyak orang karena kehidupannya cukup merusak barang-barang dan perabotan rumah, contohnya saja pintu kayu, jendela dari kayu dan beberapa interior rumah yang terbuat dari kayu akan digerogoti hingga habis. Jika hal seperti ini dibiarkan, maka sangat merugikan.

Cara Mudah Mengatasi Rayap Yang ada di Kusen Pintu
Cara Mudah Mengatasi Rayap Yang ada di Kusen Pintu

Untuk mengatasi masalah tersebut, kami mempunyai beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mengusir rayap yang berada di kusen pintu, tetapi sebelum masuk ke pembahasan, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu.

A d v e r t i s e m e n t

Mengetahui Cara Hidup Rayap

Hal pertama yang harus anda pelajari adalah mengetahui cara hidup rayap, hewan satu ini suka hidup ditempat kering namun sedikit lembab, seperti halnya di dinding rumah, kemudian diatas rumah dan juga berada di bawah tanah. Yang pasti banyak sarang yang akan anda temukan dibawah rumah anda, dari sanalah serangga pemakan kayu ini berasal. Ketika rayap mencari makan maka yang menjadi sasaran pertama adalah perabotan rumah anda.

Cara Menghilangkan Rayap Di Pintu Kusen

  • Menggunakan minyak tanah

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan minyak tanah, minyak tanah mempunyai bau yang begitu menyengat dan cukup panas jika terkena kulit, dengan menggunakan minyak tanah ini bisa dipastikan rayap yang ada di kusen pintu akan hilang. Namun kelemahan dari cara ini tidak semua perabotan bisa menggunakan minyak tanah, sifatnya yang cukup resisten dengan perabotan tertentu bisa membuat perabotan korosi.

  • Gunakan Garam Dapur

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan garam dapur, banyak orang yang menggunakan garam untuk mengusir atau membasmi rayap, hal ini dikarenakan rayap tidak suka dengan rasa asin dan tentu saja cukup pedih jika terkena mata. Untuk lebih efektifnya, anda bisa menggunakan garam dapur dengan campuran air tembakau.

  • Menggunakan Sentrikon

Berbeda dengan cara konvesional yang ada di atas, untuk cara satu ini jauh lebih modern karena menggunakan alat yang dioperasikan dengan tujuan memberikan umpan kepada rayap, ketika rayap memakannya maka secara tidak langsung perlahan-lahan akan mati dengan sendirinya.

  • Menggunakan Termisida

Sebenarnya obat serangga ini cukup ampuh untuk membasmi rayap dengan cepat, yang pasti rayap tidak akan bersarang lagi di tempat yang diberikan termisida, contohnya kalau anda menggunakan termisida di pintu kusen, maka bisa dipastikan rayap akan mati. Untuk penggunaan termisida ini cukup mudah yaitu dengan menyemprotkannya secara langsung diseluruh bagian pintu kusen, namun karena kandungannya yang cukup berbahaya, maka penggunaan termisida bisa anda jadikan pilihan terakhir, alasannya karena termisida akan mengganggu kesehatan tubuh anda.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara untuk membasmi rayap yang hidup di pintu kusen rumah anda, semoga informasi ini cukup bermanfaat bagi anda semuanya. Terimakasih sudah berkunjung di artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *