Memilih Kayu Bahan Kusen Rumah

Posted on

Memilih Kayu Bahan Kusen Rumah bukanlah perkara yang gampang atau mudah, hal ini saya alami sendiri. Sudah menjadi kodrat setiap manusia bahwa sesuatu yang ingin dimiliki adalah barang terbaik yang ada. Hal ini akan selalu kita hadapi dalam segala hal tentang “pilihan” contohnya hanya soal Memilih Kayu Bahan Kusen Rumah. Setelah kita mempunyai desain rumah impian langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan material bangunan dan salah satunya adalah kusen. Bahan untuk kusen sebuah rumah sekarang sudah bervariasi bukan hanya menggunakan kayu saja tetapi ada yang terbuat dari logam aluminium. Dalam bahasan kali ini saya akan fokus pada cara Memilih Kayu Bahan Kusen Rumah saja.

Sebelum Memilih Kayu Bahan Kusen Rumah, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu kusen-kusen yang kita buat, antara lain :

A d v e r t i s e m e n t
  • Kusen Pintu jenisnya dibedakan dari segi ukurannya yaitu, ada pintu utama atau ruang tamu, pintu kamar tidur, pintu kamar mandi dan pintu garasi disesuaikan dengan desain rumah yang ada.
  • Kusen Jendela, dibedakan dari segi ukurannya yaitu, Jendela ruang tamu, jendela kamar tidur, jendela dapur.
  • Kusen Fentilasi, biasanya untuk ruang tamu, kamar tidur sama, hanya kamar mandi dan dapur saja yang berbeda.
  • Kusen Isian meliputi, daun pintu dan daun jendela.

Jika kita mempunyai dana anggaran tak terbatas untuk membangun rumah, maka urusan Memilih Kayu Bahan Kusen Rumah tidak menjadi masalah besar, tetapi bagi saya pribadi dengan dana pas-pasan hal tentang Memilih Kayu Bahan Kusen Rumah harus mempunyai solusi yang tepat. Referensi dari teman yang membangun rumah duluan dengan anggaran yang sudah disediakan, dia menghabiskan dana sekitar 17 juta rupiah untuk membeli kusen lengkap dengan kayu kualitas tinggi.

Kayu-Akasia-Bahan-Kusen
Pohon Akasia adalah Kayu Bahan Kusen yang Saya Pakai

Saya mempunyai cara yang berbeda untuk soal Memilih Kayu Bahan Kusen Rumah, yaitu dengan membeli dan memanfaatkan sumberdaya alam yang saya punyai untuk soal kusen rumah. Langkah pertama yang saya lakukan adalah mencari informasi kayu apa yang paling bagus kemudian yang paling awet dan yang terakhir yang mudah untuk dikerjakan. Karena komponen tersebut sudah menjadi syarat untuk dapat menghasilkan kusen terbaik. Setelah kita dapatkan jenis kayu yang kita anggap sesuai kemudian Langkah kedua adalah mencari tukang kayu untuk mengerjakan nya.

Kayu-Akasia-Bahan-Kusen-diawetkan
Balok Kayu Akasia yang sudah direndam dilumpur lebih dari 2 tahun

Informasi yang saya dapat tentang cara Memilih Kayu Bahan Kusen Rumah yang baik bukan dari ukuran mahalnya kayu tetapi ada faktor lain dari segi keawetan kayu yaitu dengan cara proses pengawetan secara alami. Dikampung saya sudah menjadi tradisi jika akan mengawetkan kayu yaitu dengan merendam bahan kusen kedalam lumpur dengan jangka waktu minimal 2 tahun. Bisa kita bayangkan dengan waktu selama itu hanya ada dua pilihan yitu kayu akan hancur atau lapuk atau dalam kondisi tetap bahkan lebih kuat.

Kayu-Akasia-Bahan-Kusen-jadi
Kusen Kayu Akasia yang sudah selesai dikerjakan

Memilih Kayu Bahan Kusen Rumah adalah hal yang menyenangkan jika kita lakukan dengan kreatif.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

kusen minimalis, KAYU UNTUK KUSEN, jenis kayu untuk kusen, kayu yang bagus untuk kusen, kusen

7 thoughts on “Memilih Kayu Bahan Kusen Rumah

  1. Asslkum wrwb, mas saya punya kayu akasia mangium yg mau saya jual per kubik 2 jt saja. Call 0858 7015 2666, 0819 0361 1020

  2. Blog yang menarik.. kunjungi juga blog penjualan kusen kayu jendela dll untuk berbagai jenis dan ukuran kayu sesuai pesanan yang terletak di DKI JAKARTA dengan harga yang lebih terjangkau dan tetap menajaga kepuasan pelanggan di kusenkayupintu.blogspot.com

  3. saya membutuhkan kayu akasia daun kecil untuk bahan kusen barangkali ada info, saya mohon dikabarin. makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *