Pompa Air Terbaik Untuk Sumur Bor

A d v e r t i s e m e n t

Pompa air merupakan salah satu alat yang penting dan banyak dimanfaatkan untuk rumah tangga, fungsi dari pompa air sendiri adalah untuk menarik air dari dalam tanah menuju ke permukaan, biasanya peletakan pompa air ini sendiri berada di dalam rumah atau luar rumah, untuk selangnya sendiri berada di dalam sumur baik sumur bor atau jenis sumur lain pada umumnya. Nah di artikel kali ini kita akan sedikit mengulas beberapa informasi yang berhubungan dengan jenis pompa air terbaik untuk semur bor, karena sampai saat ini masih banyak masyarakat yang kecewa dalam memilih pompa air yang sama sekali tidak memberikan kinerja yang optimal. Langsung saja kita simak penjelasannya dibawah ini.

Pompa Air Terbaik Untuk Sumur Bor
Pompa Air Terbaik Untuk Sumur Bor

Bagaimana cara memilih pompa air yang bagus ?

  • Melihat Dari Kedalaman Air

Hal pertama yang harus anda perhitungkan sebelum memilih jenis pompa air adalah dengan memperhitungkan ke dalaman air di sumur sebelum pemasangan pompa terlebih dahulu, tidak banyak orang yang tahu bahwa ke dalaman air menjadi masalah pertama ketika pompa di pasang tidak menunjukkan fungsinya dengan baik. Kedalaman sumur yang baik sekitar 10-12 meter dengan tinggi air sekitar 3 meter, itupun kalau di waktu musim penghujan, jika di musim ke marau maka bisa jadi hanya 1-2 meter saja. Usahakan untuk membenamkan paralon atau saluran air jangan terlalu nempel ke dasar sumur namun tetap menggantung dengan jarak sekitar 20 cm dari dasar sumur.

A d v e r t i s e m e n t
  • Pemilihan Jenis Pompa

Dalam memilih jenis pompa sendiri juga harus disesuaikan dengan kedalaman sumur bor yang anda buat, untuk sumur bor dengan kedalaman sekitar 7 meter maka bisa menggunakan pompa pum semi dangkal, jenis pompa ini akan lebih mudah menarik air dari kedalaman 7 meter, sedangkan untuk sumur bor dengan ke dalaman lebih dari 7 meter bisa menggunakan jenis pompa mesin jet. Pompa jenis ini akan mudah menarik air dari dasar sumur ke permukaan.

  • Spesifikasi, Voltase dan Daya Hisap

Terakhir adalah mengenai spesifikasi dari pompa air tersebut, kebanyakan produsen akan menjelaskan bahwa kedalaman hisap akan jauh lebih baik dari yang tertulis pada spesifikasi, jelas hal ini tidak efektif untuk mendapatkan jumlah air dengan kapasitas yang besar. Paling tidak idealnya 7 meter, sedangkan voltasenya sendiri bisa disesuaikan dengan rumah anda.

Jenis Pompa Air Yang Bagus Untuk Sumur Bor

  • Merk Sanyo

Pompa satu ini adalah pompa air legendaris yang sudah sangat lama masuk di Indonesia, kekuatan dan daya hisapnya tentu tidak boleh diragukan lagi, banyak perumahan dan apartemen/hotel yang menggunakan jenis pompa air satu ini.

  • Shimizu

Jenis pompa air kedua yang cukup kuat dengan daya hisap yang cepat adalah Shimizu, produk asal Jepang dan dirakit di daerah Tangerang, Indonesia ini memiliki spesifikasi yang juga cukup unggul.

  • Uchida

Jenis pompa yang di buat sejak tahun 1997 ini cukup bagus untuk dipasang di rumah, kekuatan dan daya hisapnya jangan disepelekan. Harga yang ditawarkan jelas cukup terjangkau dan cocok untuk jenis sumur apapun.

  • GrundFos

Jenis pompa air satu ini memang memiliki harga mahal, namun untuk masalah kekuatan dan kualitas jangan diragukan lagi.

  • Panasonic

Selain memproduksi barang-barang elektronik lainnya, panasonic juga memproduksi pompa air dengan kualitas yang unggul, walaupun harganya cukup mahal, tetapi masalah kekuatan dan kualitas juga baik.

Nah itulah pembahasan mengenai macam-macam jenis pompa air yang bagus untuk sumur bor. Terimakasih.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *