Add Google Plus
Di Tulis Oleh Harno, S.I.Kom. Kamis, 18 Oktober, 2012

Sumur bor mesin – mungkin kalimat itu sudah tidak asing lagi bagi kita yaitu orang yang sedang merencanakan akan membuat sumur atau anda yang memang sedang membutuhkan informasi karena akan membuat sumur.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi fakta seputar sumur bor mesin, yaitu sebuah proses penggalian sumur atau pembuatan sumur dengan sebuah alat bor yang diputar dengan tenaga mesin. Cerita ini adalah lanjutan cerita sebelumnya yaitu informasi Fakta tentang Sumur Bor Manual yang gagal.

Fakta yang saya amati perbedaan antara sumur bor mesin dengan sumur bor manual adalah proses pembuatan sumur bor mesin lebih efektif dan efisien, jika anda ada rencana ingin membuat sumur bor saya sarankan gunakan bor mesin.

Kelebihan proses pembuatan sumur bor mesin

  • Waktu pengerjaan lebih cepat.
  • Resiko Gagal sedikit

Kelemahan proses pembuatan sumur bor mesin

  • Harga relatif lebih mahal dari pada sumur bor manual.
  • Alat yang digunakan lebih banyak

Biaya proses pembuatan sumur bor mesin

Jasa pembuatan sumur bor sangat relatif tergantung paket yang disepakati apakah hanya mengebor saja atau lengkap dengan pemasangan mesin pompa airnya, sebagai patokan ongkos atau jasa pemngeboranya sampai mendapatkan sumber mata air yang cukup dengan casing paralon atau pipa 4 inch kisaran 7 juta. Besarnya biaya juga dipengaruhi oleh kondisi tanah tempat pengeboran.

Sebelum melakukan penawaran harga biasanya pekerja akan mensurvei terlebih dahulu untuk melihat lokasi yang akan di bor guna mempertimbangkan harga tawar, semakin sulit medan pengeboran dengan indikasi tanah mengandung bebatuan makan akan semakin mahal pula penawaran mereka.

Hal yang penting dan perlu diperhatikan

Berdasarkan pengalaman saya mengamati dan juga pernah mengawasi dua proyek pembuatan sumur bor mesin, kita harus berhati-hati dalam proses pemilihan pemborong sumur bor atau pelaksana pengeboran.

Sifat pekerja sumur bor tidak beda jauh dengan sifat pekerja tukang kayu (singsaw), rawan mencidrai komitmen atau janji.

Ini pengamatan psikologis  berdasarkan pengalaman berinteraksi dengan mereka melalui obrolan saat beristirahat. Banyak pekerja jasa yang melakukan pekerjaan nya setelah menyepakati kontrak atau komitmen sering ingkar janji. Saat menentukan pekerja sebaiknya kita mencari referensi yang terpercaya sebagai personal garansi yang menimbulkan rasa tidak enak jika mereka akan mengingkari janji.

Apa sebabnya mereka berprilaku seperti itu?

  • Banyak nya tawaran kontrak kerja, akhirnya mereka pilih-pilih walaupun sudah ada kesepakatan sebelumnya.
  • Permintaan orang yang ditakuti atau dihormati, kecendrungan tidak dapat menolak akhirnya mereka menunda yang lebih dulu dia janjikan.
  • Dan beberapa alasan klasik seperti anggota team nya sedang kurang sehat, alat bornya ada yang bemasalah dan sebagainya.

Alat – alat yang digunakan dalam proses pembuatan sumur bor mesin dapat anda lihat pada dokumentasi dibawah ini :


Proses pembuatan sumur bor mesin


Proses pembuatan sumur bor mesin, dapat kita lihat alat yang mereka gunakan yaitu, rangkain bor mesin, drum dan bak besar penampung air, mesin pompa air dan selang.


Para Pekerja sedang dalam proses pembuatan sumur bor mesin


Para Pekerja sedang dalam proses pembuatan sumur bor mesin


Seorang pekerja sedang mengisi bahan bakar minyak pada mesin pompa air


Seorang pekerja sedang mengisi bahan bakar minyak pada mesin pompa air

Dokumentasi Video proses pembuatan sumur bor mesin.

Itulah sedikit informasi yang bisa saya bagikan untuk sobat yang ingin membuat sumur bor, jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan jangan sungkan-sungkan, saya akan bantu semampunya. Semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t s



Search Engine Keyword:

biaya membuat sumur bor, biaya sumur bor rumah, harga pembuatan sumur bor, biaya buat sumur, biaya bor sumur

45 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. Kopi Luwak mengatakan:

    Saya di rumah juga pakai tukang bor mesin, ongkosnya 3 jutaan, plus beli mesin semi jet pump jadi 4 jtan…. airnya lumayan banyak, musim kemarau gak habis-habis, yang sebelumnya ini menjadi momok menakutkan: keabisan air saat musim kemarau.

  2. HAJAR mengatakan:

    mau tanya pak
    ini mengebor berapa meter kedalamannya? terus menghabiskan waktu berapa jam?
    terima kasih dan ditunggu jawaban secepatnya

    • NewsMaker mengatakan:

      Masbro Hajar menurut informasinya kedalaman sekitar 25 m lebih, pengerjaannya seminggu menggunakan bor manual, kemudian karena membentur batu granit yang sangat keras dengan ketebalan batu 1 m lebih, maka bor manual tidak mampu melanjutkan, sehingga disambung dengan bor mesin dan untuk menembus batu tersebut memerlukan waktu 3 hari. Trim’s.

  3. Bernadinus Ebo mengatakan:

    saya mempunyai sumur bor mesin kedalaman 33 mtr, musi8m kemarau 10 keluarga tetangga mengambil dari saya, pas kemarau panjang kemarin , agak kurang tekanan air naik sehingga cukup untuk saya aja, apakah mungkin debit berkurang?? tks

    • NewsMaker mengatakan:

      Hal itu wajar menurut saya, karena dalam jangka satu tahun kemaren berapa banyak orang yang sudah mampu membuat sumur bor….semakin banyak sumur bor pasti semakin berkurang debit tiap sumur bor tersebut.

  4. Donny Rahmat mengatakan:

    Dalam pembuatan sumur bor mesin, di bogor diminta 400 ribu per meter, kalau di tetangga saya kedalaman sumur biasa antara 10 – 8 meter, apkah harga tersebut wajar dan kira2 pembutan sumur bor mesin memkan waktu berapa lama?

    • NewsMaker mengatakan:

      Menurut saya wajar mas, biasanya harga pembuatan sumur bor sudah rahasia umum di setiap daerah, paling lama sebenarnya 1 minggu paling cepat 3 hari tergantung lokasinya, trims.

  5. djohari mengatakan:

    saya ingin menanyakan dimana saya bisa membeli alat bor air mesin,apakan ada bermacam macam ?,unt kedalaman hingga 150 meter kira – kira berapa harganya kalau lengkap Termasuk mata bor dan tiang penyangganya,terima kasih

    • NewsMaker mengatakan:

      Informasi yang saya dapat untuk Alat Bor Mesin, biasanya mereka merakit sendiri di bengkel. Untuk spesifikasi mesin bor kedalaman dibawah 100 m saya dengar antar 20 – 35 juta harga alatnya. Trims.

    • suhadi prayetno mengatakan:

      YTH,pak djohari, maaf sebelumnya, klo memang bapak ingin usaha di bidang pemboran sumur, saya dapat membantu merakit mesinya, soal harga memang berbeda tergantung kemampuan mesin. untuk mesin bor dengan kemampuan 40-80meter saya tarjet dengan harga 33juta, dengan spesifikasi sebagai berikut, pipa bor 1,5inc dengan sambungan drat kotak 20batang,pnjang 3meteran’. mesin penggerak dongfeng 8,5hp->porseneleng mobil->gardan mobil. pengangkat pipa menggunakan reduser->gearbox. matabor sayap tungsten, corring tungsten, pompa sirkulasi donfeng8,5hp+ns50. dan peralatan lain. UNTUK MESIN DENGAN KEMAMPUAN 150metr,harga 44juta, perbedaannya hanya pada, pipa 2inc drat kotak’20batang’3meteran. mesin penggerak dongfeng 10hp. dan perbedaan lainnya, bila berminat bisa hub saya, email suhadiborsumur@gmail.com atau di 081391835895

