Memahami Cara Menggapai Beasiswa S1 Ke Luar Negeri

A d v e r t i s e m e n t

Bisa menempuh pendidikan di kampus bergengsi pastinya menjadi idaman banyak lulusan SMA dan sederajat. Pastinya tidak mudah untuk memenangkan berbagai program studi yang ditawarkan perguruan tinggi tersebut. Namun dengan memahami dengan baik program beasiswa s1 ke luar negeri yang ditawarkan, maka peluang memenangkannya semakin besar.

Pahami Syarat Dan Ketentuan Beasiswa S1 Ke Luar Negeri

A d v e r t i s e m e n t

Agar Anda bisa menang beasiswa tersebut pastikan Anda memiliki nilai bagus semasa SMA, mempunyai prestasi yang membanggakan, rekomendasi dari pihak berpengaruh, pengalaman magang kerja dan sebagainya. Semuanya itu sangat membantu Anda supaya bisa mendapatkan beasiswa s1 ke luar negeri dari kampus favorit.

Meskipun antusias pelajar untuk memenangkan beasiswa universitas luar negeri sangat besar, tapi kenyataannya masih banyak yang bingung terkait program beasiswanya. Kebingungan tersebut biasanya terjadi pada informasi universitas yang membuka jalur beasiswa, berbagai persyaratan dan sebagainya.

Sebenarnya untuk mengetahui daftar kampus yang memberikan beasiswa secara internasional sangatlah mudah dan cepat. Caranya dengan melakukan pencarian di dunia maya. Kalau Anda menggunakan kata kunci yang tepat saat pencarian, maka akan sangat banyak daftar universitas yang menggelar program beasiswa. Nah, kalau sudah mendapatkan informasi tersebut, segeralah memilih salah satu yang dianggap paling cocok dengan keinginan Anda.

Sangat banyak negara maju yang menawarkan beasiswa internasional bagi siapa saja di seluruh penjuru dunia. Sejumlah negara tersebut adalah Amerika, Australia, Inggris, Singapura, Jepang dan sebagainya. Nah, kalau sudah punya tujuan universitasnya, bisa memilih program studi atau jurusan yang menjadi idamannya. Setelah itu cermatilah berbagai syarat, ketentuan dan berbagai hal lain yang diwajibkan untuk disertakan saat pendaftaran.

Sangat banyak pelamar beasiswa yang harus gagal, sebab tidak memenuhi segala syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak universitasnya. Dengan begitu, para pendaftar program beasiswa tidak lengkap dalam mengirimkan berbagai berkas pentingnya. Wajar saja kalau mereka terpaksa harus gugur atau tidak lolos seleksi syarat administrasinya.

Nilai Tes Bahasa Inggris Tidak Sesuai Standarisasi Beasiswa S1 Ke Luar Negeri

Nah, selain berkas yang tidak lengkap, kegagalan pelamar beasiswa juga bisa terjadi karena nilai berbagai tes Bahasa Inggrisnya di bawah standar. Sejumlah tes yang harus memiliki nilai bagus itu adalah tes IELTS dan tes TOEFL. Jadi tahapan ini harus sangat diperhatikan, supaya peluang untuk memenangkan beasiswa idaman bisa lebih besar.

Anda jangan sampai menyepelekan pencapaian nilai tes kemampuan Bahasa Inggris tersebut. Kedua tes ini memang berlainan, tapi mempunyai tujuan serupa yakni mengukur kefasihan dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Tes ini sangat penting karena sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan.

Jadi kalau sekarang ini merasa masih kurang dalam kemampuan bahasa ini, maka sangat dianjurkan untuk mengikuti les guna meningkatkan kemampuannya. Tes IELTS dan tes TOEFL ini berupa lisan dan tertulis. Sehingga akan mengetes kemampuan bahasa Inggris Anda baik aktif maupun pasif. Lama tes TOEFL tertulis biasanya sekitar empat jam. Anda akan berhadapan dengan soal pilihan ganda, soal cerita dan sebagainya. Nah, untuk tes lisannya mengandalkan komputer untuk lawan bicaranya.

Sedangkan tes tertulis IELTS menyuguhkan soal pilihan ganda, monolog, mendengarkan cerita, dan melengkapi kalimat. Untuk tes lisannya langsung dengan interviewer, yang akan mengajak peserta tes ini berkomunikasi dengan beragam topik menarik. Nah, sederhana sekali bukan untuk bisa memenangkan beasiswa s1 ke luar negeri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *