Merawat Body Motor Yamaha Byson

Posted on

Merawat Body Motor Yamaha Byson secara keseluruhan membutuhkan kepedulian dan perhatian tingkat tinggi seperti halnya kita merawat sesuatu yang kita sayangi. Selain menimbulkan rasa sayang dan peduli, hal terpenting adalah tindakan atau action di mana langkah ini sangat menentukan hasil dari proses Perawatan Body Motor Yamaha Byson, Yamaha Vixion, atau jenis motor apapun agar kondisi motor kita tetap kinclong. Proses Merawat Body Motor Yamaha Byson yang saya lakukan masih umum dilakukan oleh orang lain pada umumnya, yaitu membersihkan atau Merawat Body Motor Yamaha Byson dengan cara mencuci secara berkala disaat senggang biasanya saya mencuci sendiri. Menjamurnya usaha steam motor  atau usaha pencucian motor baik yang biasa atau yang menggunakan sistem hidrolik atau steam salju memudahkan kita  dalam proses Merawat Body Motor Yamaha Byson tetap bersih dan awet baru.

Bagaimanakah proses Merawat Body Motor Yamaha Byson dengan mencuci sendiri dan menyerahkan pada ahlinya seperti steam motor atau steam mobil (Car Wash). Jika kita mencuci sendiri tentunya kita akan melakukan hal yang berbeda dengan kemampuan  dan pengetahuan kita, pertama yang perlu diketahui adalah jenis kotoran yang menempel pada body motor kita. Kemudian membedakan alat pembersih seperti shampo atau sabun untuk jenis kotoran yang berbeda dan jenis body motor yang berbeda.

A d v e r t i s e m e n t

Jenis kotoran berat yang sering menempel pada body motor atau kendaraan kita antara lain, Jenis berminyak seperti oli, pelumas dan sejenisnya biasanya menempel pada bagian bawah dan body terbuat dari logam, kita bisa membersihkannya dengan sabun colek/rinso, sunlight pencuci piring atau shampo khusus bagian body logam seperti Kit Motor.

Jenis kotoran ringan seperti lumpur, debu atau tanah dan biasanya menempel pada body yang terbuat dari fiber atau plastik kita bisa membersihkan dengan air yang disemprotkan kencang kemudian menggunakan shampo motor ataupun sampho yang biasa kita gunakan disaat mandi seperti shampo clear, shampo sunsilk, shampo rejoice dan lain sebagainya.

Berapa biaya Merawat Body Motor Yamaha Byson jika lakukan sendiri dan kita terima beres pada jasa pencucian atau steam. Menurut pengalaman saya jika kita menggunakan jasa steam biasa untuk motor kecil kelas bebek biasanya Rp 6000 /unit, jika motor besar jenis byson dan lainnya harganya Rp 7000 – 8000 /unit. Harga steam motor di car wash yang menggunakan alat modern seperti dudukan hidrolik dan busa saljunya juga dipatok sama yaitu Rp 8000/ unit. Jika kita lakukan sendiri alat yang kita butuhkan antara lain, selang dengan semprotan airnya yang cukup kencang, ember atau bak plastik, gayung, lap kain yang lembut, sikat, sabun atau shampo dan kanebo untuk mengelap ketika sudah selesai mencuci.

Merawat Body Motor Yamaha Byson di Car Wast
Merawat Body Motor Yamaha Byson di Car Wast
Merawat Body Motor Yamaha Byson di Car Wast, proses akhir menyemir body
Merawat Body Motor Yamaha Byson di Car Wast, proses akhir menyemir body

Perbedaan hasil Merawat Body Motor Yamaha Byson sendiri dengan menggukan jasa steam motor. Jika kita menggunakan jasa tentunya hasilnya maksimal karena peralatan yang komplet dan modern sampai semir ban pun ada, kelemahanya semua prosesnya sama, tidak membedakan body motor terbuat dari logam, fiber atau plastik. Kemudian juga tidak membedakan kotoran berat atau ringan, pokoknya siram sikat dan semprot. Hal terpenting yang tidak kita  dapatkan adalah informasi mengenai kondisi real body motor kita, mungkin ada baut yang kendor atau ada body motor bunyi atau gegar. Sedangkan jika kita mencuci motor sendiri kita akan mendapatkan bayak informasi kondisi real body motor kita, kita akan menemukan banyak jawaban ketika kita mengendarai motor kurang nyaman bunyi-bunyi pada body karena baut yang kendor, maka setelah selesai mencuci pasti ada hal perawatan tambahan yang bisa kita lakukan.

Merawat Body Motor Yamaha Byson sendiri mencuci dengan sabun cuci piring hehe
Merawat Body Motor Yamaha Byson sendiri mencuci dengan sabun cuci piring hehe
Merawat Body Motor Yamaha Byson sendiri, siraman terakhir dan mengelapnya.
Merawat Body Motor Yamaha Byson sendiri, siraman terakhir dan mengelapnya.

Itulah sekelumit informasi yang bisa saya bagi tentang proses Merawat Body Motor Yamaha Byson, semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

Cara merawat motor byson, perawatan yamaha byson, cara merawat yamaha byson, Perawatan byson, cara merawat byson

4 thoughts on “Merawat Body Motor Yamaha Byson

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *