Persiapan Usaha Budidaya Kroto

A d v e r t i s e m e n t

Budidaya Kroto adalah peluang usaha yang prospeknya sangat cerah, itulah alasan saya ingin mencoba usaha ini. Setelah membaca berbagai referensi dan melihat berbagai tutorial video di youtube saya memulai Persiapan Usaha Budidaya Kroto dengan sungguh-sungguh.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah membuat rumahan atau kandang tersendiri untuk memulai usaha budidaya kroto. Rumahan atau kandang tersebut saya bangung dilokasi yang tidak jauh dengan rumah dan ditempat yang sepi menggunakan bahan-bahan yang mudah dan murah disekitar lingkungan.

A d v e r t i s e m e n t

Kerangka bangunan kandang tersebut dari bambu kuning, kemudian didinding juga dari bambu dan atap nya  dari daun ilalang kering yang dirakit biasa kami sebut welit. Bambu-bambu dikaitkan dengan paku dan diperkuat dengan tali kawat.

Khusus untuk atap saya memelih welit karena membuat susana adem alias nyaman, berbeda jika kita menggunakan atap asbes atau seng disamping panas juga mahal. Pada awalnya saya mencoba merakit sendiri rumput ilalang yang saya ambil dan keringkan terlebih dahulu, namun seiring berjalannya waktu merasa bosan sendiri dan akhirnya beli dengan harga 3000 per lembar.

Untuk sebagian dinding pun saya menggunakan baner bekas, karena boros juga kalau harus menggunakan bambu semua. Setelah kandang atau rumahan siap kemudian saya membuat rak kayu dengan pelapis triplek untuk meletakan media sarang buatan semut rangrang dengan menggunakan botol bekas air mineral dan toples bekas permen dari warung nenek.

Setelah kandang dan media siap, langkah terakhir adalah mencari bibit semut rangrang di alam liar. Sengaja saya tidak beli indukan karena sampai saat ini belum ada info penjual bibit semut rangrang di daerah saya. Bukan hal mudah mencari sarang semut rangrang di alam liar ditempat yang mudah ngambilnya.

Dengan tidak sengaja saya menemukan sarang semut rangrang dipohon yang tidak terlalu tinggi ditengah median jalan dua jalur kampus Unila, sesuai petunjuk star jam 6 pagi pada hari libur dengan peralatan lengkap saya mengambil sarang yang penuh dengan semut rangrang.

Itulah sekelumit cerita Persiapan Usaha Budidaya Kroto yang saya lakukan.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

6 thoughts on “Persiapan Usaha Budidaya Kroto

    1. Budidaya semur rang-rang tanpa ratu sebenarnya tidak masalah, karena berdasarkan pengalaman saya…semut rang-rang tanpa ratu akan bertelur juga bahkan bertelur dan menghasilkan ratu semut rang-rang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *