Surat Tanah Status SKT (Surat Keterangan)

A d v e r t i s e m e n t

Memang ada berbagai macam surat tanah yang perlu anda ketahui dengan baik termasuk Surat Keterangan Tanah (SKT). Setiap surat tentunya memiliki fungsinya masing-masing untuk proses jual beli tanah, sehingga harus dilengkapi dengan baik. Anda harus memastikan adanya kelengkapan surat-surat tersebut untuk mendapatkan tanah yang memang tidak akan membawa masalah seterusnya. Tentu dalam memilih tanah anda juga harus sangat teliti serta jangan mudah percaya jika tidak ada bukti tertulis.

Mengenal Surat Keterangan Tanah Untuk Anda Miliki

Pada dasarnya tidak ada kewajiban untuk mengurus surat keterangan tanah (SKT), tetapi informasi di dalamnya memang mencantumkan berbagai hal penting tentang tanah yang dimiliki. Sehingga akan ada saatnya surat keterangan tersebut akan berfungsi dengan baik karena adanya berbagai informasi penting tertera di dalamnya. Surat keterangan ini bisa diperoleh dari kelurahan setempat karena merekalah yang berhak untuk menerbitkan surat tersebut. Tentu anda hanya tinggal berkunjung ke kantor keluarahan dan menyampaikan kebutuhan untuk membuat SKT (Surat Keterangan Tanah).

A d v e r t i s e m e n t

Berikut beberapa poin penting yang harus ada dalam SKT (Surat Keterangan Tanah) :

  • Nama pemilik tanah harus tertera jelas dan benar, jangan sampai ada kekeliruan dalam pengenaln identitas pemilik tanah tersebut

  • Lokasi dan keterangan detail mengenai tanah tersebut. Sehingga juga akan jadi informasi yang penting ketika anda akan menjual tanah pada para pembelinya sebagai bahan pertimbangan

  • Harus ada saksi-saksi yang sudah meneliti dan memeriksa adanya kelengkapan beberapa persyaratan sebelumnya dituliskan dengan baik dan benar

Adanya informasi yang tepat dan jelas dari sebuah tanah bahkan termasuk sampai ke perbatasan di setiap penjurunya, maka akna memudahkan dalam mengenalinya. Berbagai keuntungan bisa didapatkan dengan pembuatan surat ini, apalagi proses pembuatannya tidaklah sulit untuk dilakukan. Sehingga anda tidak perlu keluar banyak uang atau menunggu terlalu lama untuk bisa mengurus SKT (Surat Keterangan Tanah).

Kedudukan SKT (Surat Keterangan Tanah) yang Sesuai Prosedur

Berkaitan dengan pemerintahan atau surat resmi sudah tentu anda harus mengikuti prosedur yang ada. Sehingga pengetahuan mengenai bagaimana prosedur yang memang harus dilalui untuk mendapatkan surat tersebut sangat penting untuk dipahami.  Jangan sampai anda melakukannya secara sembarangan dan akhirnya bermasalah di tengah-tengah.

Saat ini SKT ini dikenal dengan SPT (Surat Pernyataan Tanah) sehingga anda jangan bingung ketika mendengar istilah tersebut. Sebenarnya SKT ini adalah surat kepemilikan tanah di bawah sertifikat. Sehingga memang ada baiknya jika anda memiliki keduanya sebagai langkah jaga-jaga jika diperlukan. Bahkan untuk mengurus surat lainnya terkadang juga dibutuhkan SKT ini sebagai dokumen pelengkapnya.

Anda bisa merasa tenang karena sampai saat ini untuk surat keterangan tanah atau surat pernyataan tanah tidak memiliki jangka waktu masa berlaku. Sehingga kapanpun pembuatan SKT nya jika anda ingin mengurus sertifikat tanah maka masih bisa digunakan. Namun terkadang yang menjadi kendala adalah justru pemilik tanah yang bingung dengan lokasi tanahnya. Kondisi ini disebabkan oleh adanya tangan jahil yang memindahkan patokan tanah sehingga membuat bingung pemiliknya.

Solusi yang paling tepat dilakukan adalah dengan melakukan pengukuran dan pengecekan ulang untuk memastikan ketepatan lokasi tanah tersebut. Memang akan sedikit merepotkan tetapi jika memang akan lebih aman maka sebaiknya dilakukan saja. Sehingga anda akan mendapatkan data dan patokan tanah yang jelas dan tepat serta dicantumkan dalam SKT tanpa perkiraan.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *