Menyiapkan Bahan Bangunan untuk Pekerjaan Kolom atau Tiang Beton

A d v e r t i s e m e n t

Proses Menyiapkan Bahan Bangunan untuk Pekerjaan Kolom atau Tiang Beton mirip dengan pembahasan saya pada artikel sebelumnya yaitu proses Menyiapkan bahan bangunan untuk pekerjaan sloof. Pada intinya pekerjaan ini adalah proses membentuk beton bertulang, yang membedahakan hanya fungsi, ukuran dan posisi hasil pekerjaan.

Untuk poin – poin proses Menyiapkan Bahan Bangunan untuk Pekerjaan Kolom atau Tiang Beton sama dengan pekerjaan pembuatan sloof, namun ada sedikit tambahan bahan material bangunan yang digunakan antara lain :

A d v e r t i s e m e n t
  • Kayu Kasau berfungsi sebagai pengikat dan penyangga cetakan kolom/tiang beton.
  • Paku Kasau secukupnya

Bahan material bangunan yang disiapkan harus mempunyai kualitas yang baik jika menginginkan hasil yang maksimal, dalam hal ini ada beberapa catatan khusus yang masih saya ingat, bahan material bangunan apa saja yang mempengaruhi kualitas hasil coran adukan beton antara lain :

  • Pasir, sebaiknya gunakan pasir kasar karena akan menghasilkan agregat yang mengikat kuat antar campuran adukan dan cepat kering.
  • Batu Split, jika ukuran cetakan beton besar bisa gunakan ukuran batu split 3/4, namun jika ukuran beton yang dibuat kecil sebaiknya pilih ukuran batu split yang lebih kecil supaya pada saat proses pengecoran beton dapat padat dan hasilnya tidak berongga.
  • Papan cor dan Cetakan yang dibuat, gunakan papan cor yang kuat misalnya papan cor kayu kelapa yang tua. Karena jika kayu yang digunakan untuk cetakan beton tidak kuat maka pada saat proses pengecoran bagian bawah akan mendapat tekanan beban yang kuat sehingga cetakan bisa mengembung menghasilkan kolom/tiang beton tidak proposional.
Menyiapkan Bahan Bangunan untuk Pekerjaan Kolom atau Tiang Beton
Menyiapkan Bahan Bangunan untuk Pekerjaan Kolom atau Tiang Beton, Cetakan yang kuat hasilnya akan maksimal.
Menyiapkan Bahan Bangunan untuk Pekerjaan Kolom atau Tiang Beton
Menyiapkan Bahan Bangunan untuk Pekerjaan Kolom atau Tiang Beton, Suasana saat Kolom/Tiang selesai di Cor.

Itulah catatan penting dalam proses Menyiapkan Bahan Bangunan untuk Pekerjaan Kolom atau Tiang Beton, supaya harapan kita mendapatkan hasil yang memuaskan.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *