Memperbaiki Bumper Mobil Kijang Innova Lama yang Sobek

Posted on

Koronologis kejadian perkara ini

Pada tangal 11 Maret 2011 adalah salah satu hari bersejarah bagi kehidupan saya. Pada hari itu ada 3 kejadian yang saya alami, 2 kejadian baik dan 1 kejadian buruk. Kejadian baik yang pertama, saya berani menyewa sebuah Mobil Kijang Innova warna hitam untuk membawa keluarga besar menghadiri acara wisudaku. Kejadian baik yang kedua, setelah acara wisuda selesai, saya berani membawa kedua orang tua untuk meminang calon istriku.

Kejadian buruk yang terjadi adalah sepulang acara pinangan tepatnya diperlintasan kereta api tanpa palang pintu di jalan H. Komarudin Kelurahan Rajabasa Raya – Bandar Lampung ada kereta yang sedang lewat. Antrian panjang dan menumpuk berbagai macam kendaraan memenuhi dua sisi jalan yang memang tidak lebar, alih-alih saya mengalah memberi jalan untuk sebuah truk besar saya bergeser menjorok kedalam diatas sebuah gorong-gorong dan ketika saya ingin belok kembali ke jalan ada benturan keras terjadi seperti ada yang tertabrak dan gas mobil seperti tidak berfungsi.

A d v e r t i s e m e n t

Seorang penjaga perlintasan yang mendengar suara tersebut berlari mendekat dan mengatakan “Mas mobilnya nabrak patok besi, mundur dulu ”, dan dia kembali berkata “kayaknya radiatornya pecah tuh, airnya bocor”. Saya hanya mendengarkan perkataan penjaga perlintasan dan mengikuti aba-aba yang di minta, dengan perasaan tidak menentu saya mengucapkan “terima kasih pak”, dan berlalu dari tempat kejadian.

Keluarga yang berada didalam mobil panik meminta saya segera menepi untuk mengecek kondisi mobil sebenarnya, saya mencoba bersikap tenang karena mobil masih bisa berjalan normal dan menjelaskan akan segera menepi di tempat yang tepat. Hasil cek kondisi mobil tenyata bumper pecah atau sobek (karena terbuat dari bahan fiber yang lentur) kemudian fog lamp (lampu bawah) dudukannya hancur dan dalam posisi mengantung di kabel saja, lampu tersebut saya copot dan saya simpan.

Pengamatan penjaga perlintasan yang bilang radiatornya pecah tidak terbukti, yang terjadi adalah selang air pencuci kaca terlepas akibat benturan.

Proses Memperbaiki Bumper Mobil Kijang Innova Lama yang Sobek

Saya mencoba tenang menghadapi persoalaan ini, langkah pertama saya menghubungi seorang teman yang mempunyai bengkel reparasi body mobil. Informasi dari teman tidak bisa membantu karena dia adalah spesialis body mobil yang terbuat dari logam, untuk body mobil berbahan fiber atau plastik belum pernah mengerjakan.

Informasi  menyebalkan yang diberikan oleh teman saya lainnya adalah cerita tentangganya seorang anggota dewan yang mobil barunya merek avanza menabrak tunggul kayu dan total biaya reparasinya menghabiskan antara 5 sampai 6 juta, bagai mana dengan Mobil Kijang Innova tentunya lebih mahal.

Berbekal informasi tersebut saya lalu mencari referensi lain dengan searching di internet mencari bumper bekas untuk Mobil Kijang Innova lama yang warna hitam, kisaran harganya yang saya temukan masih mahal yaitu 1,5 juta namun saya merasa lega.

Berbekal informasi dan referensi tersebut saya memberanikan diri menyampaikan pada pemilik rental mobil bahwasanya mobil yang saya pakai mengalami kecelakaan mengakibatkan bemper mobil sobek dan tanggapan dari pemilik mobil adalah kembalikan mobil seperti kondisi saat saya mengambil mobil boleh diganti atau diperbaiki.

Saya memilih pilihan kedua yaitu memperbaikinya, saya meminta tolong seorang teman untuk membantu mengurusnya. Sebuah bengkel mobil spesialis body kami datangi, beberapa mekanik menghampiri mengecek apakah bisa diperbaiki, dan kesimpulanya kata mekanik tersebut kondisi ini bisa diperbaiki dan hasilnya dijamin kembali pada kondisi semula bahkan lebih mulus.

Perasaan saya plong mendengar jawaban itu, kemudian teman saya mulai menego harga. Tawaran dari mekanik buka harga 500 rebu (nyes hati saya), ditawar-ditawar oleh teman saya dan deal diharga 200 rebu (langsung saya bayar 500 rebu ke teman saya, dan bilang sisanya ambil tapi urus sampai selesai), artinya sampai mobil kembali pada pemiliknya.

Saya penasaran dengan metode apa sang mekanik akan Memperbaiki Bumper Mobil Kijang Innova Lama yang Sobek itu.

Penjelasan sang mekanik tentang cara Memperbaiki Bumper Mobil Kijang Innova Lama yang Sobek :

  • Bumper mobil akan dilepas dan ditingal mobil bisa dibawa pulang dulu.
  • Bagian yang pecah akan dijahit dan ditambal.
  • Setelah dijahit akan dibentuk dengan cara dipanaskan.
  • Setelah bentuk sudah kembali sempurna, lalu dilakukan pelapisan dempul.
  • Setelah rata dan alus kemudian baru dicat kembali.
  • Untuk dudukan lampu yang rantas akan dibuatkan kembali dengan cara di jahit dan di lem supaya kuat.
  • Setelah selesai kami akan dihubungi untuk pesangan bumpernya.
  • Waktu pengerjaan paling lama 3 hari.

Leganya saya mendengar penjelasan itu, dengan wajah sumringah bisa keluar dari masalah ini. Akhirnya saya pulang dengan bahagia menyandang gelar sarjana dan resmi mempunyai calon istri, pertanyaan kapan wisuda? – kapan nikah?  terjawab sudah.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

https://satriamadangkara com/memperbaiki-bumper-mobil-kijang-innova-lama-yang-sobek/, dempul bumper plastik, cara melepas bumper depan innova, perbaikan pangkon foglamp inova, cara melepas bemper inova

2 thoughts on “Memperbaiki Bumper Mobil Kijang Innova Lama yang Sobek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *