Mengatasi Kekeringan Dengan Suntik Sumur

A d v e r t i s e m e n t

Masalah kekeringan sudah sering terjadi dan terus – menerus melanda negeri ini, kemarau pun sering datang dengan tiba – tiba dan musim sekarang sudah sangat sulit untuk di prediksi, karena hal inilah sumber air sudah menjadi masalah yang sangat sering terjadi, banyak sekali manfaat dari air yang bisa kita dapatkan, namun itu tidak berguna jika  tiba – tiba mengalami kekeringan. apalagi sumur bor sekarang sekarang sering mengalami masalah yang tentu saja, masalah kekeringan.

Beberapa faktor masalah yang menyebabkan pengeringan sumur yaitu:

A d v e r t i s e m e n t
  1. Musim kemarau panjang
  2. Menurunnya kedalaman sumber air bawah tanah dikarenakan dengan penggunaan berlebih di wilayah lain
  3. Tidak tepatnya lokasi pengeboran sumur.
  4. Pengeboran sumur kurang dalam.

Salah satu yang selalu menjadi faktor utama dalam timbulnya masalah sumur yang tidak muncul airnya yaitu musim, selain dengan kemarau penggunaan air tanah yang berlebihan pun merupakan penyebab dari kurangnya air tanah ini.

Sangat sulit bagi masyarakat jika tidak mendapatkan air satu hari saja, karena kebutuhan masyarakat akan air sudah sangat tinggi, seperti minum, masak, mandi dan lain sebagainya memerlukan air bahkan setiap hari, karena itulah masalah kekeringan suddah menjadi momok mengerikan dan menyulitkan bagi masyarakat.

Mengebor sumur baru adalah salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah kekeringan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat sumur baru yaitu dengan Menentukan lokasi yang tepat, caranya yaitu anda harus menentukan titik sumur yang memiliki jumlah tanah air yang tinggi, selain itu jangan pilih titik bekas pembuangan sampah dan jauhkan dari septictank.

Pengertian Suntik Sumur

Selain dengan cara itu anda bisa menggunakan cara suntik sumur atau memperbaiki sumur bor tanpa membuat sumur baru, biaya yang diperlukan pun lebih rendah dibandingkan dengan membuat sumur baru.

Cara menyuntik sumur yaitu merupakan cara yang dilakukan untuk memperbaiki sumur bor sehingga sumur dapat menghasilkan air kembali.

Cara yang dilakukan yaitu dengan menggunakan pipa besi, pipa besi kemudian ditusukkan kedalam dasar sumur bor untuk mengeluarkan lumpur dan tanah yang terdapat pada sumur, lalu perlahan – lahan sumur diperdalam dengan menambah  pipa PVC yang menjadi cover sumur tersebut.

Suntik sumur merupakan pilhan yang baik unttuk mengatasi masalah kekeringan dalam jangka waktu panjang.

Pengetahuan pun diperlukan untuk menentukan kedalaman suntik sumur yang tepat. Ada kemungkinan sumur mengalami masalah seperti air tercampur menjadi keruh karena tercampur dengan lumpur atau bahkan air sumur menjadi berbau tak sedap, bisa saja ini terjadi karena perhitungan kedalaman yang salah sehingga kedalaman yang seharusnya yaitu 10 meter menjadi 9 atau 11 meter, hal ini dapat membahayakan kesehatan bagi keluarga anda.

Kelebihan Suntik Sumur

Lalu apa saja kelebihan dari keunggulan dari suntik sumur?, suntik sumur sangat baik untuk mengatasi permasalahan kekeringan, selain dengan caranya yang mudah jika dilakukan oleh ahlinya, anda pun dapat melakukannya sendiri namun ketelitian dalam menyuntik sumur sangat perlu untuk diperhatikan.

Karena itu lebih baik jika anda menyewa tenaga ahli agar kesalahan yang terjadi pun dapat terminimalisir karena sudah dilakukan oleh ahlinya, anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk alat – alat dan bahan – bahan yang diperlukan, biaya yang dikeluarkan pun minim dan anda tidak perlu repot – repot untuk menentukan titik lokasi sumur baru sehingga anda tidak perlu bingung jika mengalami masalah kekeringan lagi

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *