Di Tulis Oleh Harno, S.I.Kom. Jumat, 20 Januari, 2012

Cara Aman Belanja Online selalu dicari oleh Onliner pemula yang akan melakukan transaksi pembelian via online. Saya akan berbagi informasi dari pengalaman pribadi bagaimana Cara Aman Belanja Online dari Internet.  Harus kita sadari bahwa dalam dunia usaha baik  dunia nyata atau dunia maya, tidak akan terhindar dari kejahatan orang yang dengan sengaja berniat untuk memperdaya orang lain dengan menggunakan atau menghalalkan segala cara. Kita sebagai manusia biasa sering tergoda dengan hal-hal yang di luar nalar atau sesuatu yang sebenarnya tidak masuk akal bila kita menyediakan waktu sedikit untuk memikirkan dan merenungkan hal itu. Nalar kita sering sekali terkalahkan oleh nafsu yaitu dengan melakukan sesuatu secara terburu-buru (sifat terburu-buru lebih mendekatkan diri kepada syaiton) sehingga akal sehat kita pasif pada saat itu.

Cara Aman Belanja Online kuncinya adalah kesabaran, dalam arti kita tidak tergesa-gesa dalam memutuskan untuk melakukan transaksi membeli barang yang benar-benar membuat kita galau. Pengalaman pribadi saya membeli via online atau dari internet anatara lain :

A d v e r t i s e m e n t s


  • Cara Aman Belanja Online Pertama, di kaskus atau FJB (forum jual-beli), saya membeli Jam Tangan :

Pada saat itu saya melihat produk jam tangan dari Wall FB punya kawan, setelah saya telusuri ternyata lapak atau toko online itu berada pada forum jual-beli kaskus, kemudian saya pelajari dan membaca referensi dan testimoni dari beberapa pembeli sebelumnya (hati-hati testimoni bisa juga dibuat oleh pedaggangnya), untuk dikaskus track record atau prilaku bagi seller atau penjual juga diawasi oleh mimin (Mr Admin) dan juga momod (Mr Moderator) dari suatu postingan, jika seller sudah terpercaya akan mendapatkan “cendol” istilah bagi user yang baik dan bisa kita lihat pada bagian bawah nama user berwarna hijau.

Saya sempat melakukan kontak beberapa kali, menanyakan jenis barang, cara pembayaran dan proses pengiriman, setiap kontak selalu dibalas karena harga barang tidak seberapa saya menyetujui transaksi pengiriman via Bank Mandiri walaupun pernah ditawari juga menggunakan Rekber (rekening bersama). Setelah transaksi sesuai dengan penjelasan si penjual bahwa pengiriman barang sebelum jam 3 sore via tiki, artinya kita bisa meminta nomor pengiriman barang atau resi tiki dan mengeceknya via online. Setelah saya cek nomor resi cocok dengan nama tujuan barang barulah hati ini sedikit tenang, satu Cara Aman Belanja Online telah dipraktikan.

  • Cara Aman Belanja Online Kedua, disebuah Website www.tanahabang.asia, saya membeli baju :

Untuk belanja Online di sebuah website resmi yang menjual barang-barang khusus seperti fasion atau pakaian lebih bisa dipercaya. Cara yang sama saya lakukan hingga transaksi berakhir damai.

  • Cara Aman Belanja Online Ketiga, beli Handphone dari Facebook.com :

Maraknya kasus penipuan belanja online di facebook membuat saya lebih berhati-hati, kektika saya menginginkan sesuatu barang yang dijual via facebook saya mengeceknya berulang-ulang data-data dan informasi yang ada disana. Dan hal yang menurut saya penting adalah mencari orang  yang pernah bertransaksi dengan penjual via facebook tersebut. Akhirnya setelah bertanya-tanya saya mendapatkan orang yang pernah bertransaksi dengan penjual itu, untuk mempermudah transaksi saya meminta tolong orang tersebut untuk membelikan barang yang saya maksud. Dan transaksi ketiga via facebook aman.

  • Cara Aman Belanja Online Keempat, Beli jaket dan belanja boneka via facebook.com :

Setelah saya menerapkan beberapa metode diatas, saya memberanikan diri membeli sendiri dan melakukan transaksi hingga selesai sampai barang ditangan saya. Sampai saya bertanya anda bukan penipu kan? dia menjawab “bukan”, demi apa saya lanjutkan “Demi Allah dan Rasullnya” dia menjawab.

Cara Aman Belanja Online bisa coba anda praktekan karena belanja online lebih mudah dan efisien, kemudahannya berbanding sama dengan resikonya, maka tetaplah berhati-hati.

A d v e r t i s e m e n t s



Search Engine Keyword:

cara belanja online, cara aman belanja online, cara belanja online yang aman, cara berbelanja online, tips aman belanja online

46 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. bambang mengatakan:

    aman ga belanja di 3 web ini
    ni nama website nya: http://www.sakuraelektronika.com……http/://dewatashoping.com…….http://maharajaelektronik.com/

    sebab isinya sama tapi no hp nya beda

  2. laku.com mengatakan:

    gan kalo laku.com katanya bagus yahh,,,harganya murah dan aman katanya, pernah belanja di situ apa belum

  3. syarifudin mengatakan:

    Aman ngak saya berbelanja disitu gan

  4. dion mengatakan:

    bos, pngn beli hp ne…
    Aman ga ya melalui jualblackberrybm.com
    soal’y harga lumayan jg klu penipuan…
    Minta masukan’y…
    Tq

  5. embassy mengatakan:

    tambahkan sedikit saran dari kak,semoga berguna :)
    gunakan rekber atau escrow aja biar aman ,coba ajak seller menggunakan rekber atau escrow… tp perhatikan juga rekber nya yg benar2 sudah terpercaya,karena ada juga rekber yg sengaja di buat untuk menipu yaitu salah 1 nya adalah rekberkaskus.com <— rekber palsu..
    sebelum menggunakan rekber kenali dulu rekber nya ,cari tau apa rekber itu bisa di percaya atau tidak…
    karena seller palsu atau penipu juga bisa saja mengajukan rekber yg dia rekomendasikan ,akan tetapi rekber tersebut adalah rekber abal2..hahaha

    contoh kl belanja di kaskus bisa rekber yg sudah terpercaya biar aman…karena rekber" dikaskus hadir untuk keamanan berbelanja disana,tapi pintar2 lah memilih rekber sebelum belanja :)
    salah 1 rekber recomended di kaskus rekber nya piggybank
    nah itu untuk di kaskus..

    kl untuk belanja di luar kaskus maupun di kaskus atau di forum2 lain seperti FJB,berniaga,tokobagus,facebook atau website olshop lain nya bisa gunakan escrow..
    escrow itu adalah rekber yg telah dikembangkan menjadi sebuah perusahaan payment untuk jual/beli online,dlm arti kata lain escrow adalah rekber yg sudah resmi dan berbadan PT.
    escrow yg sedang booming di indonesia saat ini adalah inapay.com

  6. satugerai.com mengatakan:

    Untuk lebih aman. Pilih online shop yang menyediakan layanan COD atau bayar ditempat. ada barang ada uang. jadi tenang khan…

    • NewsMaker mengatakan:

      Jika hal itu dapat kita lakukan tentunya paling aman 100% aman, tetapi terkadang kita menginginkan barang tersebut namu jaraknya terlalu jauh untuk didatangi efektif dan efesien tentunya jika kita menggunakan transaksi online dan wajib Waspada… trims.

  7. fi mengatakan:

    gan , waktu Belanja Online
    Ketiga, beli Handphone dari Facebook.com
    nick fbnya itu apa ?
    Pgn beli hp tp takut kena tipu ato dapet barang BM

  8. terimaksih ya atas imformasi giman cara aman berbelanja di online,setelah saya membac artikel di atas,saya tidak takut lagi untuk berbelanja online,terimaksih ya imfonya..

  9. iyus mengatakan:

    apa barang2 yg ditawarkan di kaskus aman?

  10. Ari mengatakan:

    Bagi agan2 yang senang belanjar online dari luar negeri tapi bingung mau kirim pakai apa, kami bisa bantu untuk pengirimannya dan barang aman sampai tujuan. harga sdh all in

  11. Ari mengatakan:

    Impor dtd service (Borongan ), yang mau tanya2 silahkan masuk ke web kami.

  12. Ari mengatakan:

    Forwader terpercaya yang merupakan solusi pengiriman barang2 impor dtd dari berbagai negara tujuan indonesia (jakarta )

  13. MS mengatakan:

    Gan bener ?

  14. barang unik mengatakan:

    gan kalo belanja online harus tau tipsnya juga ya, betul kata agan, klo beli gadget mendingan offline aja.

    salah satu tips yg sering saya kasih tau ke teman2 adalah, minta bukti resi di webnya. karena itu membuktikan barang benar2 dikirim.

    untuk lebih jelasnya lihat
    farhanfh.com sebagai toko online terpercaya yg menjual barang unik dan lucu

    salam kenal ya

  15. sento mengatakan:

    aman dan terpercaya ga blanja di cahaya electronik.
    di website nya http://www.cahaya-electronik99.blogspot.com
    mohon ksih tw gan..

    • NewsMaker mengatakan:

      Saya baru tau webnya masbro, namun sekilas melihatnya cukup meragukan, pertama hosting websitenya gratisan alis blogspot, kedua harganya terlalu murah dan tidak wajar….pilih belanja di blibli dot com atau di lazada co id….lebih terpercaya. Trims.

  16. Tips yang bagus, ini sangat membantu bagi mereka yang akan berbelanja online, makasih

  17. hexters mengatakan:

    Pengalamannya sangat menbantu sekali untuk menjadi bahan Referensi gan. :-)

    Trimakasih ;-)

  18. modifmotor1 mengatakan:

    terima kasih pak untuk tips nya. sangat bermanfaat sekali, mengingat semakin meningkatnya transaksi belanja online di indonesia saat ini :)

  19. ricky mengatakan:

    kalau ditoko jelek gimana ngeceknya ya, ga ada referensi, ga ada rekam jejak, seperti setan tau tau nongol saja, pokoknya buat penipu, bersarang di situ paling nyaman …….

    • NewsMaker mengatakan:

      Ada kreteria baru toko online yang bisa dipercaya, karena pengalaman beberapa kali membeli via online yaitu mereka pasang iklan ditempat2 terpercaya semisal facebook atau google adword/adsense. Karena kita ketahui bersama beriklan disana tidak gratis dan membutuhkan syarat2 tertentu. semoga bisa menjadi referensi, pengetahuan anda tentang belanja online.

  20. hexters mengatakan:

    tipsnya sangat berguna…

  21. Rifky mengatakan:

    agan pernah order di facebook, minta link fb-nya dong gan ..

  22. Majuin mengatakan:

    Ya ini sangat membantu untuk para pembeli yang berbelanja online harus pilih-pilih toko online yang bisa dipercaya dan pelayanannya ramah, semoga dengan tips ini bisa memajukan dunia belanja online indonesia

  23. semangat malam masbro..
    apa pernah punya pengalaman belanja handphone dari luar negeri ?
    apa benar skrng ada larangan untuk impor HP walau cumn 1 pcs aja bro ?
    mohon infromasinya

  24. Wah, sharingnya…mantap bro, saya punya toko online nih, gimanapun service yang utama dan tentunya kwalitas produk sesuai dengan yang telah di omongin.

    Salam,
    Samira

  25. Abdus syukur mengatakan:

    Mas, kalau belanja di tokoone.com aman gk masbro?

  26. diabetes mengatakan:

    thanks gan soalnya saya baru mau pembelian

  27. dila mengatakan:

    Saya tertarik blanja on line dan bru mau mencoba,iklan d tTV tokopedia dan elevania,tp pas klik beli dan mengikuti langkahnya slalu sj terkendala oleh kolom masukkan nama agen kurirnslalu gagal dan ga bs d masukka hingga gagal,gmn yaaaa

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


Pengalaman Hidup lainnya

Membuat SIM secara Kolektif

Posted on Mar - 11 - 2013

2 Comments

Menebang Pohon Kelapa

Posted on Nov - 24 - 2011

0 Comment

A d v e r t i s e m e n t s

Silahkan masukan email anda dan aktifkan, untuk mendapatkan info terbaru via email:

Konsep Kandang Kambing...

Posted on Okt - 31 - 2014

0 Comment

Harga Kabel Rol atau...

Posted on Okt - 29 - 2014

0 Comment

Harga Tinta Printer Warna...

Posted on Okt - 29 - 2014

0 Comment

Cara Membuat Kue Bolu...

Posted on Okt - 27 - 2014

0 Comment

Mengenal Samsung GALAXY S...

Posted on Mar - 23 - 2013

0 Comment

Jasa Sewa atau Rental...

Posted on Sep - 2 - 2013

0 Comment

Beternak Kelinci sebagai Usaha...

Posted on Jun - 5 - 2014

0 Comment

Berburu Bibit Kayu Jati...

Posted on Mei - 3 - 2012

1 Comment

Jenis Bahan Kandang Kelinci

Posted on Jun - 9 - 2014

0 Comment