  6. dewa mengatakan:

    maaf sblmnya saya mw nanya, tadinya saya mw usaha pengeboran dgn cara membeli alat2 pengeborannya tp saya tidak tahu sistem penyewaanya…saya butuh pencerahan nih supaya saya tidak kena tipu atau kerjasama trsbt tidak merugikan salah satu pihak..terima kasih sebelumnya…balasnya bs ke email sasine_sabar@yahoo.com

    • NewsMaker mengatakan:

      Menurut informasi yang saya dapatkan, karena saya juga pernah di tawari investasi mesin BOR, Jasa pengeboran ber variasi dari 7 – 18 juta…tergantung kondisi tanah.

      Untuk Mesin BOR kedalaman dibawah 100 M harga buatnya kisaran 20 – 35 juta. seumpamanya berjalan normal jasa 7 juta bisa deselesaikan 1 minggu…keuntungan bisa 4-5 juta, ini cerita dari pekerjanya langsung saat mengebor sumur tetangga saya. Trims.

  7. dewa mengatakan:

    mas maaf sebelumnya saya mw nanya, tadinya saya berencana mau membeli alat mesin pengeboran air tp saya tidak tau sistem penyewaannya….saya butuh pencerahan supaya penyewaan tersebut tidak merugikan salah satu pihak….terima kasih sebelumnya.. klw bs blz nya ke email sasine_sabar@yahoo.com

  8. yal padang mengatakan:

    pak mau tanya,gear box yg di pakai berapa perbandingan nya,da berapa kira kira harganya? masalah nya sekarang kami masih bekerja manual untuk pengeboran 25 meter max.trims ya pak

  9. suhadi prayetno mengatakan:

    mau tanya pak, saya juga punya mesin bor sumur, tapi masih menggunakan tranmisi mobil,untuk memutar pipa,dengan penggerak diesel kubota 10hp,rencana saya ingin merakit lagi,tapi yang untuk memutar pipa menggunakan oli, yang saya mau tanyakan, alat hidrolis yang bisa untuk memutar pipa, itu namanya apa? untuk kedalaman 100meter saya harus memakai tipe apa? harganya sekitar berapa? dan di mana saya bisa mendapatkan. terima kasih

  10. abd kadir mengatakan:

    tolong dong, dikirim contoh rab pekerjaan sumur dalam eksplorasi berikut analisa harga satuan masing-masing jenis pekerjaan (dalam bentuk file exel aja)

  11. Natalia mengatakan:

    Dear Pak Satria,

    Sy hendak menanyakan beberapa hal mengenai sumur bor, apakah bisa Bapak membantu memberikan saran pada saya, jika sy memperlihatkan blue print instalasi air bersih dan kotor di rumah sy? Supaya sy tidak di bodoh2in Tukang.

    sementara ini sy sudah membeli Tangki Air untuk Toran yg terbuat dr stainless steel, merk nya Profil dengan kapasitas 550 liter, pompa sanyo tipe PHD255JP. terus terang sy dan suami agak bingung, karena baru pertama kali juga kami mau bikin sumur bor. akan berterima kasih sekali jika Bapak berkenan memberikan saran dan masukan.

    jika diperbolehkan, apakah bisa sy meminta alamat email Bapak?

    terima kasih sebelumnya..

    Salam,
    Natalia

    • suhadi prayetno mengatakan:

      mbak natalia, sebelum membuat sumur bor, carilah tukang yang profesional,usahakan sumur jangan terlalu dekat dengan wc,buatlah sumur dengan diameter 4inc,untuk mengantisipasi penurunan permukaan air pada musim kemarau,jika mesin tidak mampu nyedot dapat di ganti dengan pompa submersiblle yg lebih kuat. untuk cassingnya mengikuti kontur tanah, jika tanah di sekitar rumah mbak natalia ada resapan limbah, mintalah pada tukang untuk mengecor pada bagian samping pralon dengan semen,dan satu lagi mintalah perjanjian garansi. semoga dapat membatu.

  12. wijanto mengatakan:

    Yth,
    Dept Marketing

    Dengan Hormat,

    Kami di perkebunan karet memerlukan sumur bor dengan kedalaman 100 M.

    Dengan ini, kami minta penawaran sebagai berikut ;

    A. Harga termasuk submersible pump, pipa 2 complete.
    B Diperlukan rincian merek, qualitas pipa dan ketebalan

    di penawaran tersebut.

    lokasi kami :

    Pasir Langkap Desa Cicareuh,
    Kecamatan Cikidang,
    Kabupaten Sukabumi

    Demikianlah permintaan kami.

    Wijanto
    +62 819 268 5555
    E mail : kokotirtasana@yahoo.com

  13. tonos mengatakan:

    haturnuhun infonya .udah saya baca dan dapat info.untuk pembanding dg manual.hanya sayang spek paralon yg 4inch berapa buah ,yg 1 inch berapa buah tidak di sertakan

  14. charles de laon mengatakan:

    kami akan membuat sumur bor dgn kondisi tanah dgn batu kerikil kecil2. berapa biayanya?

    • NewsMaker mengatakan:

      Maaf saya bukan pemborong Sumur Bor, untuk lokasi yang normal biasanya kisaran 7-9 juta terima casing, kalau medannya lebih berat setahu saya biayanya pasti lebih, sebaiknya anda mencari info juga didaerah sekitar anda karna itu real info dan menjadi barometer.

  15. charles de laon mengatakan:

    mohon tanggapannya ya…

  16. Kiki Wiono mengatakan:

    Mas , apa artinya jasa pemngeboranya sampai mendapatkan sumber mata air yang cukup .

    Salam

  17. Iwan K mengatakan:

    Terima kasih atas kesempatan yg diberikan,,
    Saya ada rcn untuk merakit mesin sumur bor,, kira2 habis berapa ya pak biaya perakitan tsb,,??
    Mohon refrensinya utk mesin nya yg stdrt bagus pakai type dan merek apa..??
    Terimakasih
    Ikp

    • suhadi mengatakan:

      pak iwan k,, klo boleh saya minta alamat emeil bapak,, nanti akan tak kirim spek dan tipe mesin bor yang sering saya buat,yg sekarang sudah terjun di medan pemboran sumur,…

  18. ahli sumur bor dalam mengatakan:

    memang betul bos, fakta datas harus diperhatikan demi kerja yang maksimal

  19. setiyo mengatakan:

    salam kenal

    saya mau menyusun proposal pembuatan sumur bor, lokasi telah di lakukan geo- listrik, tinggal menusun RAB, apa bapk/ibu bisa membantu, terima kasih

    Salam
    Setiyo

  20. Daniel mengatakan:

    Mau tanya.. Untuk biaya pajak yang di kenakan untuk pembuatan sumur itu berapa.,?
    Terimakasih..

  21. Daniel mengatakan:

    Mau tanya pak.. Klo tentang biaya pajaknya itu berapa ya pak untuk pembuatan 1 sumur.. Atau ga di kenakan pajak..

  22. Alit Sutrisno mengatakan:

    punya referensi jasa pembuatan sumur bor mesin yg terpercaya/bagus utk daerah banung?terimakasih,saya tunggu kabarnya,terimakasih

  23. dadi riiswanto mengatakan:

    Bsa krm ke daerah kuningan ga?

  24. dadi riiswanto mengatakan:

    Maaf gan mau tnyya putaran gir box yg brpa ke brpa ya yg buat k dlman 20 mtr’ dn hrga gir box nya brpa gan htur nhun,!

  25. tri mengatakan:

    Saya sdh ada sumur bor tetapi air tidak banyak. Kalau kita mau diperdalam kira- kira berapa ongkos nya? Thnks.

  26. deni awaludin mengatakan:

    berapa harga pengeboran sumur popma per m’. rencananya pengboran sampai 50 m

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


Fokus Kegiatan Satriamadangkara

Dalam metode pembuatan pakan hay ialah dengan cara memotong rumput yang masih muda dan belum berbunga, potonglah rumput dilapangan atau tempat lain yang jauh dari   Read More ...

Cara pengembangbiakan kelinci. Untuk Syarat tergantung dari tujuan utama pemeliharaan kelinci adalah menentukan apa yang akan menjadi hasil nya, misal untuk tujuan jenis bulu maka   Read More ...

Pemilihan lokasi kandang Kelinci. Mengawali usaha dalam mengembangkan usaha beternak kelinci harus memperhatikan lingkungan yang akan dibuat sebagai rumah atau kandangnya.Usaha sampingan beternak kelinci tidak   Read More ...

Kelinci pedaging sebagai Usaha sampingan. Hal apa sih yang menguntungkan dari beternak kelinci pedaging, dan yang seperti apa kelinci pedaging itu, padahal kan semua kelinci   Read More ...

Peluang Bisnis menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru, apakah anda tertarik untuk mencobanya? pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi seputar Peluang Bisnis menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru   Read More ...

Beternak Belut atau Budidaya Belut merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi atas daging belut yang enak dan bergizi karena terbatasnya belut   Read More ...

Pada kesempatan ini saya akan membahas Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman berdasarkan pengamatan prilaku dari dua indukan ayam yang saya pelihara. Jika kita memelihara ayam   Read More ...

Jika kita memutuskan untuk beternak atau memelihara unggas apa pun jenisnya, kita wajib menyiapkan tempat tinggal atau kandang senyaman mungkin bagi ternak peliharaan kita dan   Read More ...

Buah Labu Kuning mungking anda pernah mendengarnya, atau bagi pembaca yang belum ada gambaran tentang Labu Kuning pasti anda pernah mendengar istilah barat dengan “Halloween   Read More ...

Apa sebenarnya perbedaan antara Budidaya dan Pelihara kenapa saya mengambil judul artikel “Pengalaman Budidaya dan Pelihara Ayam”. Menurut saya budidaya ayam adalah suatu proses kegiatan   Read More ...

Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Biasa.  Setiap produk benih jagung masis yang   Read More ...

Harga Bibit Jagung Manis Bonanza F1 dan Hibrida Jambore lumayan mahal dibandingkan dengan bibit jagung biasa atau non-manis. Seperti kita ketahui bahwa jagung manis selalu   Read More ...

Bisnis Budidaya Jagung Manis menjadi incaran saya menjelang pergantian tahun 2013 ke tahun 2014. Sekarang adalah tanggal 12 Oktober hampir mendekati pertengahan bulan, ini adalah   Read More ...

Bisnis Ayam Kampung Pedaging seperti apa bentuknya masih menjadi bayangan samar-samar memenuhi pikiran dan hayalan setiap saya merenung. Tidak tahu kenapa saya sangat tertarik ingin   Read More ...

Pengalaman Hidup lainnya

Menyiapkan Bahan Bangunan untuk...

Posted on Agu - 17 - 2013

1 Comment

Harga Motor Yamaha New...

Posted on Nov - 11 - 2011

11 Comments

Proses Memilih Bibit Pohon...

Posted on Okt - 25 - 2011

2 Comments

Memanen Cabai Rawit atau...

Posted on Sep - 9 - 2011

0 Comment

Potensi Kambing sebagai Peluang...

Posted on Jun - 24 - 2014

0 Comment

A d v e r t i s e m e n t s

Silahkan masukan email anda dan aktifkan, untuk mendapatkan info terbaru via email: