Mengobati Kambing Kembung atau Masuk Angin

Posted on
A d v e r t i s e m e n t

Pada awal musim hujan kambing rawan terserang berbagai macam penyakit hal itu disebabkan karena cuaca dingin karena musim hujan, namun hal ini hanya dirasakan oleh peternak tradisional atau semi tradisional.

Saya adalah peternak pemula yang masih mencoba-coba berbagai macam metode pemberian pakan, artinya saya masuk kelompok peternak semi tradisional.

Beberapa ternak kambing saya mati sepanjang musim hujan tahun ini disebabkan kembung atau masuk angin.

Selain cuaca yang dingin saat turun hujan, penyebab lainnya adalah pemberian pakan hijauan segar yang masih basah karena terkena air hujan yang diberikan secara langsung.

Pakan hijauan sebaiknya memang diberikan setelah kering dari air hujan atau sedikit layu, bahkan jika  daun singkong baiknya dijemur dahulu untuk mengurangi kandungan air yang menyebabkan kembung karena gas yang terkandung didalamnya.

Beberapa langkah yang berhasil saya lakukan Mengobati Kambing Kembung atau Masuk Angin :

  • Memberikan minum dengan minyak makan secukupnya 2-3 sendok makan kemudian memijat bagian perutnya.
  • Memberikan minuman air gula merah dan asam jawa yang direbus bersamaan dan di minumkan kemudian air panas dimasukkan dalam botol sebagai media urut perut supaya hangat.

Ada satu langkah yang gagal dan jangan ditiru yaitu Mengobati Kambing Kembung atau Masuk Angin dengan cara meminumkan jamu tolak angin, kemudian memberi minum sprite dijamin kambing langsung kelojotan membiru dan mati.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *