Proses Pekerjaan Pengecoran Kolom Tiang

Posted on

Proses Pekerjaan Pengecoran Kolom Tiang adalah tahapan yang paling menentukan kualitas dari kolom tiang beton yang berfungsi sebagai  penopang baban bangunan diatasnya.

Kemudian kesempurnaan bentuk dari kolom tiang beton karena jika pada saat Proses Pekerjaan Pengecoran Kolom Tiang dilakukan kepadatan adukan cor tidak merata maka hasilnya adalah kolom tiang beton yang bolong-bolong atau keropos, hal ini tentunya akan mengurangi nilai kekeuatan kolom tiang beton tersebut .

A d v e r t i s e m e n t

Apa penyebap adukan coran beton tidak merata pada Proses Pekerjaan Pengecoran Kolom Tiang antara lain :

  1. Pekerja kurang teliti dalam memadatkan atau meratakan adukan cor beton saat dituang dalam cetakan, biasanya mereka menggunakan besi panjang untuk memadatkan atau meratakan adukan yang telah dituang.
  2. Adukan terlalu pekat atau kurang encer, sehingga susah dipadatkan atau diratakan.
  3. Agregat capuran adukan tidak proposional dalam hal ini bahan material batu split yang digunakan ukurannya terlalu besar sehingga saat adukan dituang dalam cetakan menyangkut pada besi kerangka menyebapkan rongga dibawahnya.

Proses Pekerjaan Pengecoran Kolom Tiang  dilakukan oleh minimal 2 orang pekerja, namun sebaiknya ada 3- 4 pekerja karena biasanya tinggi kolom tiang beton yang dicor lebih dari 4 m. Itu artinya ada pembagian pekerjaan yang proposional sebagai contoh :

  1. Pekerja sebagai penyedia adukan coran beton bertugas mencapurkan bahan material semen, pasir dan batu split dengan air secukupnya biasanya dilakukan oleh 2 orang.
  2. Pengatar adukan bertugas mengantarkan adukan siap cor dengan menggunakan ember plastik.
  3. Penuang adukan dan pemadat adukan bertugas menuangkan adukan kedalam cetakan/mal kolom tiang beton kemudian memadatkan atau meratakannya.

Pada saat Proses Pekerjaan Pengecoran Kolom Tiang berjalan para pekerja harus tetap memperhatikan keseluruhan cetakan/mal kolom beton apakah ada perubahan atau tidak. Bisa saja karena beban terlalu berat cetakan/mal kolom beton yang sudah dibuat dengan pengikat kayu kasau dan kawat beton mengembung karena papan cor yang digunakan kurang bagus sehingga perlu penanganan cepat menambahkan ikatan kawat beton lagi.

Proses Pekerjaan Pengecoran Kolom Tiang
Proses Pekerjaan Pengecoran Kolom Tiang saat akan dimulai
Proses Pekerjaan Pengecoran Kolom Tiang
Proses Pekerjaan Pengecoran Kolom Tiang dengan menggunaka steger atau tangga untuk pekerja penuang adukan cor beton berdiri

Setelah Proses Pekerjaan Pengecoran Kolom Tiang selesai, cetakan/mal kom beton bisa dibuka minimal 3 hari dan lebih baik jika seminggu hingga kolom beton benar-benar keras. Semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

pengecoran kolom, cara pengecoran tiang, bagaimana cara pemadatan beton pada pengecoran kolom, pekerjaan pengecoran, pengecoran kolom yang benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *