Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri

A d v e r t i s e m e n t

Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri: Saya memutuskan membuat eksperimen baru dalam budidaya cabai rawit untuk memenuhi kebutuhan dapur.

Sebelumnya saya sudah mencotoh dan mencoba proses budidaya cabai rawit melalui media pot atau plastik polybag, dan hasilnya cukup lumayan namun terkendala dengan ketahanan pohon cabai dan umur cabai.

A d v e r t i s e m e n t

Budidaya cabai rawit tersebut menggunakan bibit yang katanya unggul karena saya beli dari toko pertanian, dan memang benar dari bibit yang saya semai dalam plastik polybag kecil-kecil hampir 90% tumbuh sempurna.

Sekarang saya mencoba Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri langkah-langkah yang saya lukan antara lain:

  • Memetik langsung dari pohon indukan nya, supaya kita mengetahui dan memastikan bahwa buah cabai calon bibit bener-bener tua.
  • Setelah buah cabai calon bibit didapat kemudian keringkan dengan cara di jemur.
  • Buah cabai calon bibit yang sudah dijemur kemudian dikupas kulitnya dan diambil bijinya, hati-hati dalam melakukan ini anda bisa meniru cara saya lihat pada video dibawah, supaya tangan kita tidak cabean biasa saya sebut lombokan, karena kulit terkena cairan cabai rasanya panas menyengat dan lama sembuhnya.
  • Biji yang telah kita dapatkan kemudian di jemur untuk memastikan semua kering, karena setelah kering kita dapat menyortir mana kualitas biji yang kurang bagus untuk dibuang.
  • Kemudian kita semai dalam wadah sebagai media sampai biji cabai berkecambah, kemudian bisa kita pindahkan dalam plastik polybag kecil supaya mempermudah kita menanamnya.
  • Pada usia 1 bulan atau 3 minggu dalam plastik polybag kecil bibit cabai bisa kita tanam pada tanah yang sudah diolah dan siap ditanami.
Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri
Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri, Pilih buah cabai yang merah saja.
Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri
Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri, Hasil biji cabai setalah kulit buahnya dikupas
Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri
Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri, Kulit buah cabai yang kita buang.

Sedikit berbagi pengalaman Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri, selanjutnya saya akab berbagi info bagaimana mengolah tanah sebelum ditanami cabai rawit gunung.

Komentar Anda :

One thought on “Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *