Rahasia Cara Kerja Gerbang Pagar Buka – Tutup secara Otomatis

Posted on
A d v e r t i s e m e n t

Pada kesempatan yang lalu saya mengunjugi seorang kawan ditempat kerjanya pada anak perusahan Japfa yaitu PT. Multi Breeder Adirama Indonesia Tbk. kantor wilayah Lampung. Kisah pertemanan saya cukup unik, beliau adalah seorang Security atau Satpam diperusahaan tersebut, halĀ  itu saya ketahui setelah cukup lama beliau menjadi Instruktur Fitnes saya di “Andre Fitnes” UBL.

Selain menjadi instruktur fitnes teryata dia cukup piawai dalam hal potong-metong rambut, kedatangan saya waktu itu adalah silaturahmi rutin sambil potong rambut. Lokasi ritual potong rambut sangat fleksible kadang dirumahnya, ditempat fitnes atau ditempat kerjanya POS Satpam perusahaan tersebut.

Ada yang beda saat saya disambut digerbang perusahaan yang baru yaitu Gerbang pagar bisa buka – tutup secara otomatis beda dengan gerbang yang dulu waktu terakhir kali berkunung kesana.

Inilah hal yang saya amati tentang Rahasia Cara Kerja Gerbang Pagar Buka – Tutup secara Otomatis. Disana saya lihat ada dua gerbang pagar yaitu satu untuk masuk kendaraan dan satunya untuk keluar kendaraan. Kedua gerbang tersebut dipasang diatas landasan rel seperti rantai sepeda namun besar dan pipih sepertinya khusus untuk gerbang pagar otomatis.

Disetiap gerbang pagar terpasang sebuah mesin dinamo besar terlihat seperti mesin ponpa air dan saklarnya berada didalam POS satpam disana ada dua tombol untuk buka dan tutup. Kemudian diujung gerbang (setelah gerbang terbuka penuh) terpasang sebuah plat pemutus arus jika plat tersebut menempel pada besi gerbang yang ditonjolkan maka otomatis arus terputus dan gerbang berhenti bergerak.

Jadi ketika “tombol buka” ditekan maka perlahan-lahan gerbang akan terbuka sampai penuh, setelah komponen pemutus arus bertemuĀ  maka gerbang akan berhenti bergerak, tetapi jika komponen pemutus arus tersebut tidak bekerja dengan baik maka mesin tidak akan mati dan terjadi tekanan yang keras yang berakibat dapat merusak komponen lainnya.

Inilah dokumentasi yang sempat saya abadikan .

Inilah Gebang Masuk Perusahan Japfa, ada dua pintu untuk masuk dan keluar.
Inilah Gebang Masuk Perusahan Japfa, ada dua pintu untuk masuk dan keluar.
Gambar sebelah kiri terlihat ada 2 kotak kontrol dan satu kotak berisi dua tombol dan gambar sebelah kanan adalah rel landasan gerbang pagar.
Gambar sebelah kiri terlihat ada 2 kotak kontrol dan satu kotak berisi dua tombol dan gambar sebelah kanan adalah rel landasan gerbang pagar.
Pada gambar yang ditunjuk adalah plat pemutus arus dibagian ujung gerbang dan dibawahnya adalah mesin dinamo penggerak
Pada gambar yang ditunjuk adalah plat pemutus arus dibagian ujung gerbang dan dibawahnya adalah mesin dinamo sebagai tenaga penggerak

Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan hasil silaturahmi, apakah anda berniat menerapkan konsep diatas pada Gerbang Pagar rumah anda, Silahkan di coba dan semoga ini bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

7 thoughts on “Rahasia Cara Kerja Gerbang Pagar Buka – Tutup secara Otomatis

  1. apa yang menggerakkan pintu otomatis tersebut dan jika menggunakan roda gigi berapa rasio nya. mohon penjelasan nya

  2. ada g teori-teori lengkap tentang pintu gerbang otomatis seperti yang Anda katakan di atas-untuk keprluan tugas akhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *