Menebang Pohon Kelapa

Posted on

Menebang Pohon Kelapa adalah pengalaman pertamaku dan juga semoga menjadi pengalaman yang terakhir, karena proses Menebang Pohon Kelapa tidak semudah kita melihat video proses Menebang Pohon Kelapa dibawah ini. Kalau saja sebelumnya saya tahu bahwa ada jasa Menebang Pohon Kelapa beserta pangkal atau bonggolnya yang hanya Rp 150.000 per batang mungkin saja tidak ada cerita dan dokumentasi ini. Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi tentang tata cara Menebang Pohon Kelapa yang baik dan benar menurut peraturan yang berlaku jika kita ingin menyingkirkan pohon kelapa yang berada dalam radius lokasi pembangunan rumah impian kita.

Sebelum memulai proses Menebang Pohon Kelapa kita harus mengetahui maksud dan tujuan kita, karena proses Menebang Pohon Kelapa bukan hanya bertujuan merobohkan batangnya saja tetapi juga menghilangkan sampai keakar-akarnya. Kenapa proses Menebang Pohon Kelapa harus sampai bersih keakar-akarnya? itu dimaksudkan agar ketika kita bangun rumah diatasnya nanti lantainya tidak retak bahkan amblas karena sisa akar pohon kelapa yang membusuk. Jadi, setelah kita mengetahui maksud dan tujuan selanjutnya adalah menganalisa karakteristik dari pohon kelapa tersebut untuk menentukan alat apa saja yang kita butuhkan dalam proses Menebang Pohon Kelapa.

A d v e r t i s e m e n t

Alat yang kita butuhkan dalam proses Menebang Pohon Kelapa :

  1. Kapak, memang terlihat tradisional tetapi kapak ini dalam proses Menebang Pohon Kelapa adalah alat yang sangat vital bukan sekedar alat untuk memotong batangnya tetapi juga memotong-motong akar serabut pohon kelapa didalam tanah.
  2. Cangkul, setelah kita potong-potong akar kelapa didalam tanah kita gunakan cangkul/pacul untuk mengeruknya.
  3. Paju/Cangkul Kecil, bentuk dan gagangnya sama seperti cangkul cuma selebar kapak dan ketajamannya hampir sama dengan kapak, digunakan untuk memotong akar secara vertikal.
  4. Tali Tambang, Pohon Kelapa biasanya tinggi menjulang dengan daun dan buah rimbun diatasnya jadi, untuk memastikan arah robohnya batang kelapa kita wajib menyediakan tali yang kuat, bukan tambang karet untuk mengerek air dari sumur seperti yang saya pakai karena lentur dan cukup berbahaya kalau putus ketika ditarik.
  5. Dan yang terakhir adalah perlengkapan, sarapan dulu atau makan secukupnya kemudian sediakan air minum juga karena proses Menebang Pohon Kelapa harus hari itu juga roboh dan paling tidak memakan waktu lebih dari 3 jam.

Cara Menebang Pohon Kelapa juga harus memakai teknik yang benar, jika kita ingin Menebang Pohon Kelapa sekaligus membuang bonggolnya jangan sekali-kali menebang batangnya langsung, karena nanti kita akan kesusahan membuang bonggolnya. Jadi kita harus menggali langsung dari bawah bonggolnya, kita gunakan alat-alat diatas kemudian jika sudah tinggal seperempat akar yang masih nempel dibatang kelapa kita bisa langsung menariknya sesuai arah yang telah ditentukan.

Hal penting lain yang perlu diperhatikan ketika kita Menebang Pohon Kelapa dan tinggal merubuhkannya dengan menarik tali adalah arah melarikan diri ketika pohon kelapa mulai ambruk, jangan sampai salah arah malah kita ketimpa atau tersambar dahan daun kelapa.

Pengalaman Menebang Pohon Kelapa yang tak mungkin dapat dilupakan, ada yang mau mencoba?

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

cara mematikan pohon kelapa tanpa menebang, cara membunuh pohon kelapa, cara mematikan pohon kelapa, cara membunuh pohon kelapa tanpa menebang, cara menebang pohon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *