Kolam Ikan Depan Rumah Modal 60 Ribu

A d v e r t i s e m e n t

Ide membuat Kolam Ikan Depan Rumah muncul begitu saja dari bibir mungil istriku. Awalnya saya tidak kepikiran apalagi berfantasi mempunyai kolam di depan rumah karena halaman rumah yang kami miliki cukup mungil minimalis. Namun, ide ini sangat mungkin saya wujudkan karena muncul di hari jum’at sore sebab hari sabtu-minggu adalah hari libur rutinitas.

Untuk mewujudkan Kolam Ikan Depan Rumah yang minimalis modalnya tentunya ada strategi yang saya terapkan. Tidak lupa membuat kesepakatan dengan istri untuk mendukung sepenuhnya mewujudkan ide nya.

A d v e r t i s e m e n t
kolam-ikan-depan-rumah-modal-60-ribu
Kolam Ikan Depan Rumah Modal 60 Ribu

Gambar diatas adalah halaman yang akan di sulap menjadi kolam ikan. Sebelum menjadi kolam ikan halaman berpasir putih itu memang khusus saya buat untuk menetralisir pandangan karena semua komponen taman berwarna hijau. Hasil pengukuran akhir ternyata kolam berukuran kurang lebih lebar 1,5 m dan panjang 2 m lebih.

Bahan & Alat Pengerjaan Kolam Ikan Depan Rumah

Kolam Ikan Depan Rumah selesai di kerjakan 2 hari yaitu hari sabtu dan minggu. Adapun bahan-bahan yang saya gunakan antara lain :

  • Paving blok bekas bongkaran dari kantor saya dapatkan gratis.
  • Terpal biasa ukuran 3 x 4 m saya beli ditoko bangunan seharga 60 rebu.

Selain bahan-bahan diatas tentunya ada alat-alat yang saya gunakan diataranya :

  • Tali plastik atau rapia (seharusnya pake benang) untuk membuat ukuran kolam yang akan digali.
  • Selang Air sebagai waterpass (mengukur kedataran permukaan kolam)
  • Linggis untuk menggali tanah supaya lebih mudah.
  • Cangkul untuk menggali dan mengeruk atau menaikkan tanah galian.
  • Potongan balok kayu untuk membentuk pondasi buatan dari tanah.

Proses Pengerjaan Kolam Ikan Depan Rumah

Pengerjaan Kolam Ikan Depan Rumah saya kerjakan sendiri di support penuh oleh istri. Kedalaman kolam dari dasar sampai permukaan air kurang lebih 60 cm, kolam saya buat lebih tinggi kurang lebih 25 cm dari permukaan tanah. Penggalian dan pembentukan pondasi tanah dengan tebal 30 cm menyesuaikan dengan paving blok yang akan dipasang diatas nya sebagai pengunci terpal plastik pelapis kolam. Dan pekerjaan tersebut selesai dalam waktu kurang lebih 1,5 hari.

kolam-ikan-depan-rumah-modal-60-ribu-3

Pada dasar luar pondasi tanah langsung saya tanam elemen tumbuhan yang biasa merambat dan menutupi dinding saya tidak tahu apa nama tumbuhan tersebut, nantinya sebagai pelindung pondasi tanah supaya tidak mudah rontok ketika mengering.

kolam-ikan-depan-rumah-modal-60-ribu-4

Pada keliling bagian luar pondasi tanah saya pasang paving blok dengan ukuran 30 x 50 cm bermotif lubang-lubang segi empat. Kemudian sebagai pelapis dalam kolam tidak saya gunakan adukan beton namun saya pakai terpal plastik untuk penampung airnya. Terpal plastik lebih murah meriah dan mudah pemasangan nya dan bisa bertahan kurang lebih 1 tahun-an serta bebas perawatan.

Sebelum pemasangan terpal plastik bagian dasar kolam saya ratakan dilapisi dengan pasir dan bekas baner spanduk hal ini saya maksudkan agar terpal plastik tidak bersentuhan dengan dasar kolam langsung dimana pasir tentunya mengandung beberapa batuan tajam yang bisa menyebabkan kebocoran. Namun, kalau tersedia sebaiknya dasar kolam ditaburi sekam atau merang padi sebagai media penyerap dan penahan panas. Jika siang hari panas yang masuk kedalam air kolam akan diserap sekam padi hingga air tidak terlalu panas, jika malam hari panas yang tersimpan dalam sekam padi akan berfungsi sebagai penghangat ikan yang kita pelihara.

Oya tidak lupa bagian pinggir kolam pastinya menyisakan akar-akar pohon yang terpotong dalam proses penggalian kolam, hal ini tentunya sangat riskan jika kita menggunakan terpal plastik sebagai media pelapis kolam tanpa memastikan dinding kolam aman dan rata. Pada bagian pinggir kolam saya menggunakan karung bekas sebagai pelapis sebelum terpal plastik dipasang, kita tidak bisa mengukur berapa beban dasar kolam dan pinggir kolam ketika kolam terisi air penuh.

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya bagikan, silahkan mencoba jika anda tertarik memiliki Kolam Ikan Depan Rumah murah meriah.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

4 thoughts on “Kolam Ikan Depan Rumah Modal 60 Ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *