Peluang Usaha sentra Pengembangan Ternak Kambing

Posted on

Peluang usaha sentra pengembangan ternak kambing. Usaha peternak kambing memnag mempunyai peluang usaha yang baik dalam perusahaan swasta, mengingat permintaan pasar yang baik dan menguntungkan dalam hal finansial. Hal ini dimulai dengan dicanangkanya program unggulan di Malaysia yaitu peningkatan populasi dan produktivitas kambing, sehingga kebutuhan impor bagi Malaysia cukup besar. Selain negara Malaysia, negara timur tengah juag berpotensial dan berpeluang besar untuk kebutuhan ternak kambing, terlebih untuk kebutuhan pemenuhan permintaan untuk ternak kurban dan kebiasaan untuk mengonsumsi daging dan susu kambing.

Selain itu populasi kambing di peternakan rakyat juga banyak, namun yang menjadi masalah bagi peternak adalah proses pemasarannya. Oleh sebab itu dengan peluang pasar yang tinggi dan perusahaan swasta, maka hal ini dapat menjembatani dalam proses pemenuhan kebutuhan. Dengan demikian bisnis di bidang penjualan kambing ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

A d v e r t i s e m e n t
Peluang Usaha sentra Pengembangan Ternak Kambing
Peluang Usaha sentra Pengembangan Ternak Kambing, Idukan beranak 4 ekor.

Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh Badan Statistik Indonesia dari Departemen Pertanian dari tahun ke tahun jumlah populasi kambing mengalami peningkatan. Berdasarkan data menunjukan Peluang usaha sentra pengembangan ternak kambing paling banyak pada ternak besar dan kecil. Peningkatan tersebut karena adanya dukungan dari pemerintah.

Usaha peternakan kambing selama ini di Indonesia dilakukan sebagai usaha sampingan sehingga tidak dilakukan dengan menajemen yang baik. Hal ini mengakibatkan produktivitas menjadi rendah. Sebaliknya, potensi beternak kambing cukup besar yaitu dalam 2 tahun dapat beranak 3 kali dengan jumlah anak rata-rata 2 ekor per lahiran.

Apabila kita punya 2 ekor kambing indukan maka dalam tempo 2 tahun bisa menjadi 16 ekor kambing, sehingga Peluang usaha sentra pengembangan ternak kambing ini sangat cocok untuk memberdayakan rakyat yang kurang mampu, yaitu dalm kurun waktu 2 tahun sudah sedikit mengurangi kemiskinan.

Kelebihan dalam Peluang usaha sentra pengembangan ternak kambing inilah yang bisa dijadikan peluang usaha yang baik, karena usaha ini tidak membutuhkan modal atau biaya yang besar dan pakan yang diberikan pun mudah yaitu rumput dan ramban atau dedaunan. Apabila jumlah ternak sudah banyak maka bisa diberikan makanan tambahan yaitu kosentrat untuk mengurangi rumput dan rambanan yang diberikan.

Peluang usaha sentra pengembangan ternak kambing ini terdapat berbagai pilihan yaitu :
1. Sebagai pembibitan
2. Sebagai penggemukan
3. Sebagai penjualan (trading).
Dari tiga aspek peluang usaha tersebut ada kelebihan dan kelemahan namun dapat disesuaikan dengan tujuan usaha dan kemampuan yang dimiliki.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

ternak kambing, pengembangan ternak kambing, kambing ternak 4 tahun, media ternak kambing, pengembangan kambing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *