Waspadai Munculnya Penjahat Pulomas Kembali Di Lingkungan Sekitar

Masih ingat tragedi yang terjadi di Pulomas? Pembunuhan keji dan sadis itu terjadi di salah satu rumah mewah daerah Pulomas, Jakarta. Aksi para penjahat Pulomas telah menewaskan 6 orang yang merupakan penghuni dan juga pembantu rumah tersebut. Para warga sekitar mengutuk aksi kejam yang dilakukan oleh para penjahat dan mengharapkan hukuman seberat-beratnya. Warga juga menilai bahwa modus kejahatan sudah semakin meningkat.

Sampai para penjahat bisa dengan mudah menjalankan aksinya di tempat perumahan yang memiliki tingkat keamanan cukup tinggi. Adanya kejadian tersebut menjadikan masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan sekitar, meskipun dianggap berada pada tempat yang cukup aman. Oleh karena itu, masyarakat ada baiknya mengetahui solusi apa saja agar terhindar dari kejadian yang sama seperti di Pulomas.

Pemberdayaan Terhadap Komunitas Masyarakat Diperlukan

Agar tindak kejahatan di Pulomas tidak terjadi kembali, sebaiknya memang dilakukan pemberdayaan masyarakat baik di lingkungan RT maupun RW. Hal tersebut agar memberikan informasi lebih banyak mengenai tindak kejahatan apa saja yang paling meresahkan di sekitar, serta cara-cara mengatasi hal tersebut. Selain itu, tindakan pencegahan juga bisa dilakukan oleh para perangkat keamanan sekitar untuk melindungi warga di lingkungan tersebut.

Jangan lupa juga untuk menghubungi pihak polisi dengan segera agar kejahatan bisa teratasi tanpa harus jatuh korban lagi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan para masyarakat di lingkungan sekitar perumahan maupun lingkungan luar.

Pemasangan CCTV Juga Sangat Dibutuhkan

Pemasangan CCTV tidak hanya di area rumah saja. Namun juga, kamera CCTV perlu dipasang di setiap jalan untuk mengintai semua kegiatan warga sekitar. Penjahat Pulomas terjadi karena tidak adanya CCTV yang menangkap keanehan para penjahat saat menuju dan berada di luar dari rumah korban. Rumah korban memang dilengkapi CCTV, akan tetapi, pengawasannya masih kurang dan tidak terkontrol.

Dengan pemasangan CCTV di sepanjang jalan maupun area perumahan maka, akan ada beberapa pengawas yang mengetahui dengan baik hal-hal mencurigakan dan orang yang terkait di dalamnya. Hal tersebut diyakini dapat mengurangi angka kejahatan di Jakarta. CCTV yang dipasang akan dilengkapi dengan teknologi yang langsung terhubung ke sistem Pemerintah Daerah. Dengan begitu, para penjahat akan dengan mudah teridentifikasi dan mencegah terjadinya kejahatan.

LIHAT Juga :  7 Fakta Panama Papers, Kasus Penggelapan yang Menggemparkan Dunia Pajak

Peningkatan Interaksi Antar Warga Sangat Penting

Berada di lingkungan sosial Anda harus bisa berinteraksi dengan baik kepada warga sekitar. Interaksi antar warga bisa menyelamatkan dan membantu Anda di saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Perlunya peningkatan interaksi antar warga menjadi sangat penting untuk membuat suatu lingkungan yang aman dan sejahtera. Selain itu, interaksi warga juga mencegah terjadinya kejahatan yang langsung terjadi di lingkungan perumahan.

Cara paling mudah untuk meningkatkan interaksi antar warga adalah dengan mengadakan suatu kegiatan yang membutuhkan keterlibatan seluruh warga. Seperti, kerja bakti setiap hari minggu pagi, mengadakan perlombaan di acara-acara tertentu, serta kumpul mengadakan musyawarah demi keberlangsungan lingkungan. Dengan kegiatan tersebut akan semakin mempererat kerukunan antar warga dan meningkatkan interaksi lingkungan.

Perlunya Pengetahuan Pencegahan Kejahatan

Lingkungan warga membutuhkan suatu kegiatan atau acara mengenai cara pencegahan terhadap kejahatan di sekitar. Baik di lingkungan luar maupun sekitar perumahan. Pengetahuan tersebut sangat penting dimiliki oleh semua orang. Apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana cara meyakinkan para penjahat untuk tidak melakukan tindakan yang lebih ekstrim lagi. Pengetahuan tersebut bisa dilakukan dengan mendatangkan orang-orang yang terkait di bidang tersebut.

Pencegahan kejahatan tersebut bisa membantu seluruh warga dengan melakukan tindakan untuk diri sendiri maupun antar warga lainnya. Dengan bersikap dan bertindak waspada, para penjahat akan pikir berulang kali untuk bisa menyentuh atau bahkan melukai warga perumahan. Selain itu, para perangkat keamanan juga semakin berhati-hati penuh kewaspadaan dengan orang asing yang ingin masuk ke area perumahan.

Adanya tindak kejahatan dari para penjahat Pulomas mungkin tidak bisa mengembalikan nyawa para korban dan meninggalkan luka mendalam bagi keluarga terdekat. Namun, itu bisa menjadi pelajaran berharga agar tidak terulang kisah pahit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *