Mengenal Wiremesh Bahan Bangunan Instan

A d v e r t i s e m e n t
Mengenal Wiremesh Bahan Bangunan Instan
Mengenal Wiremesh Bahan Bangunan Instan

Konstruksi bangunan untuk lebih kuat dibutuhkan bahan penyangga yang kuat juga. Mari kita sedikit mengenal wiremesh bahan bangunan instan sebagai salah satu komponen untuk menjaga kekuatan konstruksi bangunan.

Penggunaan wiremesh kini sudah mulai banyak digunakan dalam membangun suatu konstruksi bangunan karena berbagai keuntungkan yang didapatkan mulai dari dana yang lebih murah dan kualitas bangunan yang lebih baik.

A d v e r t i s e m e n t

Lalu seperti apakah bentuk wiremesh ini dan sebenarnya apakah kegunaannya. Berikut penjelasannya.

Apa itu wiremesh.

Wiremesh adalah suatu bahan material untuk konstruksi bangunan dimana wiremesh ini terbuat dari beberapa logam, baik itu jenis logam baja atau aluminium.

Wiremesh terbentuk dari sekumpulan (dalam jumlah banyak) logam tersebut yang kemudian logam-logam tersebut disatukan baik itu dengan cara dilas maupun menggunakan pin pengait hingga sekumpulan logam tadi membentuk suatu lembaran logam dan lembaran ini juga bisa digulung.

Wiremesh ini seperti kawat yang dibentuk seperti lembaran anyaman. Bentuk anyamannya ada yang kotak-kotak ataupun jajaran genjang.

Jenis Wiremesh.

Wiremesh pada dasarnya terbagi dalam dua jenis. Yang pertama adalah yang berupa lembaran dengan ukuran 2.1 meter x 5.4 meter. Untuk jenis yang kedua, bentuknya seperti gulungan atau suatu rol dengan ukurannya 2.1 meter dan panjangnya hingga 54 meter.

Untuk diameter wiremesh terbagi dari yang mulai terkecil besi diameter 4 mm hingga diameter 10 milimeter. Berdasarkan ukuran diameter ini, wiremesh ini disebut M4, M5, M6 dan seterusnya menyesuaikan ukurannya.

Pemilihan ukuran diameter wiremesh ini disesuaikan dengan penggunaannya misalnya untuk penguat dak beton maupun pelat lantai, penguat talud, kawat bronjong, dan juga anak tangga.

Misalnya untuk bangunan yang bertingkat, wiremesh yang digunakan berukuran M8 hingga M10. Untuk rumah biasa, biasanya menggunakan M4 hingga M6.

Aplikasi Wiremesh.

Wiremesh sendiri sangat bagus diaplikasikan pada plat beton. Baik itu plat beton yang diletakan di tanah maupun yang digantung. Pengaplikasian pada plat beton yang diletakan di atas tanah dimaksudkan untuk membuat tanah semakin keras.

Plat beton yang diletakan di atas tanah dengan ditambah wiremesh akan membuat tanah semakin keras sehingga mampu menahan beban kendaraan yang bobotnya sangat berat. Dalam hal ini biasanya diaplikasikan untuk jalan raya hingga trotoar.

Untuk yang pengaplikasiannya digantung, wiremesh ini biasanya digunakan untuk melengkapi untuk kebutuhan pembangunan gedung, irigasi, atau saluran buang air hujan.

Ada beberapa keuntungan pengaplikasian wiremesh ini dalam konstruksi bangunan. Efisiensi waktu bisa ditingkatkan karena dengan menggunakan wiremesh pembangunan bisa jadi sedikit lebih cepat.

Konstruksi bangunan yang menggunakan wiremesh juga akan lebih presisi ukurannya, perhitungan lebih akuran dan lebih teliti. Jadi gedung atau konstruksi yang dilengkapi dengan wiremesh ini membuat bangunan mutunya lebih bagus dan biayanya juga lebih hemat.

Namun untuk supaya keuntungan ini bisa didapatkan, Anda perlu memilih wiremesh dengan tepat dan perlu teknik yang tepat.

Pilihlah wiremesh yang benar-benar bersih tanpa karat supaya konstruksinya kuat. Karat sedikit saja yang ada di wiremesh bisa sangat berpengaruh dalam mengurangi kekuatan wiremesh tersebut.

Perhatikan juga ukuran diameter dengan seksama karena perbedaannya sangat kecil dan tidak begitu kentara. M4 dan M5 ukurannya tidak terlalu terlihat sekilas.

Perbedaannya meski hanya 1 mili pun sangat berpengaruh juga terhadap kekuatannya. Apalagi jika digunakan untuk pembuatan bentang kolom dengan ukuran yang lebar.

Mengenal wiremesh bahan bangunan instan dalam pengaplikasian yang tepat sangatlah dibutuhkan supaya proses pembangunan bisa lebih lancar dan lebih baik lagi.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *