Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2011

Posted on
A d v e r t i s e m e n t

Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2011 sampai tahap ini seperti berita yang saya lihat ditelevisi nasional, Bapak Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan belum memberikan informasi resmi kapan Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2011. Namun, beliau mengatakan bahwa Pengurus Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 2011 atau 1432 Hijriah jatuh pada hari Senin tanggal 01 Agustus 2011.

Pemerintah sendiri baru akan mengadakan sidang Isbat Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2011 akhir bulan ini yaitu 31 Juli 2011. Bapak meteri Suryadharma Ali berharap Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2011 sama seperti tahun kemaren, yakni antara Muhammadiyah dan NU bisa sama dalam Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2011.

Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2011 atau 1 Syawal ada dua cara, pertama dengan hisab atau perhitungan, kedua dengan rukyah atau melihat bulan. Nah, Cara pertama menghitung sudah dilakukan oleh Muhammadiyah.

Wah senangnya jika tahun ini bisa kompak dalam memulai awal puasa ramadhan 2011 seperti tahun kemaren, pernah dulu waktu masih kecil sering sekali awal dan akhir ramadhan antar desa selalu berbeda. Ketika kami masih menjalankan ibadah sholat tarawih terdengar dari tetangga desa suara takbiran pertanda mereka sudah menyudahi bulan ramadhan lebih duluan.

Pemerintah seharusnya menggandeng berbagai ormas islam untuk bersatu dan kompak dalam melaksanakan Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2011.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

One thought on “Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *