Mengatasi Air Sumur Keruh Saat Turun Hujan

A d v e r t i s e m e n t

Saat musim hujan tiba, seringkali yang terjadi ialah air sumur anda menjadi keruh dan kecokelatan baik itu air sumur gali maupun air sumur bor. Pada dasarnya kejadian seperti memang sering terjadi jika mulai masuk musim hujan. Perubahan musim seringkali berpengaruh pada kualitas air yang ada di masing – masing lingkungan.

Permasalahan air yang kerap terjadi adalah air yang menjadi keruh karena tercampur dengan lumpur. Air tanah atau juga sumur bor seringkali digunakan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih dalam kehidupan sehari – hari.

A d v e r t i s e m e n t

Akan tetapi saat musim hujan tiba akan berubah menjadi keruh dan zat besi yang terkandung dalam air akan meningkat dan dengan demikian maka harus dilakukan pengolahan terlebih dahulu berupa penyaringan air sebelum pada akhirnya digunakan.

Permasalahan yang paling umum dialami oleh sumur bor yang mengandung zat besi ialah air yang berwarna kekuningan, keruh, bau yang tidak sedap seperti karat besi, dan juga air yang keluar jernih namun pada saat didiamkan air akan berubah menjadi kekuningan.

Selain itu kondisi air seperti ini juga membuat gatal – gatal dan tidak enak di badan. Untuk itu perlu dilakukan cara untuk bisa mengatasi permasalahan air yang terjadi saat musim hujan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut:

  • Melakukan Penyaringan

Salah satu cara yang bisa anda lakukan ialah dengan cara melalui proses penyaringan. Penyaringan memang salah satu cara pengolahan air yang pada dasarnya ialah untuk bisa mengurangi berbagai macam bahan – bahan organik maupun anorganik yang ada di dalam air tersebut. Cara yang cukup efisien untuk mengatasi masalah air yang mengandung banyak zat besi ialah dengan cara penyaringan. Anda bisa dengan mudah menjumpai alat penyaring air tersebut, sebab sudah banyak juga diperjual belikan alat tersebut.

  • Menggunakan Bahan Kimia

Berbagai macam jenis bahan kimia bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan air keruh dan juga air yang bau yang banyak mengandung zat besi. Salah satunya ialah kaporit, selain bisa digunakan untuk menghilangkan bakteri dan kuman – kuman yang ada pada air, kaporit juga bisa digunakan untuk menjernihkan air dan menghilangkan bau tak sedap karena air mengandung zat besi. Namun meskipun demikian anda juga harus menggunakan takaran yang sesuai untuk menggunakan kaporit tersebut. Supaya bahan kimia tersebut juga tidak semakin membahayakan tubuh anda dan keluarga.

Menjernihkan Air Sumur yang Keruh

Karena saat hujan air yang mengalir tentu saja membawa material lain seperti lempung akan membuat air sumur anda menjadi keruh. Sehingga air sumur anda akan menjadi sangat keruh. Untuk mengatasi air sumur yang keruh saat musim hujan seperti sekarang ini adalah dengan cara menggunakan lidi atau ijuk.

Cara yang bisa anda lakukan cukup mudah yakni meletakkan ijuk sekitar beberapa cm di dasar sumur anda. hal ini bertujuan untuk menyaring air sumur anda sehingga air sumur akan lebih jernih dari sebelumnya. Anda bisa juga menambahkan kerikil – kerikil diatas tumpukan lidi atau ijuk tersebut.

Selain itu anda juga bisa menggunakan arang kayu, caranya juga cukup mudah, yakni anda mengikat beberapa batang arang kayu dan dimasukkan kedalam sumur. Sebaiknya anda mengikat arang kayu tersebut dengan rapat untuk menghindari hilangnya arang tersebut. Dan sebaiknya arang kayu tersebut diganti selama jangka waktu 2 hingga 3 bulan sekali.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *