Cara Mudah Menghilangan Rayap Di Dinding Rumah

A d v e r t i s e m e n t

Anda tentu pernah melihat dinding rumah dan pintu anda yang tiba-tiba keropos tanpa sebab yang pasti, butir-butir seperti pasir selalu berjatuhan ke lantai dan hal tersebut pernah membuat anda bertanya-tanya kenapa hal tersebut bisa terjadi. Jawaban yang paling tepat adalah karena hewan satu ini yaitu serangga, Rayap merupakan salah satu serangga yang cukup merugikan bagi manusia, yang mana hewan ini akan memakan segala jenis barang-barang dan perabotan yang ada di rumah anda.

Cara Mudah Menghilangan Rayap Di Dinding Rumah
Cara Mudah Menghilangan Rayap Di Dinding Rumah

Beberapa jenis barang yang paling sering dimakan dan dirusak oleh rayap adalah dinding dan juga pintu kusen atau pintu kayu, hewan yang suka dengan jenis-jenis kayu ini cukup untuk merusak pintu rumah anda hanya dalam beberapa bulan saja. Butiran-butiran kecil seperti pasir yang anda temukan di lantai merupakan sisa dari makanan rayap. Jika dibiarkan terus menerus bisa dipastikan rumah anda akan berongga dan roboh di suatu hari nanti jika terkena angin ataupun tekanan secara tiba-tiba.

A d v e r t i s e m e n t

Untuk itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan seperti apa caranya untuk membasmi atau menghilangkan rayap yang ada di dinding rumah. Silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengetahui Keberadaan Rayap

Sebelum anda masuk ke cara pembasmian rayap, alangkah lebih baiknya kalau terlebih dahulu anda mengetahui keberadaan rayap. Hewan satu ini suka sekali hidup di perabotan rumah seperti di pintu dan juga tempat-tempat yang terbuat dari kayu, bahkan banyak juga yang bisa hidup di dalam dinding rumah. Berikut tips yang bisa anda lakukan untuk mengetahui keberadaan dari rayap sendiri.

  • Rayap meninggalkan sisa makanan

Hal pertama yang harus anda cari adalah sisa dari makanan rayap, jika anda menemukan banyak serbuk yang berjatuhan di lantai atau ada di pinggiran kayu, bisa jadi disitulah sarang rayap yang harus anda basmi.

  • Dinding berongga

Kemudian yang berikutnya adalah dengan melihat kondisi dinding yang berongga, dinding yang berongga juga bisa disebabkan oleh rayap.

  • Pada pintu kusen

Yang ketiga adalah dengan mencari rayap di pintu kusen, kebanyakan pintu yang tidak di olesi dengan obat anti rayap akan dimakan atau di grogoti.

Cara Membasmi Rayap Pada Dinding Rumah

  • Menggunakan air cucian beras

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan air dari bekas cucian beras, air ini cukup manjur untuk mengusir rayap dari dinding rumah anda, bukan hanya itu saja. Air cucian beras memiliki bau yang tidak disukai oleh rayap.

  • Air Tembakau

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat ramuan dari air tembakau, banyak serangga yang sema sekali tidak suka dengan air tembakau karena baunya yang begitu menyengat, untuk penggunaannya sendiri adalah dengan membuat air tembakau dan tempatkan pada botol semprot, setelah itu semprotkan secara merata di bagian dinding rumah anda yang dihuni oleh sarang rayap.

  • Air Kapur Sirih

Cara ketiga yang cukup ampuh untuk mengusir rayap adalah dengan menggunakan air kapur sirih, jenis air ini juga tidak disukai oleh serangga seperti rayap, baunya yang menyengat akan membuat rayap mati.

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara mengusir rayap dari dinding rumah, semoga informasi ini bisa bermanfaat dengan baik untuk anda semuanya. Terimakasih sudah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *