Membedakan Website yang Aman diikunjungi dan Tidak untuk Menghindari Kejahatan Online

Kejahatan online bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah karena mengunjungi website yang tercemar dengan virus dan malware. Virus dan malware merupakan 2 aplikasi yang sangat mengganggu dan berbahaya untuk informasi yang anda miliki. Oleh karena sebaiknya hindari website dengan masalah yang memiliki ciri seperti berikut ini.

Perhatikan nama website sebelum klik

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membedakan website yang aman dengan yang tidak bisa anda lihat dari nama website tersebut. Sebuah website yang terpercaya akan memiliki nama website yang unik. Unik disini tidak hanya berbeda dilihat dari karakternya, tapi tidak menyerupai website yang lainnya. Misalnya ketika anda ingin membuka website dari Facebook, kemudian anda menemukan sebuah website dengan tampilan yang sama perhatikan kembali alamat websitenya. Situs-situs yang terkenal banyak mendatangkan copy cat. Tujuannya adalah supaya orang-orang yang tidak teliti dapat jatuh ke perangkap mereka dan memasukkan informasi akun Facebook di database mereka. Informasi yang didapatkan tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk kejahatan seperti salah satunya pemerasan.

Perhatikan protokolnya

Selain memperhatikan nama dengan seksama, hal lain yang perlu diperhatikan ketika mencari Website yang aman adalah perhatikan protokol yang digunakannya. Pernahkan anda melihat website dengan alamat yang didahului dengan kode HTTP dan juga  kode HTTPS. Apakah anda mengetahui perbedaan dari kedua kode tersebut.

Kode tersebut merupakan salah satu kode yang digunakan oleh website untuk masalah keamanannya. HTTP merupakan singkatan dari Hiper Text Transfer  Protocol sedangkan HTTPS merupakan singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure. Artinya HTTPS merupakan protokol yang lebih aman daripada HTTP.

Karena keamanannya belum terjamin, hacker, virus dan malware dapat menyerang sebuah website yang dibuat dengan protokol tersebut. Tapi tidak dengan HTTPS. Hal ini membuat situs dengan protokol HTTPS lebih aman untuk dikunjungi.

Perhatikan nama domainnya

Domain seperti .com dan .net merupakan domain yang berbayar tapi memiliki harga yang murah. Akan tetapi masih banyak website yang tidak menggunakan domain ini karena lebih memilih website dengan domain gratis. Website-website yang lebih memilih domain gratis ini merupakan jenis website yang perlu di waspadai. Jenis-jenis website ini bisa jadi memiliki potensi menimbulkan Kejahatan online seperti pemerasan lebih besar. Pasalnya orang-orang yang ingin melakukan kejahatan yang rendah biasanya cenderung tidak ingin mengalami kerugian. Oleh karena itu mereka memilih membuat website dengan biaya yang gratis.

LIHAT Juga :  7 Fakta Panama Papers, Kasus Penggelapan yang Menggemparkan Dunia Pajak

Tapi website yang memiliki domain yang berbayar juga belum tentu merupakan website yang sangat aman. Bisa saja pelaku kejahatan yang menggunakan website itu adalah sindikat atau penjahat kelas kalap sehingga kejahatan yang dilakukannya dapat menutup biaya pembelian domain yang berbayar tersebut.

Cek website di website perengkingan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, domain dari website yang berbayar juga belum tentu menjamin keamanan dari sebuah website, lalu bagaimana Tips memilih website yang aman untuk dikunjungi? Selain melihat aspek-aspek yang sudah disebutkan sebelumnya, cara lain yang bisa dilakukan untuk memastikan situs yang akan dikunjungi merupakan situs yang terpercaya adalah dengan mengunjungi dan mengecek website yang akan anda kunjungi tersebut di website yang digunakan untuk melakukan perengkingan.

Website yang melakukan perengkingan melakukan perengkingan dengan melihat banyaknya kunjungan yang didapatkan oleh website tersebut dan banyaknya konsumen yang datang kembali ke website tersebut. Makin populer website tersebut maka makin tinggi rankingnya. Makin tinggi rangkingnya makin terpercaya website tersebut  maka website akan makin terpercaya.

Hindari klik link dari aplikasi dan email tidak dikenal

Hindari juga melakukan klik sembarangan pada link yang dibagikan melalui media sosial atau melalui email yang anda terima. Terutama jika chat dibagikan oleh orang yang tidak dikenal atau email dari website yang tidak anda kenal. Hal ini bisa menjadi salah satu cara masuk virus dan malware yang berujung pada kejahatan virtual seperti pemerasan.

Demikianlah Tips memilih website yang aman dari kami semoga dapat menjadi tuntunan bagi anda untuk menghindari segala bentuk kejahatan virtual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *