Konstruksi Kandang Kambing dari Bambu, Kayu dan Beton

Posted on

Kandang kambing yang saya bangun menggunakan unsur bahan bangunan dari Bambu, Kayu dan Beton. Alasan mengunakan bahan bangunan tersebut karena bahan tersebut mudah saya dapatkan disekitar lingkungan.

Adapun bagian kandang kambing dalam tahap pembangunannya saya bagi dalam beberapa tahapan antara lain :

A d v e r t i s e m e n t

Lantai dasar dan Tiang penyangga Lantai Panggung

Lantai dasar sekaligus pondasi kandang saya menggunakan bahan beton karena pembangunan yang bertahap, bahan beton akan tetep awet walaupun kepanasan dan kehujanan hingga pembangunan dilanjutkan.

Tiang penyangga lantai panggung juga bertahap pengerjaan nya menggunakan cor beton.

Tiang Bagunan dan Atap Bangunan

Tiang bangunan kandang kambing saya gunakan bambu bulat brikut kerangka atapnya. Kemudian untuk atap saya menggunkan rumput ilalang atau atap welit. Untuk menutup bangunan kandang ukuran 3 m x 12 m dengan kemiringan 45 derajat saya menghabiskan sekitar 160 lembar welit.

Kerangka Lantai pangung

Untuk kerangka penahan lantai panggung saya menggunakan balok ukuran 6 x 12 cm sebagai gelagar dua baris sepanjang masing 12 m. Kemudian untuk kerangka penguat dengan pemasangan jarak 1 m saya mengunakan kayu kasau/usuk ukuran 5 x 5 cm.

Lantai Kandang Kambing

Lantai kandang kambing murni menggunakan bambu utuh belah empat yang sudah diawetkan atau direndam obat anti keropos. Bambu disusun berjejer dengan jarak sekitar 1 cm dan dipaku menggunakan paku payung.

Dinding Penyekat dan pintu Kandang Kambing

Dinding penyekat kandang menggunakan kayu sebetan atau kayu sedetan yang mudah kita dapatkan di sawmil sebuah tempat kusus menggergaji berbagaimacam kayu dengan aneka ukuran. Tinggi sekat kandang 150 cm, kayu dipaku dengan jarak 5 – 10 cm. Pintu kandang pun demikian ukuran lebar 1 m dan tinggi 120 cm.

Tempat Makan Kambing

Bahan pembuatan tempat pakan kambing kombinasi antara kayu, bambu dan banner bekas spanduk. Ukuran yang saya buat lebar 25 cm dan tinggi 30 cm, hal ini cocok untuk jenis pakan konsentrat atau sejenisnya. Namun ukuran tersebut kurang cocok untuk pakan kambing berupa rumput liar dan daun-daunan karena terlalu sempit.

Itulah Konstruksi Kandang Kambing dari Bambu, Kayu dan Beton yang telah selesai saya buat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

kandang kambing, kandang kambing dari bambu, cara membuat kandang kambing dari bambu, lantai kandang kambing, biaya pembuatan kandang kambing dari bambu

2 thoughts on “Konstruksi Kandang Kambing dari Bambu, Kayu dan Beton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *