Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson, inilah tangki motor byson yang sebenarnya hanya menampung 12 liter BBM.
Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson, inilah tangki motor byson yang sebenarnya hanya menampung 12 liter BBM.

Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson

Posted on
A d v e r t i s e m e n t

Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson menurut saya pribadi super irit ditilik dari besarnya body dan kapasitas mesinya. Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson dengan kapsitas mesin volume silinder 153 cm (150 cc) dan dimensi atau kapasistas tangki 12 Liter dengan harga BBM (bahan bakar minyak) jenis premium atau bensin 4500 per liter jika kita isi tangki BBM motor byson full maka akan menghabiskan uang Rp 54.ooo,-. Nah, kemaren saya coba mengamati berapa sebenarnya Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson ketika masih baru atau pertama kali digunakan, hal ini tentunya kan berbeda setelah bulan-bulan berikutnya mungkin dikarenakan semua komponen keseluruhan motor byson sudah berubah stelannya.

Proses pengamatan berapa bayak Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson dimulai ketika motor pertama kali datang, langkah pertama saya cek semua elemen indikatornya, seperti spidometer (ODO) yang baru menunjukan 1 Km, kemudian bensin yang berada didalam tangki saya tanyakan ke petugas antarnya yang mengatakan tidak ada 1 liter isinya. Dari data tersebut saya ingat-ingat kemudian tangki BBM motor byson saya isi premium atau bensin di SPBU Rajabasa – Bandar Lampung sebanyak Rp 50.000,- dan saya lihat tangki belum penuh mungkin bensin bawaan tidak ada setengah liter.

Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson, Gambar Ilustrasi Lokasi SPBU Jl. Kartini Bandar Lampung.
Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson, Gambar Ilustrasi Lokasi SPBU Jl. Kartini Bandar Lampung.

Setelah satu minggu digunakan saya lihat indikator BBM dilayar digital sudah mulai berkedip-kedip menandakan stok BBM didalam tangki sudah menipis, kemudian saya lihat di Spidometer (ODO) menunjukan panjang perjalanan yang sudah dilalui tertulis 305 Km. Melihat kondisi BBM sudah menipis kemudian saya mengisi lagi di SPBU yang sama dengan menyebutkan kode kepetugas pengisi BBM “penuh” setelah terisi penuh ternyata hanya menghabiskan Rp 42.000,- itu artinya didalam tangki masih menyisakan 1 liter lebih BBM jenis premium.

Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson, inilah tangki motor byson yang sebenarnya hanya menampung 12 liter BBM.
Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson, inilah tangki motor byson yang sebenarnya hanya menampung 12 liter BBM.
Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson, ini tanki yang kelihatan dan juga spidometer motor yamaha byson
Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson, ini tanki yang kelihatan dan juga spidometer motor yamaha byson

Setelah mendapatkan data-data dan fakta diatas kita bisa menyimpulkan Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson yang sebenarnya. Perhatikan uraian dibawah ini, jika saya salah mengamati proses ini mohon dibantu membenarkanya :

Data Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson.

  • Motor Byson datang dalam keadaan ODO meter hanya terpakai 1 Km.
  • BBM yang ada didalam tangki diperkirakan kurang dari setengah liter.
  • Kemudian saya isi Rp 50.000,- tangki belum penuh, padahal untuk penuh hanya butuh Rp 54.000,-

Fakta Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson.

  • Indikator BBM sudah mulai habis ODO meter telah terpakai 305 Km.
  • BBM yang ada dalam tangki diperkirakan masih lebih dari 1 liter.
  • Kemudian saya isi dengan kode “penuh” hanya manghabiskan Rp 42.000,-

Kesimpulan menurut saya Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson.

  • Untuk menempuh jarak 1 km dibutuhkan biaya sekitar Rp 160,-
  • BBM 1 liter dapat menempuh jarak sepanjang  sekitar 28 Km.
  • Jarak tempuh tempat kerja saya 5 km dari rumah untuk PP membutuhkan biaya sekitar Rp 1.600,- (cukup murah).

Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson yang sebenarnya menurut pengalaman dan pengamatan saya, mungkin anda punya pengalaman berbeda mari kita berbagi informasi, semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

11 thoughts on “Konsumsi BBM (Bensin/Premium) Motor Byson

  1. menurut saya gampang aja ngitung konsumsi bbm. dulu saya ngetes sama byson saya (sekarang udah ilang digondol maling, padahal belum 3 bulan pake, dan inden 9 bulan kurang). liat ordometer awal ketika isi bbm, isi bbm full, lalu ketika bbm hampir abis isi ful lagi. kita bisa liat ordometer terakhir dan jumlah bbm yang telah diisi lagi. tinggal dibagi antara ordometer yang ditempuh dengan berapa liter bbm yg terakhir diisikan. coba ulangi lagi 2 bulan kemudian. hasilnya pasti akan lebih irit.

  2. saya baru nunggang byson nih bang, blm sampe 1 bulan,..
    kilometer 1300an,,

    maap bang, klo menurut saya motor abang boros amat ya.

    saya ngetes udah sering 1 liter premium bisa 38-42 km dan ini stabil. Cuma kemaren sempet saya isi Pertamax campur Premium dgn perbandingan 2 liter pertamax : 2 liter premium motor saya dapet 46 km/liter nya. Kondisi Standar…

    cm mau sekedar sharing aja bang,,.

  3. wah kalo saya lebih hemat lagi, pernah saya hitung setelah umur byson saya hampir 2 tahun, 1 : 36 lebih hemat dari motor lama saya malah

  4. bagaimana dengan top speed, pernah dicapai berapa km/jam? terus apakah benar ditarikan bawah kurang greget sebagai motor kelas 150cc! trimakasih;-)

    1. Top speed yang sudah saya coba masih 110 km/jam, tapi ada beberapa rekan yang dah bisa nembus 114 km/jam.
      Kalau di tarikan bawah memang masih kurang greget kalo masih dalam kondisi standar pabrikan. Dikarenakan kondisi motor dengan full tank yang memang cukup berat, dan juga ada hal” lain.

  5. Byson ane pake pertamax 92, sesuai kompresi motor yang tertera dalam profilnya. Umur motor ane baru 1 tahun lebih, setelah dites dengan pemakaian pertamax didapat hasil :
    Pada 100 km jarak tempuh yang tertera pada tampilan trip-meter konsumsi pertamax yang terpakai sebanyak 2,5 liter.
    Berhubung karena ane juga sering bawanya ngebut hingga 100km/jam, mungkin agak sedikit boros karena ngebut, ditambah banyak berhenti saat lampu merah, jadinya hasil sementara masih segitu.

    Semoga bisa bermanfaat.
    😀

  6. ane mau nanya masbro.. klo isi premium sama pertamax iritan mana ?
    terus buat motor kebo ini bagusan di isi pertamax atau premium? soalnya ane nanya ketemen ane yg punya ninja 250cc, katanya klo moge itu harus di isi pertamax biar mesin lebih terawat,, klo moge di isi premium katanya mesinnya bisa cpt rusak.. minta kesimpulannya masbro,, ane masih newbie.. butuh info lebih bnyk makasi xixixi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *