Sistem Pengaman Tambahan pada Motor Byson

Posted on

Sistem Pengaman Tambahan pada Motor Byson yang telah ku pasangkan cara kerjanya cukup unik dan hal ini juga baru saja ku ketahui. Intinya Sistem Pengaman Tambahan pada Motor Byson yang kupasang adalah alat pemutus arus, tetapi cara kerjanya agak beda dengan yang biasanya aku ketahui yaitu hanya dipasang saklar dibawah jok motor dan memutus habis arus yang ada. Saya putuskan menggunakan alat ini ketika kemarin gagal mendapatkan sistem alarm type-R yang diincar. Atas ide dan rekomendasi Hendi (adik ipar) yang bekerja disebuah dealer motor besar dan demo alat tersebut yang dia pasangkan di motor yang berkapasitas 220 cc melihat cara kerjanya yang cukup unik serta harga nya cukup murah akhirnya proses pembelian, perakitan dan pemasangan kuserahkan padanya.

Cara kerja Sistem Pengaman Tambahan pada Motor Byson yang kupasang begini alurnya :

A d v e r t i s e m e n t

Jika kunci kontak dalam keadaan hidup atau ON semua indikator hidup seperti biasanya, yaitu lampu depan dan panel spidometer kecuali lampu indikator yang biasanya menyala merah. Setelah kontak dalam posisi ON maka motor di starter atau di engkol tidak bisa langsung hidup, masih ada dua langkah lagi yang harus dilakukan hasil dari proses pemasangan Sistem Pengaman Tambahan pada Motor Byson ini. Dua langkah tersebut adalah menghidupkan salah satu lampu sen dan menyentuh salah satu logam (biasanya baut) hingga membuat alat pemutus terhubung secara otomatis. Indikatornya adalah lampu pada panel spidometer yang berwarna merah hidup atau berkedip (hidup terus mati), maka motor bisa langsung distarter atau di engkol.

Proses Pemasangan Sistem Pengaman Tambahan pada Byson
Proses Pemasangan Sistem Pengaman Tambahan pada Motor Byson

Alat apa saja yang dibutuhkan dalam proses pemasangan Sistem Pengaman Tambahan pada Motor Byson ini antara lain :

  1. Kabel dua warna secukupnya, diutamakan kabel yang bagus.
  2. Dua buah resistor
  3. Dua buah dioda
  4. Satu buah Alat pemutus arus otomatis (lupa nama aslinya).

Harga satu set peralatan untuk pemasangan Sistem Pengaman Tambahan pada Motor Byson diatas menurut adik saya hanya Rp 30.000,- belum termasung ongkos merakit alat dan pemasangan.

Sistem Pengaman Tambahan pada Byson, pada gambar yang saya tandai itulah alat pemutus arus otomatis, cukup disentuh akan menyambung secara otomatis.
Sistem Pengaman Tambahan pada Motor Byson, pada gambar yang saya tandai itulah alat pemutus arus otomatis, cukup disentuh akan menyambung secara otomatis.
Sistem Pengaman Tambahan pada Byson, proses merapihkan kabel di ikutkan dengan instalasi kabel yang sudah ada, sehingga rapih dan tidak kelihatan sama sekali.
Sistem Pengaman Tambahan pada Motor Byson, proses merapihkan kabel di ikutkan dengan instalasi kabel yang sudah ada, sehingga rapih dan tidak kelihatan sama sekali.

Sistem Pengaman Tambahan pada Motor Byson yang sudah kupasang bukan satu-satunya masih ku tambah gembok jika parkir walaupun parkir disamping pos satpam dan rencananya masih mau pasang alarm. Hati-hati dan waspada saja, pesan komandan satpam Universitas Lampung Motor Byson adalah incaran Favorit maling motor. Waspada kawan, semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

pengaman motor, Cara pasang alarm motor byson, Cara pasang alarm di motor Byson, https://satriamadangkara com/sistem-pengaman-tambahan-pada-motor-byson/, ganti kunci kontak byson

4 thoughts on “Sistem Pengaman Tambahan pada Motor Byson

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *