Persiapan Lahan Jagung Samping Rumah

Posted on

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman tentang Persiapan Lahan Jagung Samping Rumah. Bertani adalah salah satu hobi saya, hobi ini ternyata berhasil 100% menggantikan kegemaran olah raga nge-gym yang dulu rutin dilakukan pengganti waktu luang. Karena hanya hobi maka hampir 99 % semuanya saya lakukan sendiri kecuali ada alat yang harus terpaksa dipinjam atau diupahkan pengerjaannya.

Teknis Persiapan Lahan Jagung Samping Rumah adalah secara TOT (Tanpa Olah Tanah) apa yang saya lakukan terlihat pada gambar itu  bukan mengolah tanah hanya mengatur tempatnya saja supaya mudah pemeliharaanya.

A d v e r t i s e m e n t

Langkah Awal Pengerjaan

Lahan yang penuh dengan semak belukar sebaiknya dibersihkan dengan dibabat, pada saat itu saya membayar pekerja taman tata kota sebagai sampingan untuk membabat semak belukar dengan mesin babat.

Setelah dibabat dan rumput kering sebaiknya dibakar dan rumput bekas babatan yang mulai tumbuh disemprot dengan obat rumput pada saat itu saya pakai merek obat gramason sebutan nya. Satu hari rumput langsung layu dan kering karena kedasyatan obat tersebut.

Langkah Berikutnya

Secara umum lahan sudah kelihatan bersih namun untuk mempermudah penanaman dan pemeliharaan jagung lahan saya atur sedemikian rupa antara lain :

  1. Untuk membuat garis lurus saya menggunakan tali rapia atau tali plastik dengan jarak atar baris 80 cm.
  2. Setaip barisan saya bersihkan dari rumput dan daun kering supaya mudah saat penanaman dan pemeliharaan awal.

Proses Persiapan Lahan Jagung Samping Rumah sudah selesai seperti terlihat dalam gambar.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

mempersiapkan lahan jagung, olah lahan jagung

One thought on “Persiapan Lahan Jagung Samping Rumah

  1. Waktu saya bertugas di Timor Timur dari th 1980 sampai Agustus 1999, setahun sekali di musim hujan saya menanam jagung didepan rumah dan samping rumah. saya namam jagung sebagaimana orang Timtim menanam, lahan dibakar semak belukarnya, lantas ditanami begitu saja, hasilnya baik. Kenapa nanam jagung tanpa diolah tanahnya, tanpa pupuk hasilnya juga bisa baik? apakah sisa pembakaran itu bermanfaat bagi kesuburan tanah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *