Add Google Plus
Di Tulis Oleh Harno, S.I.Kom. Selasa, 18 Oktober, 2011

Pemasangan dan Pengecoran Pondasi Cakar Ayam pada bangunan rumah saya dalam tahap pengerjaan oleh empat orang pekerja. Jumlah total Pemasangan dan Pengecoran Pondasi Cakar Ayam ada 16 buah dengan ukuran 1 meter x 1 meter ada 8 buah dan ukuran 75 cm x 75 cm ada 8 buah juga. Pemasangan dan Pengecoran Pondasi Cakar Ayam membutuhkan bahan material yang wajib kita siapkan antara lain :

  1. Pasir kasar saya siapkan 1 mobil truk dengan bak papan isi kisaran 5 M³ dengan harga Rp 600.000
  2. Semen saya siapkan 20 zak isi 50 Kg waktu itu menggunakan merek Holcim harga per zak masih Rp 58.000
  3. Batu split atau koral saya siapakan 2 M³ harga per M³ kisaran Rp 250.000
  4. Air secukupnya.

Proses Pemasangan dan Pengecoran Pondasi Cakar Ayam memakan banyak sekali material semen, untuk ukuran tapak pondasi yang      1 m x 1 m hampir menghabiskan 1 zak semen. Jadi perkiraan saya untuk 16 titik Pondasi Cakar Ayam akan menghabiskan minimal 12 zak semen. Pemasangan dan Pengecoran Pondasi Cakar Ayam juga membutuhkan waktu yang cukup lama berbeda dengan pemasangan Pondasi Batu Kali.

Hal yang saya amati dari cara kerja para tukangnya pada saat sebelum Pemasangan dan Pengecoran Pondasi Cakar Ayam. Mereka menentukan titik Nol dan siku antar sudut, setelah titik-titik nol ditemukan mereka memastikan kesikuan antara sudutnya. Tak jarang mereka harus menggali lebih dalam lagi lubang tempat Pondasi Cakar Ayam karena ternyata titik nol belum didapatkan. Para tukang dan pekerja membutuhkan waktu satu hari untuk menyetting tempat Pemasangan dan Pengecoran Pondasi Cakar Ayam.



Pemasangan-dan-Pengecoran-Pondasi-Cakar-Ayam



Tapak Cakar Ayam yang sudah di cor

Alasan saya kenapa menggunakan atau melakukan Pemasangan dan Pengecoran Pondasi Cakar Ayam di setiap titik dan sudut pondasi karena rencananya bangunan yang akan didirikan memiliki 2 lantai  dengan luas (10 m x 10 m) + (3 m x 2 m) + (3 m x 4 m) = 118 m². Dan jenis ukuran pondasi berbeda dikarenakan situasi dan kondisi dilapangan dimana tanah kavlingan antara batas samping kanan, samping kiri dan belakang habis makanya menggunakan rangka besi tapak cakar ayam ukuran 75 cm x 75 cm dan pada titik Pondasi bagian tengah bangunan menggunakan ukuran 1 m x 1 m untuk tulangan besi pondasi cakar ayam saya menggunakan besi ukuran cas Ø 10 mm.

Pemasangan dan Pengecoran Pondasi Cakar Ayam akhirnya selesai dalam 4 hari kerja.

A d v e r t i s e m e n t s



Search Engine Keyword:

batu split, pondasi untuk rumah 2 lantai, rumah 2 lantai, gambar pondasi rumah 2 lantai, pondasi rumah lantai 2

36 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. Apit Brahmoyo mengatakan:

    Pak..
    Kalo mau bangun dapur Ukuran 4 X 5 memakai pondasi Cakar ayam (rencana mau tingkat) kira2 apa aja bahan yang dibutuhkan & Biayanya…(Dinding Batako)..

    Terima kasih

    Apit BY

    • NewsMaker mengatakan:

      Pak Apit yth :

      Menurut pengalaman saya, Bahan yang dibutuhkan : 4 buah kerangka besi tapak, semen, pasir, batu split papan cor, kasau, besi diameter 10 mm, 8 mm, dan 6 mm serta kawat beton. Untuk rincian biaya saya masih kurang bisa merincinya, coba konsultasikan dengan tukang kepercayaan anda.

  2. dyan mengatakan:

    Sangat membantu infonya pak..:)..
    kebetulan saya juga mau membuat cakar ayam Insya Allah sebanyak 15 titik. Saya mau tanya untuk waktu 4 hari kerja itu termasuk penggalian tanah untuk cakar ayam dan sloof atau hanya proses pengadukan/pembuatan cakar ayam Pak ?
    Untuk penggalian tanah dikerjakan oleh tukang bangunan atau khusus tukang gali tanah? Terima kasih sebelumnya atas informasi bapak… :)

    • NewsMaker mengatakan:

      Terima kasih atas kunjungan nya, 4 hari hari kerja itu hanya proses menyetel kerangka besi cakar ayam dan proses pengecorannya saja, belum termasuk pemasangna pndasi batu kalinya.

      Saran Untuk penggalian pondasi : Serahkan saja dengan tukang bangunan saja, kalau kita menggunakan tukang gali tanah berdasarkan pengalaman saya malah kerja dua kali, karena mereka ndak paham teknik bangunan asal gali aja. trims.

  3. aldy mengatakan:

    saya memiliki tanah 14mX12,5m,ingin 2 kamar di bawah(salah satu km&wc di dalam),garasi agak besar,ruang tamu,dapur besar,km&wc,mushola kecil,sedikit teras,di lantai dua, 5 kamar(km&wc ada di dalam 3 kamar),km&wc,lantai tiga, kamar pembantu,km&wc,ruang cuci baju,ruang setrika,tempat jemuran,minta tolong yaa…bentuk kasar & bentuk pondasi awal seperti apa (tanah kebun rata)karena saya ngebangunnya nyicil (pondasi dulu,pager,ruang bawah dst…trims…

  4. hari mengatakan:

    Salam Kenal,

    Saya berencana membuat pondasi-turap utk penahan tanah (jalan) ukuran kira-kira Panjang 25 Meter posisi menurun Tinggi Awal 3 Meter, Tinggi Akhir 1.5 Meter, kira-kira design, dimensi & biaya pembuatan pondasi-turap tersebut berapa ya?

    Please info, jika budget sesuai akan, saya kirimkan gambar lokasi/kondisi tanahnya.

    Terima kasih,

  5. satrya mengatakan:

    dear penulis satriamadangkara, saya berencana untuk membuat pondasi cakar ayam, cuma masalahnya bangunan sudah ada, ktnya bisa disuntik, mohon saran apakah pekerjaan tersebut beresiko atau tidak? kebetulan sekali bagian belakang rumah saya ini yg butuh cakar ayam berada di ujung tebing,. saya agak khawatir dalam pengerjaannya

    • NewsMaker mengatakan:

      Rehap dengan bangunan yang sudah ada memang beresiko, tetapi tetap bisa dikerjakan. Carilah tukang yang ahli dan berpengalaman..insyalloh aman. Trims.

      • sahril mengatakan:

        bro itu nama nya pondasi tapak. kita salah menginterpretasikan pondasi cakar ayam. kalo cakar ayam asli adalah seperti yang ditemukan oleh prof sedyatmo. biasa nya untuk landasan pesawat dan bangunan diatas 3 lantai. kalo dibawah 3 lantai malah tidak ekonomis.

  6. budi mengatakan:

    selamat siang
    saya ada rencana bangun rumah 3 lantai(dak cor) dengan menggunakan pondasi plat lajur beton,yang ingin saya tanyakan
    1apakah posisi sloof berada diatas(menempel) di pond.plat lajur.
    2.atau posisi sloof 1 meter di atas pond.plat lajur ( karena rencana rumah kami ada peninggian 1 meter

    karena saya pernah lihat gambar, posisi sloof ada yang menempel di plat lajur dan ada yang diatas plat lajur 1 meter.

    terima kasih

    budi

  7. Bambangds mengatakan:

    Kalo Pondasi kombinasi, batu kali dan cakar ayam, apakah nanti dicor bareng disambungannya atau dibiarkan terputus?

    • NewsMaker mengatakan:

      Menurut pengalaman saya di pondasi batu kali nyambung dengan coran pondasi cakar ayam, cuman pengerjaannya duluan mengecor pondasi cakar ayam nya. kemudian baru pondasi batu kali.

  8. Daslam mengatakan:

    Pak saya mau tingkatkan rumah menjadi 2 lantai, perlukah pondasi cakar ayam. kata tukang tidak dperlukan karena tanahnya keras, cukup dengan tiang cor saja dengan behel 10″

    • NewsMaker mengatakan:

      Tukang kadang berfikir praktis karena berdasarkan pengalaman dan fakta, kita juga harus melihat kapasitas si tukang, pengalaman kawan saya kemaren genteng multiroof katanya bisa dipasang pada rangka atap kayu…setelah dituruti ternyata hasilnya tidak maksimal, dan tentunya kawanku sangat kecewa.

      Dalam membangun rumah sendiri kita harus punya prinsip “cari aman” tanah itu keras kalau musim kemarau..nah jika musim hujan dan beratnya beban bangunan maka lama kelamaan akan labil juga, bangunan akan retak bahkan roboh. Trims.

  9. ridwan mengatakan:

    assalamu alaikum, saya sudah beli rumah panggung kayu ukuran 7×4.5m dengan tinggi 4 m diameter 20cm dan saya berencana membangun kembali dengan melakukan beberapa perubahan. sya berencana membuat tiang dari beton setinggi 3 m lalu diatasnya kayu tiang tadi dengan perhitungan 3 m tiang beton lalu 1 m tiang kayu tertanam di dalam tiang beton sisanya 3 m berdiri diatas kemudian di susun satu persatu kayu penyanggah lainnya. yang mau saya tanyakan, apa mungkin niat saya ini terwujud?kemudian hal hal apa yang perlu saya perhatikan dalam pembangunannya?terimakasih banyak atas jawabannya.

    • NewsMaker mengatakan:

      Masbro Ridwan, hanya sekedar saran bahwa hal itu bisa dilakukan namun karena ini type modifikasi, sebaiknya masbro konsultasikan dengan tukang kepercayaan anda, tukang yang baik dan cermat dapat melihat dan menganalisis persiapan apa saja yang harus dilakukan serta tahapan apa saja yang akan dilalui dalam peroses itu. Trims.

  10. kawanto mengatakan:

    mohon bantuannya pak, saya rencananya akan melakukan renovasi warung saya dan akan saya buat tingkat 2 (lantai 1 buat warung/toko, dan lantai 2 buat rumah tinggal) ukuran luas bangunan 5,2 m x 7,4 m. mohon bantuannya dibuatkan desain yg tepat sekalian posisi tangganya yg tepat dimana? terimakasih atas bantuannya.
    salam

    • NewsMaker mengatakan:

      Maaf masbro saya tidak melayani pembuatan gambar desain rumah…saya hanya berbagi informasi yang saya tahu, coba anda ke situs eramuslim dot com, disana anda bisa mencoba memintakan desain sesuai dengan data yang anda punya…Trims.

  11. yan mengatakan:

    bagaimana cara ngukur material,,lantai dak,,dengan tebal 8cm per meter nya berapa uang yg harus di keluarkan..mohon pencerahan..terimakasih..

  12. yan mengatakan:

    berapa banyak uang anggaran buat rangka atap baja ringan,,buat ukuran 5mtr kali 4mtr..mohon pencerahan..trimakasih..

  13. ita_fiane@yahoo.com mengatakan:

    pak saya boleh bertanya tentang gambar rumah mohon diperbaiki

  14. dedy mengatakan:

    saya akan membangun rumah, rencana jangka panjang akan dikembangngkan ke atas menjadi dua lantai.
    Dari penyelidikan tanah (sondir) diketahui tanah kerasnya 4meter dibawah permukaan.
    Kira-kira apa jenis fondasi yang paling tepat untuk rumah tersebut, mengingat tempat saya, padang, rawan gempa.
    terimakasih

  15. agung mengatakan:

    Mau tanya masbro,apakah pada pondasi kombinasi cakar ayam dgn pondasi batu kali menerus,kedalaman pondasi batu kalinya harus sama dgn pondasi cakar ayam..

    • NewsMaker mengatakan:

      Masbro AGung, ya tentunya tidak masbro, klo sama dalemnya alangkah borosnya…..tinggal galian pondasi batu kalinya sampai tanah keras saja…antar 40-50 cm saja, itu berdasarkan pengalaman saya. Trims.

  16. Elvan mengatakan:

    Mau tanya, gambar di artikel ini tiang kolomnya itu praktis apa kolom utama ya? Dan dengan dimensi dan jumlah besi seperti gambar tsb apa cukup untuk kolom tiang bangunan 2 lantai?

    Terima kasih

    • NewsMaker mengatakan:

      Masbro Elvan, itu saya jadikan kolom utama dengan ukuran balok beton 20×30 cm, saya gunakan besi ukuran minimal 10 mm, tentunya dengan besi yg lebih besar aka lebih baik, namun smua tergantung dari bangunan yang akan dibuat… hitung2-an beban menjadi pertimbangan pribadi.

    • andi s mengatakan:

      Mau tanya, saya berencana membangun rumah 2 lantai dengan luas 6×10 m dengan 2 kama,1 dapur, wc, ruang tamu dan raung tv tapi saya hanya bangun satu lantai dulu dan di dack atap nya.penetuan jumlah cakar ayam dan posisi cakar ayam nya gimana ya mas?..

  17. yosa mengatakan:

    saya mau tanya, perlu ga pak pemasangan pondasi lajur batu kali apabila diatas sloof hanya dipasang kaca?

  18. Ayub mengatakan:

    Berapa harga sewa pembuatan dan lansung pemasangan pondasi cakar ayam,?

  19. Oei Leonardus Widadi mengatakan:

    Mohon informasi.
    Saya berencana merenovasi rumah, luas bangunan 8X9 ingin saya jadikan dua lantai.
    Yang ingin saya tanyakan : Berapa fondasi cakar ayam yang dibutuhkan dan ukurannya (tapak & besi betonnya)?
    Terima kasih atas informasinya.

  20. teguh satria mengatakan:

    bawahnya tapak pakai pancang ga juragan ?

  21. ibu yeti mengatakan:

    sy mau bangun rumah tingkat 2 ukuran L 3 m x P 10 m.. mohon d bantu untuk rincian bahan, cakar ayam berapa banyak dan biaya yg harus d keluarkan..

    trims pak

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


Fokus Kegiatan Satriamadangkara

Dalam metode pembuatan pakan hay ialah dengan cara memotong rumput yang masih muda dan belum berbunga, potonglah rumput dilapangan atau tempat lain yang jauh dari   Read More ...

Cara pengembangbiakan kelinci. Untuk Syarat tergantung dari tujuan utama pemeliharaan kelinci adalah menentukan apa yang akan menjadi hasil nya, misal untuk tujuan jenis bulu maka   Read More ...

Pemilihan lokasi kandang Kelinci. Mengawali usaha dalam mengembangkan usaha beternak kelinci harus memperhatikan lingkungan yang akan dibuat sebagai rumah atau kandangnya.Usaha sampingan beternak kelinci tidak   Read More ...

Kelinci pedaging sebagai Usaha sampingan. Hal apa sih yang menguntungkan dari beternak kelinci pedaging, dan yang seperti apa kelinci pedaging itu, padahal kan semua kelinci   Read More ...

Peluang Bisnis menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru, apakah anda tertarik untuk mencobanya? pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi seputar Peluang Bisnis menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru   Read More ...

Beternak Belut atau Budidaya Belut merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi atas daging belut yang enak dan bergizi karena terbatasnya belut   Read More ...

Pada kesempatan ini saya akan membahas Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman berdasarkan pengamatan prilaku dari dua indukan ayam yang saya pelihara. Jika kita memelihara ayam   Read More ...

Jika kita memutuskan untuk beternak atau memelihara unggas apa pun jenisnya, kita wajib menyiapkan tempat tinggal atau kandang senyaman mungkin bagi ternak peliharaan kita dan   Read More ...

Buah Labu Kuning mungking anda pernah mendengarnya, atau bagi pembaca yang belum ada gambaran tentang Labu Kuning pasti anda pernah mendengar istilah barat dengan “Halloween   Read More ...

Apa sebenarnya perbedaan antara Budidaya dan Pelihara kenapa saya mengambil judul artikel “Pengalaman Budidaya dan Pelihara Ayam”. Menurut saya budidaya ayam adalah suatu proses kegiatan   Read More ...

Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Biasa.  Setiap produk benih jagung masis yang   Read More ...

Harga Bibit Jagung Manis Bonanza F1 dan Hibrida Jambore lumayan mahal dibandingkan dengan bibit jagung biasa atau non-manis. Seperti kita ketahui bahwa jagung manis selalu   Read More ...

Bisnis Budidaya Jagung Manis menjadi incaran saya menjelang pergantian tahun 2013 ke tahun 2014. Sekarang adalah tanggal 12 Oktober hampir mendekati pertengahan bulan, ini adalah   Read More ...

Bisnis Ayam Kampung Pedaging seperti apa bentuknya masih menjadi bayangan samar-samar memenuhi pikiran dan hayalan setiap saya merenung. Tidak tahu kenapa saya sangat tertarik ingin   Read More ...

Pengalaman Hidup lainnya

Rahasia Cara Kerja Gerbang...

Posted on Nov - 13 - 2012

3 Comments

Jasa Sewa atau Rental...

Posted on Sep - 2 - 2013

0 Comment

Logo SEA Games ...

Posted on Okt - 20 - 2011

0 Comment

Perawatan Pohon Karet Umur...

Posted on Agu - 3 - 2012

7 Comments

A d v e r t i s e m e n t s

Silahkan masukan email anda dan aktifkan, untuk mendapatkan info terbaru via email:

Menanam Jagung Hibrida BISI-2...

Posted on Okt - 9 - 2014

0 Comment

Panen Jagung Dari Benih...

Posted on Okt - 9 - 2014

0 Comment

Cara Daftar Seleksi CPNS...

Posted on Sep - 13 - 2014

0 Comment

Gagal Permanen VS Gagal...

Posted on Agu - 5 - 2014

0 Comment

Yuk, Mulai Bisnis Baju...

Posted on Jul - 14 - 2014

0 Comment

Ganti Paket Internetan AhA

Posted on Des - 5 - 2011

10 Comments

Penyebab Kecelakaan Saat Kita...

Posted on Des - 7 - 2012

4 Comments

Cara Budidaya Labu Kuning...

Posted on Des - 29 - 2013

4 Comments

Pemilihan Lokasi Kandang Kelinci

Posted on Jun - 8 - 2014

0 Comment

Cara Menyiapkan Bibit Rumput...

Posted on Sep - 3 - 2013

0 Comment