Masuk Website Tidak Aman Bisa Jadi Awal Mula Pemerasan

Selain kencan online ada banyak modus yang dilakukan oleh penjahat vitual untuk mendapatkan jalan melakukan pemerasan online, salah satunya adalah dengan menggunakan Website malware.

Apa yang dimaksud dengan malware?

Malware merupakan sebuah program yang dirancang untuk melakukan perusakan pada komputer yang dimasukinya. Malware merusak jaringan dalam komputer anda untuk mengumpulkan data berupa informasi yang ada di komputer anda. Mulai dari data rekening anda, data dalam folder-folder anda hingga aplikasi lain untuk mengontrol komputer anda.

Hal inilah yang menyebabkan malware bisa menjadi salah satu jalan untuk melakukan Pemerasan online. Jika komputer anda adalah komputer kantor atau digunakan untuk menyimpan data-data penting untuk kantor maka anda bisa diancam dengan penyebaran data kantor anda jika tidak memberikan apa yang diminta oleh pemeras. Selain itu jika malware yang masuk ke komputer anda adalah malware yang dapat digunakan untuk mengakses komputer anda maka hal ini akan lebih berbahaya.

Bahaya malware

Selain dapat mengumpulkan informasi, Website malware yang anda akses bisa juga digunakan untuk mengakses komputer yang anda miliki. Mengakses artinya benar-benar seperti melakukan kontrol pada komputer anda. Mulai dari menggunakan aplikasi hingga membuka webcam yang dimiliki oleh komputer anda. Hal ini merupakan salah satu hal yang berbahaya.

Komputer atau laprop saat ini merupakan salah satu benda yang sangat dekat dengan kehidupan sehati-hari. Oleh karena itu tidak jarang kita tidak sadar melakukan aktivitas di depan webcam yang terpasang di komputer atau laprop. Jika komputer anda dimasuki oleh malware hal ini bisa menjadi hal yang sangat berbahaya. Webcam anda bisa di dipantau untuk melihat aktivitas apa saja yang anda lakukan. Bahkan mungkin pada saat anda berganti pakaian!

Jika pelaku Pemerasan online yang memiliki malware ini mendapatkan informasi ini maka informasi ini bisa digunakannya untuk melakukan pemerasan pada anda. Hal inilah yang menyebabkan malware sangat berbahaya. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengunjungi situs yang benar-benar terpercaya saja.

Jenis Website malware

Jenis website yang memiliki malware ada banyak. Biasanya website-website yang tidak dilarang seperti website yang memiliki konten negatif seperti pornografi dan juga perjudian merupakan website-website yang sangat rentan menyelipkan malware pada kodenya. Oleh karena itu hindarilah membuka jenis-jenis website seperti ini.

LIHAT Juga :  7 Fakta Panama Papers, Kasus Penggelapan yang Menggemparkan Dunia Pajak

Upaya pencegahan malware di komputer

Selain website yang memiliki konten negatif, ada banyak jenis website lain yang mungkin juga memiliki kode malware ketika anda mengaksesnya. Jadi usahakan untuk melakukan upaya pencegahan seperti berikut ini.

  • Pasang anti virus

Upaya paling pas untuk mencegah komputer melakukan kontak dengan website dengan aktivitas yang memungkinkan Pemerasan online adalah dengan memasang anti virus. Anti virus yang anda miliki di komputer anda sebaiknya juga selalu update supaya komputer sendiri dapat mengenali kegiatan-kegiatan berbahaya yang dilakukan oleh website yang mencurigakan.

  • Menghindari membuka website dengan protokol HTTP

Salah satu tanda bahwa sebuah situs merupakan situs yang terpercaya adalah dilihat dari protokol yang digunakannya. Salah satu protokol website yang aman adalah HTTPS. Website yang menggunakan situs ini merupakan website yang aman apalagi dari Website malware. Protokol ini lebih aman dan mencegah terjadinya hacking yang membahayakan bagi masyarakat.

  • Cek rating website

Selain 2 hal diatas, cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah pencurian informasi yang berakhir dengan pemerasan adalah dengan mengecek rating website yang akan dikunjungi. Sebuah website dirating berdasarkan banyaknya ia dikunjungi dan banyaknya orang yang kembali untuk mengunjunginya. Makin banyak kunjungan dan makin banyak orang yang kembali ke website itu maka makin tinggi rangkingnya (makin kecil angka rankingnya). Jadi makin kecil rankingnya makin terpercaya website tersebut.

Selain melalui website, penularan malware yang dapat menyebabkan Pemerasan online juga bisa terjadi dengan cara lain, seperti melalui surat elektronik yang dikirim ke email anda, melalui media sosial dan masih banyak lagi cara lainnya. Oleh karena itu pastikan anda lebih cermat dalam melakukan aktivitas dengan komputer anda, melakukan klik pada email dan lampiran yang tidak dikenal adalah salah satu hal yang wajib untuk anda hindari selain mengunjungi Website malware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *