Perjanjian Dalam Pembuatan Sumur Bor Atau Sumur Gali

A d v e r t i s e m e n t

Saat anda mempunyai sebuah hunian baru, maka tentu saja anda akan memerlukan air. Anda bisa mendapatkan air baik melalui PDAM maupun membuat sumber mata air sendiri yakni dengan membuat sumur. Dalam membuat sumur, di Indonesia sendiri ada dua jenis, yakni yang pertama ialah sumur bor dan juga yang kedua adalah sumur gali.

Pada pembuatan sumur bor yang notabene memerlukan waktu yang relatif lebih singkat dan juga tidak memakan tuang yang besar, pada kenyataannya justru memerlukan biaya yang relatif lebih besar daripada pembuatan sumur gali. Namun membuat sumur gali bukan melulu memerlukan biaya yang lebih murah, justru biaya yang dikeluarkan juga sama besarnya jika kontur tanah yang dimiliki banyak mengandung bebatuan, sehingga dalam pengerjaan nya akan lebih memerlukan waktu yang lebih lama lagi untuk bisa menyelesaikan sumur tersebut.

A d v e r t i s e m e n t

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Gali

Membuat sumur gali tentu saja mempunyai kelebihan sendiri, seperti misalnya saja diameter dari lubang sumur akan lebih besar. Pastinya anda semua juga mengetahui bahwa diameter dari lubang sumur gali akan relatif lebih besar jika dibandingkan dengan membuat sumur bor. Dengan demikian, adanya diameter yang lebih besar tersebut akan membuat daya tampung air dari sumur galian akan lebih besar jika dibandingkan dengan sumur bor. Sehingga secara otomatis juga membuat sumur galian tidak akan memerlukan kedalaman sumur yang dalam. Kelebihan lainnya ialah mudahnya memperdalam sumur, karena diameter sumur galian tersebut lebih besar, maka akan lebih mudah untuk anda jika ingin membuat sumur tersebut lebih dalam lagi.

Namun dibalik kelebihan yang dimiliki ternyata ada juga kekurangannya seperti misalnya saja karena diameter sumur yang relatif lebih besar, maka akan lebih memakan tempat. Selain itu biaya untuk perawatannya juga lebih mahal. Bukan hanya itu saja, karena sumur gali berdiameter cukup besar dan ada celah – celah di bus betonnya, maka akan lebih mudah tercemar. Sehingga anda harus membuat sumur galian jauh dari limbah – limbah baik rumah tangga maupun lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor

Jika anda membuat sumur bor, maka anda juga akan mendapatkan kelebihan seperti proses pembuatan sumur bor akan lebih cepat daripada sumur gali, cukup menggunakan alat modern dan lebih mudah untuk dibuat. Karena diameter yang digunakan kecil, maka sumur bor tidak akan memakan tempat. Karena menggunakan sebuah pipa dan secara teknis disambung dengan rapat, maka sumur bor tidak akan mudah tercemar limbah. Selain kelebihan yang ada, tentu saja ada kekurangan yang dimiliki seperti biaya untuk pembuatannya akan lebih mahal dan menggunakan mesin untuk memompa air yang lebih mahal. Pada dasarnya karena peletakan pompa pada sumur bor berada di atas maka otomatis juga akan menggunakan pompa air yang mempunyai kapasitas besar dan jenis pompa tersebut akan relatif lebih mahal.

Perjanjian Membuat Sumur Bor dan Gali

Membuat sumur bor atau sumur gali memang memerlukan perjanjian tertulis. Hal ini dikarenakan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan dan ada yang bertanggung jawab akan hal – hal buruk yang kemungkinan akan terjadi. Membuat perjanjian harus jelas isinya. Umumnya akan membahas tentang berapa lama pekerjaan yang dilakukan oleh para pekerja, dan lain sebagainya. Sehingga membuat perjanjian secara tertulis sangat penting terutama untuk pembuatan sumur bor.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *