Perawatan Jagung Hibrida Pertiwi 3

Posted on

Perawatan Jagung Hibrida Pertiwi 3 tidak jauh beda dengan jagung pada umumnya. Ini kebetulan saja benih jagung yang saya tanam adalah jenis Hibrida Merek Pertiwi 3, sisa bibit dari lahan di kampung. Benih jagung hibrida pertiwi 3 dijual dalam kemasan 1 kg seharga Rp 55.000 /Kg.

Pola Pemupukan Jagung :

Pola tanam Perawatan Jagung Hibrida Pertiwi 3 saya sesuai dengan anjuran di label kemasan yakni dengan pola pemupukan jagung antara lain :

A d v e r t i s e m e n t
  • Saat benih di tanam dengan cara di tugal atau dilubangi, disampingnya dengan jarak 10 cm langsung saya tugal untuk pemupukan pertama.
  • Pemupukan kedua saat jagung berumur 20 – 25 hari setelah tanam.
  • Pemupukan ketiga saat jagung berumur 40 – 45 hari setelah tanam.

Pola Perawatan Gulma (Rumput Liar)

Pola perawatan jagung dari gulma atau rumput liar pengganggu pertumbuhan, sesungguhnya sangat tergantung dari pola pengolahan lahan sebelum benih ditanam. Jika persiapan lahan nya baik maka perawatan jagung setelah tanam pun tidak akan terlalu sulit.

Dengan metode pengolahan lahan yang saya lakukan, pertumbuhan rumput liar yang mengganggu dapat diminimalkan. Untuk mengendalikan gulma kita bisa menggunakan obat rumput herbisida kontak, yaitu hanya mematikan bagian rumput yang kena semprot saja.

Pada jagung yang saya tanam penyemprotan rumput saya lakukan setelah pemupukan yang ketiga dan hanya sekali saja, karena selanjutnya pertumbuhan rumput akan terganggu rimbunnya daun jagung.

Sangat mudah bukan menjadi petani jagung, bisa dilakukan sebagai kegiatan sambilan yang positif.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

Jagung pertiwi, jagung pertiwi 3, benih jagung pertiwi, benih jagung pertiwi 3, jagung hibrida pertiwi 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *