Alat-Sumur-Bor-Manual-fakta

Fakta tentang Sumur Bor Manual

Posted on
A d v e r t i s e m e n t

Adakah sobat yang ingin membuat sumur dimusim kemarau ini? Musim kemarau adalah saat yang tepat untuk menggali sumur. Alasannya adalah kita akan mendapatkan hasil yang terbaik yaitu kedalaman sumur yang maksimal karena penggalian akan mencapai titik sumber mata air yang mencukupi untuk kebutuhan air bersih ketika musim kemarau tiba.

Cara atau metode yang akan digunakan dalam proses penggalian sumur ada yang digali secara manual bisa baca disini artikel tentang Proses Pembuatan Sumur Gali atau mengunakan alat Bor manual maupun mesin.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cerita dan informasi seputar fakta pembuatan Sumur Bor Manual yang saya dapatkan dari pekerjanya langsung ketika mengerjakan di rumah tetangga sebelah rumah.

Sumur Bor Manual adalah proses pembuatan sumur menggunakan alat bor berbentuk pipa yang diputar oleh tenaga manusia, biasanya satu teamΒ  ada 3 orang ataulebih. Alat yang digunakan pun lumayan sederhana, antara lain :

  • Mata Bor sebuah pipa dengan diameter 3 inchi atau 4 inchi panjangnya sekitar 2 m ujungnya pipa kecil ukuran sekitar 1 inchi sebagai penyambung pipa batangan.
  • Pipa batangan kisaran ukuran 1 inchi panjangnya 6 m digunakan sebagai batang penyambung mata bor disesuaikan dengan kedalaman sumur.
  • Pipa silang perempatan digunakan sebagai pegangan untuk memutar pipa yang dihubungkan dengan mata bor dan biasanya diatasnya diberi beban karung yang berisi tanah dengan bobot sekitar 20 Kg.
  • Kunci Monyet hampir seperti kunci ingris digunakan untuk memegang pipa pada saat dilakukan penyambungan.

Biaya atau tarif yang dipatok untuk satu sumur dengan kedalaman kisaran 24 meter adalah 5 juta sampai 6 juta tergantung negosiasi dengan pemborongnya. Tetapi biasanya dalam akad perjanjian kedalaman tidak menjadi patokan didapatnya sumber mata air yang bagus adalah indikasi keberhasilan pengeboran ketika sudah melalui tes di sedot menggunakan pompa air minimal 4 jam tidak putus.

Mahal atau tidaknya pengeboran juga dipengaruhi oleh berapa besar diameter Pipa Casing yang akan di tanam dan berapa dalamnya, semakin besar dan dalam maka akan semakin mahal nilai yang ditawarkan pemborongnya.

Sebagian Fakta tentang Sumur Bor Manual yang saya ketahui berdasarkan pengamatan beberapa waktu lalu:

  • Harga paket Sumur Bor Manual tidak beda jauh dengan menggunakan mesin selisih antar 1-2 juta.
  • Pengerjaannya lumayan lama bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu bahkan bulan.
  • Jika menemui batu keras semacam batu granit pengeboran tidak bisa dilanjutkan dengan cara manual harus diselesaikan menggunakan mesin.
  • Rada kasian juga melihat pekerjanya yang seperti kerja rodi berbeda dengan pengerjaan sumur gali yang kelihatan santai.

Kesimpulannya, proses pengerjaan Sumur Bor Manual di rumah tetangga sebelah gagal dan menemui jalan buntu karena bertemu dengan batu granit. Sejak mata bor membentur batu tersebut sudah sekitar 6-7 kali dibawa ke bengkel untuk di las karena mata bor nya aus tergerus batu dan hasilnya tidak berubah hanya beberapa cm saja menembus batu nya akhirnya di hentikan dan akan dilanjutkan dengan bor mesin.

Gambar diatas adalah Mata Bor manual  dengan diamater pipa 3 inchi dan dibawahnya adalah bentuk kunci Monyet
Gambar diatas adalah Mata Bor manual dengan gerigi-gerigi yang di lapisi besi kuningan dengan diameter pipa 3 inchi dan dibawahnya adalah bentuk kunci Monyet yang digunakan pekerja.
Ini adalah besi ilang yang digunakan pekerja untuk memutar mata bor
Ini adalah besi silang yang digunakan pekerja untuk memutar mata bor
Fungsi Kunci Moyet untuk memegang Pipa saat penyambungan.
Fungsi Kunci Monyet untuk memegang Pipa saat penyambungan.
Aksi para pekerja memutar pipa dengan kekuatan penuh
Aksi para pekerja memutar pipa dengan kekuatan penuh

Itulah sekelumit informasi seputar fakta proses pembuatan sumur bor manual, apa yang saya lihat dan amati tentunya tidak dapat saya tuliskan semua disini. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan saja, saya akan bantu semampunya. Semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

29 thoughts on “Fakta tentang Sumur Bor Manual

  1. minta toling dikirimkan RAB lengkap untuk pembuatan sumur bor dengan cassing otomatis 6″, kedalaman kurang lebih 50 m untuk irigasi lahan

  2. 1.Cara menetukan kedalaman sumur bor ?
    2.saya baru memasang sumur bor 16 meter, tetapi air yg keluar tidak jernih, ada campuran warna putih. apa penyebabnya ?

    Thank’s

    Regards

  3. Pak, saya minta tolong cara anyam besi untuk Cor Duk dengan ukuran Lantai Duk 12m x 4m tebal 12cm, tinggi kolom penyangganya 2,75m. Tolong sekalian RABnya, terimakasih banyak.

  4. Mas,mohon wejangan neh..saya mau bikin sumur bor kedalaman 25m..baiknya pake jasa pengeboran manual or mesin??trus kr2 rincian biayanya brp ya??thanks infonya..slm kenal.. πŸ™‚

  5. Bang, saya mau tanya kalau buat sumur dgn kedalaman 25m berapa hari lamanya.
    Saya sudah buat sumur dgn kedalaman 25m hanya sehari sudah kelar, bener tidak ya kata pemborongnya kedalaman sekitar 25m.
    Terimakasih atas bantuanya.

  6. Bagi informasi dong mengenai sumur bor manual…sekitar 3 bln yg lalu saya buat sumur bor manual kdalaman skitar 25 m…air udah mengalir…tetapi sejak pembuatan awal 3 bulan lalu saya belum pernah coba lagi mngalirkan airnya…apakah ada kemungkinan tersumbat? Atau air akan tetap mengalir seperti awal dl?

  7. Bagi Bapak/Ibu yang memiliki masalah dengan Air Kami bisa membantu permasalahan Bapak/Ibu
    Kami Kontraktor Pengeboran CV. Dian Rahman, Yang berlokasi di Karawang, menerima jasa :

    – Sumur Artesis/Deep Well
    – Geolistrik, Electrical Well logging
    – Water Supply
    – Submersible Pump
    – JetPump

    Apabila membutuhkan jasa & Company Profile Kami.
    Silahkan Hub Kami :
    Telp : 081212804990
    jasaborsumur78@gmail.com
    Website : http://ngeborkarawang.blogspot.com

  8. Klo prinsip kerja sumur suntik gmn mas?
    Sumur gali di tempat saya digunakan utk 5 rumah, berarti 5 mesin.
    Di musim panas gini debitnya makin menurun.
    Apakah bisa diatasi dgn suntik sumur?
    Tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *