Prospek Usaha Toko Kelontong
Prospek Usaha Toko Kelontong

Prospek Usaha Toko Kelontong

Posted on
A d v e r t i s e m e n t

Prospek usaha toko kelontong terlihat cukup cerah bagi ibu rumah tangga biasa. Mengingat kian melonjak jumlah penduduk di sekitar kita, utamanya untuk wilayah padat penduduk atau pinggiran kota. Hal ini cukup realistis, semakin banyak konsumen di sekitar kita dan hampir seluruhnya tertarget, maka semakin besar kesempatan untuk mendulang rejeki melalui usaha toko kelontong. Bagi Anda para ibu rumah tangga yang kini belum juga mendapatkan profesi utama, mungkin bisa mencoba bisnis toko kelontong. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan memang, namun semuanya akan mudah terlaksana apabila ada niat dan tekad mencari rejeki melalui usaha toko kelontong.

Prospek Usaha Toko Kelontong

Prospek Usaha Toko Kelontong
Prospek Usaha Toko Kelontong

Modal utama untuk menjalankan usaha toko kelontong adalah keramahtamahan serta ketekunan. Selebihnya, tentu kita tahu bahwa modal paling fundamental untuk membuka usaha adalah uang. Namun daripada itu, memang perlu kolaborasi antara teknis dengan naluri. Yakni uang dengan sikap, maka secara tidak langsung dan lama-kelamaan bakal terwujud bagaimana hasil usaha yang selama ini kita lakukan. Apalagi untuk menjalankan bisnis ini tidak dibutuhkan keahlian khusus. Hanya sikap tadi yang perlu ditekankan, ramah dan tekun.

Toko jenis ini dapat dengan mudah diakses sebab masih bersifat lokal. Akan lebih efektif menjaring konsumen apabila lokasi toko cukup strategis, yaitu berada di pinggir jalan ramai atau perumahan padat penduduk di perkotaan. Selain itu, kebanyakan masih bersifat tradisional dan konvensional, yaitu pembeli tidak diperbolehkan mengambil barangnya sendiri.

Peluang usaha toko kelontong cukup prospektif seiring meningkatnya kebutuhan pokok seperti sembako, jenis barang-barang pokok, kebutuhan rumah tangga dan sebagainya. Untuk itu dapat dianalisa sasaran utama bisnis ini adalah ibu ruamh tangga, ataupun anggota keluarga di seputar lokasi usaha kelontong yang didirikan.

Untuk membuka usaha toko kelontong dibutuhkan tempat khusus berupa etalase dan rak tempat memajang barang dagangan. Besarnya disesuaikan dengan banyaknya jenis barang dagangan yang ditawarkan kepada pembeli. Ini tentu dipengaruhi oleh besarnya modal usaha yang digelontorkan untuk mengambil peluang usaha toko kelontong sebagai profesi utama ibu rumah tangga di rumah.

Usaha Toko Kelontong Butuh Manajemen

Manajemen memang tak sekedar diperuntunkan bagi perusahaan besar saja, namun juga untuk usaha kecil tak terkecuali usaha toko kelontong. Dibutuhkan kejelian bagi sang pelaku bisnis untuk membuat daftar khusus guna mencatat hal-hal penting seputar usaha toko kelontong yang tengah dijalankan. Seperti misalnya, awal membuka usaha toko kelontong diwajibkan mengurus manajemen pembelian barang-barang yang akan dijual kepada konsumen. Serta manajemen-manajemen lain yang mungkin akan kita bahas untuk artikel-artikel selanjutnya. Terima kasih telah menyempatkan waktu membaca bahasan kami mengenai prospek usaha toko kelontong.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

One thought on “Prospek Usaha Toko Kelontong

  1. selamat pagi
    saya buka toko kelontong cuma ukuran toko kisaran 2,5×3 m
    sya sudah buka dari tahun 2013 yang jadi pertanyaan adalah sy bingung dengan perilaku rekanan dagang saya selalu mengintip usaha yang saya jalankan masalahnya sepele rekanan toko hanya sebelahan kisaran 20 meter dari rumah mereka usaha toko sudah cukup lama kurang lebih 10tahun karena usaha saya hanya mengambil keuntungan cuma hanya beberapa persen saja dalam setiap pics produk yg dijual emang sy akui dalam setiap belanja sy mengambil 1 dust karton diagen jadinya saya jual harga berbeda dengan harga dipasaran sehingga pelanggan rekanan saya beralih ke toko saya pertanyaan kenapa rekanan tiba-tiba jadi acuh sama saya padahal sebelumnya welcome, timbul perang dingin pediem-diem saya anggap iklim bisnis jadi engga kondusif terus terang saya heran emang sy akui mereka belajar dari pengalaman kalau saya mempelajari dari waktu kuliah s1 ekonomi lulusan 2003
    sy minta pencerahan solusi apa sajakah harus sy lakukan yang terbaik bermitra dengan rekan pedagang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *